-->

Cara Mudah Membuat Ponsel Android Membacakan Isi Teks Di Layar Secara Otomatis

Advertisement
Begini Cara Membuat Ponsel Android Membacakan Isi Teks Di Layar Secara Otomatis - Suka membaca artikel di media online melalui layar ponsel Android Anda? Bila ya, maka boleh jadi Anda akan mengalami masalah klasik, seperti kelelahan pada mata, atau penat pada tangan ketika berlama-lama menatap dan memegang ponsel saat membaca semua isi teks dalam artikel itu.
Cara Mudah Membuat Ponsel Android Membacakan Isi Teks Di Layar Secara Otomatis

Nah, mencoba mengatasi masalah tersebut, Spesial Tips punya sebuah tips cerdas yang mungkin bisa Anda manfaatkan, yaitu dengan membuat ponsel Android kita yang membacakan seluruh teks pada yang tampil pada layar ponsel secara otomatis.

Sebenarnya cara ini bukanlah hal yang baru, khususnya bagi para pengguna komputer yang telah lebih dulu mengenal fitur text to speech, yang memungkinkan penggunanya untuk mendengarkan isi teks yang muncul di layar oleh perangkat komputer secara otomatis. Nah, seiring dengan perkembangan teknologi pada ponsel Android yang saat ini hampir menyamai kemampuan komputer, maka kini semua pengguna ponsel Android dapat dengan mudah menggunakan fitur yang memungkinkan ponsel untuk membacakan isi teks yang terdapat di layar, baik secara online maupun offline.

Lantas, bagaimana caranya agar ponsel Android kita bisa membacakan isi teks di dalam artikel yang tampil di layar ponsel secara otomatis? Ikuti ulasannya berikut ini.

Cara Membuat Ponsel Android Membacakan Isi Teks Di Layar Secara Otomatis

Untuk bisa membuat ponsel Android membacakan isi teks dalam sebuah artikel yang tampil di layar ponsel secara otomatis, maka kita bisa memanfaatkan salah satu layanan aplikasi Google yang cukup populer bagi pengguna Android, yaitu aplikasi Google Assistant. Ya, dengan aplikasi ini, kita bisa mendengarkan ponsel Android membacakan semua isi teks baik dalam artikel di web, sampai dengan pesan teks yang masuk di layar ponsel Android kita. Bagaimana caranya? Berikut tutorial lengkapnya.

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah mengaktifkan layanan Google Assistant yang terpasang di ponsel Android terlebih dahulu.

Setelah semua proses mengaktifkan layanan Google Assistant dan perintah suaranya, maka kita bisa mulai meminta ponsel Android kita untuk membacakan isi teks yang tampil di layar ponsel, dengan langkah-langkah sebagai berikut

1. Membacakan Isi Teks Artikel Dari Halaman Web

  • Berikan perintah suara kepada Google Assistant untuk membuka halaman website yang ingin dibacakan. Contohnya: 'Ok Google Buka Halaman SpesialTips.Com'
  • Langkah berikutnya pilih salah satu artikel, lalu berikan perintah suara untuk membacakan isi teks di dalam halaman tersebut. Contohnya: 'Ok Google, Baca Halaman Ini'
  • Sesaat kemudian, Google Assistant akan secara otomatis membacakan seluruh isi teks yang terdapat dalam halaman tersebut
  • Saat Google Assistant di ponsel Android Anda membacakan isi teks dalam artikel, akan muncul beberapa pilihan seperti melakukan jeda (pause), dan pengaturan kecepatan baca yang terletak di samping tombol jeda. Untuk lebih jelasnya lihat video berikut ini.

2. Membacakan Isi Teks Dari Pesan Teks WhatsApp dan Aplikasi Chat Lainnya

  • Langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan memberikan perintah suara kepada Google Assistant untuk membuka aplikasi WhatsApp atau aplikasi chat lainnya
  • Langkah berikutnya, Berikan perintah suara untuk membacakan isi pesan yang masuk. Contohnya: 'Ok Google, Buka pesan WhatsApp yang masuk'. Atau buka salah satu obrolan WhatsApp lalu berikan perintah suara kepada Google Assistant untuk membacakan isi pesan yang ada di layar.
    Membacakan Isi Teks Dari Pesan Teks WhatsApp dan Aplikasi Chat Lainnya

Sebagai catatan penting, untuk bisa membacakan isi pesan yang terdapat dalam notifikasi pesan masuk WhatsApp atau aplikasi lainnya tanpa membuka aplikasi terlebih dahulu, maka Anda akan diminta untuk memberikan ijin kepada Google Assistant untuk membaca isi notifikasi yang masuk ke ponsel Android Anda.

3. Membacakan Isi Teks Dari Sebuah Dokumen

  • Buka dokumen baik dalam bentuk PDF atau Lainnya yang ingin dibacakan oleh ponsel Android Anda
  • Selanjutnya, berikan perintah suara kepada Google Assistant untuk memabacakan isi teks dalam dokumen tersebut
  • Secara otomatis ponsel Android akan membacakan semua isi teks yang ada dalam dokumen itu

Sebagai informasi tambahan, Anda juga bisa membuat ponsel Android Anda membacakan semua isi teks yang terdapat di dalam layar, saat membuka semua aplikasi menggunakan Google Assistant. Caranya cukup dengan memberikan perintah suara 'Baca' atau 'Read aloud'

Bagaimana, sangat membantu bukan? Tentunya dengan kemampuan ponsel Android yang dapat membacakan teks secara otomatis ini, akan lebih memudahkan kita dalam beraktifitas.
Advertisement
LihatTutupKomentar