Advertisement
Cara Menggunakan Fitur Baru GBoard 'Floating' - Ada yang baru dari aplikasi GBoard. Ya, aplikasi papan ketik buatan Google tersebut, kini memiliki tambahan fitur baru bernama 'Floating'.
Begini Cara Menggunakan Fitur Baru GBoard 'Floating'
Fitur Baru GBoard 'Floating'
Apa itu fitur Floating di GBoard? Dari arti namanya, mungkin Anda bisa menebak apa fungsi fitur Floating. Ya, berarti melayang/mengambang, fitur baru GBoard ini akan membuat  tampilan keyboard (papan ketik) menjadi melayang pada layar. Bukan itu saja, bila sebelumnya tampilan papan ketik GBoard hanya muncul dan hanya bisa di gunakan di bagian bawah layar ponsel, maka dengan memanfaatkan fitur Floating, keyboard pada bagian bawah layar bisa dipindah-pindah ke berbagai tempat, di atas, di samping, atau bahkan di tengah-tengah layar.

Bila diperhatikan kembali, fitur baru Floating Keyboard di aplikasi GBoard dapat dikatakan sebagai bentuk lain dari mode satu tangan, karena ketika fitur ini digunakan maka tampilan layar menjadi agak lebih kecil hingga lebih mudah dipakai menggunakan satu tangan.

Nah, ingin tahu bagaimana informasi lebih lengkap cara menggunakan fitur baru GBoard Floating? Ikuti ulasannya berikut ini.

Cara Menggunakan Fitur Baru GBoard 'Floating'

  • Hal pertama yang "wajib" untuk Anda lakukan adalah memperbarui (update) aplikasi GBoard ke versi paling baru
  • Tahap berikutnya, lakukan tap pada kolom ketikan di layanan aplikasi apa saja yang menyediakan tempat memasukkan ketikan, hingga papan ketik (keyboard) GBoard muncul
  • Setelah papan ketik muncul, lakukan tap pada logo Google yang berada di pojok kiri atas layar GBoard
  • Setelah itu GBoard tekan tombol yang ikon titik tiga yang berada di pojok bagian kanan menu pilihan fitur
  • Terakhir, lakukan tap pada pilihan fitur "Floating" yang ditandai dengan ikon bergambar keyboard melayang. Untuk jelasnya perhatikan video berikut
Menggunakan Fitur Baru GBoard 'Floating'

Bila langkah di atas telah diikuti dengan benar maka tampilan keyboard di layar perangkat Anda akan berubah dan terpisah dari sudut bawah layar. Lalu, bagaimana caranya agar keyboard melayang tersebut bisa dipindah-pindahkan? Sangat mudah, Anda hanya perlu menekan dan menahan tombol navigasi yang terletak di bagian tengah bawah Floating Keyboard.

Sebagai informasi tambahan Anda juga bisa mengubah ukuran keyboard sesuai dengan selera Anda, baik diperbesar ataupun diperkecil. Sementara itu untuk mengembalikan ke tampilan normal keyboard, maka Anda bisa mengulangi langkah di atas dan melakukan tap kembali pada tombol fitur Floating.


Demikianlah informasi yang dapat Spesial Tips bagikan tentang kehadiran fitur baru GBoard 'Floating' dan cara menggunakannya.

Advertisement

Posting Komentar

Jadi Sahabat Spesial Dengan Memberikan komentar Bermanfaat :) Berbagi Itu Indah :)

Kamu Bisa Memilih Salah Satu Jenis Komentar Blogger Atau Disqus :) Di Spesial Tips

Harap tidak menggunakan link aktif

 
Top