Advertisement
Begini Cara Buka Penujuk Jalan Aplikasi Google Maps Sambil Memutar Murottal Al-Qur'an - Anda sering menggunakan aplikasi Google Maps sebagai navigasi saat berkendara jauh? Bila ya, tahukah Anda bila kini aplikasi peta buatan Google tersebut bisa digunakan untuk menelusuri petunjuk jalan, sambil memutar murottal ayat-ayat Al-Qur'an favorit Anda.
Cara Buka Penujuk Jalan Aplikasi Google Maps Sambil Memutar Murottal Al-Qur'an
Buka Aplikasi Google Maps Sambil Memutar Murottal Al-Qur'an
Bila selama ini pengguna Google Maps harus disibukkan dengan membuka tutup aplikasi pemutar MP3/musik dulu, maka dengan fitur baru Google Maps yang mampu mengintegrasikan aplikasi pemutar MP3/musik ini, tentunya akan lebih memudahkan kita untuk mengikuti navigator petunjuk arah Google Maps sembari mendengarkan murottal Al-Qur'an.

Lantas, aplikasi pemutar MP3/musik apa saja yang didukung oleh Google Maps? Dikutip dari halaman resmi Google, disebutkan aplikasi Google Maps terintegrasi dengan beberapa aplikasi pemutar MP3/musik populer seperti Google Play Music, Apple Music dan Spotify. Walaupun diantara aplikasi-aplikasi tersebut dikhususkan untuk memutar dan streaming musik, namun khusus pada aplikasi Google Play Music kita bisa menambahkan daftar murottal ayat-ayat Al-Qur'an dari rekaman tilawatil para Qira'ah ternama dunia yang berformat MP3.

Nah, penasaran ingin tahu bagaimana caranya agar bisa menggunakan fitur baru navigator Google Maps untuk mendengarkan murottal Al-Qur'an? Berikut ulasan selengkapnya.

Cara Buka Penujuk Jalan Aplikasi Google Maps Sambil Memutar Murottal Al-Qur'an
  • Pertama-tama pastikan untuk memperbarui (update) aplikasi Google Maps di ponsel Anda. Jangan lupa pula untuk memasang aplikasi Google Play Music
  • Langkah berikutnya, lakukan terlebih dahulu pengaktifan fitur pemutar musik Google Play Music agar bisa digunakan pada aplikasi Google Maps. Caranya: Buka menu Pengaturan (Settings) aplikasi Google Maps > Pilih Pengaturan Navigasi (Navigation settings) > Cari dan aktifkan opsi "Show media playback controls"
  • Sesaat setelah itu, akan muncul kotak pilihan daftar aplikasi pemutar musik yang tersedia pada perangkat ponsel. Pada tahap ini pilih aplikasi Google Play Music.
  • Berikutnya, akan muncul notifikasi permintaan izin integrasi aplikasi Google Play Music kepada pengguna. Pilih "Oke" untuk mengizinkan aplikasi Google Play Music
  • Usai tahap pengaktifan integrasi aplikasi Google Play Music ke dalam aplikasi Google Maps, maka Anda bisa mulai menjalankan navigator Google Maps, sambil memutar dan mendengarkan daftar murottal Al-Qur'an yang telah tersimpan di dalam daftar putar aplikasi Google Play Music sebelumnya. Untuk lebih jelasnya, perhatikan penjelasan video berikut.
Cara Menggunakan Aplikasi Google Maps Sambil Memutar Murottal Al Qur'an

Sebagai catatan tambahan, pastikan untuk tetap berkonsentrasi dalam berkendara saat menggunakan layanan navigasi Google Maps, dan hindari memainkan secara ponsel secara langsung saat berkendara.


Demikianlah informasi yang dapat Spesial Tips bagikan kali ini, semoga bermanfaat bagi sahabat pembaca sekalian.

Advertisement

Posting Komentar

  1. Ternyata bisa dimainkan bersamaan yah. Trims tipsnya bang

    BalasHapus

Jadi Sahabat Spesial Dengan Memberikan komentar Bermanfaat :) Berbagi Itu Indah :)

Kamu Bisa Memilih Salah Satu Jenis Komentar Blogger Atau Disqus :) Di Spesial Tips

Harap tidak menggunakan link aktif

 
Top