Advertisement
Panduan Lengkap Cara Menggunakan Google Assistant Di Smartphone Android - Sejak dimulainya debut layanan Google Assistant di smartphone Android non Pixel di tahun 2017 lalu, hampir sebagian besar pengguna smartphone Android di dunia berlomba-lomba untuk menggunakan layanan unik dan pintar besutan Google tersebut.
Panduan Lengkap Cara Menggunakan Google Assistant Di Smartphone Android
Panduan Lengkap Menggunakan Google Assistant Di Smartphone Android
Berbekal teknologi Artificial Intelligence (AR) alias kecerdasan buatan, layanan Google Assistant disebut-sebut  menjadi salah satu layanan asisten virtual paling canggih yang mampu memberikan pengalaman seru dalam mendukung aktivitas penggunanya. Misalnya saja,  kemampuan untuk 'ngobrol' dengan pengguna, sampai dengan memberikan informasi-informasi yang dibutuhkan pengguna dengan suara khas asisten virtual.

Apa itu Google Assistant?

Asisten Google adalah layanan asisten pribadi virtual buatan Google yang bisa digunakan di smartphone dan perangkat Google Home. Lalu apa bedanya, Google Assistant dengan layanan Google Now? Perbedaan mendasar antara Google Assistant dan Google Now, adalah kemampuan Google Assistant yang dapat terlibat dalam percakapan dua arah.


Kelebihan Google Assistant yaitu mampu berinteraksi dengan pengguna menggunakan suara alami, atau dengan kata lain pengguna bisa melakukan obrolan suara dengan asisten virtual tersebut. Tak hanya input perintah suara saja, pengguna juga bisa menggunakan ketikan keyboard untuk berinteraksi dengan Google Assistant. 

Apa yang Bisa Dilakukan Google Assistant?

Ada banyak hal yang bisa dilakukan Google Assistant, beberapa diantara kemampuan utamanya adalah melakukan pencarian internet, membuka aplikasi dan pengaturan smartphone, sampai dengan melakukan hal-hal seru seperti mengirim pesan WhatsApp, menyanyi dan membacakan hasil pencarian tertentu. Bahkan dalam layanannya di beberapa negara tertentu Google Assistant juga bisa melakukan pembayaran otomatis menggunakan perintah suara. Untuk lebih lengkapnya mengetahui apa saja hal yang bisa dilakukan oleh Google Assistant, Anda bisa melihatnya di halaman resmi Google Assistant - What it can do.

Nah, membahas lebih jauh tentang layanan Google Assistant, pada kesempatan kali ini redaksi Spesial Tips akan mencoba berbagi informasi kepada sahabat pembaca sekalian tentang seluk beluk menggunakan Google Assistant, dari cara mengaktifkan layanan tersebut, sampai dengan cara menggunakan perintah suara di Google Assistant. Apa saja yang perlu disiapkan dan bagaimana caranya? Berikut ulasan selengkapnya dalam Panduan Lengkap Cara Menggunakan Google Assistant di Smartphone Android.

Panduan Lengkap Cara Menggunakan Google Assistant di Smartphone Android

Terdapat beberapa syarat yang perlu diperhatikan agar dapat menggunakan Google Assistant di smartphone Android Anda, yaitu:
  • Smartphone menggunakan Android Versi 5.0 (lolipop) atau versi yang lebih tinggi (Marshmallow, Nougat dan Oreo)
  • Smartphone Android telah terpasang aplikasi Google (Google App) versi 6.13 atau di versi diatasnya dan pastikan juga smartphone telah terpasang layanan Google Play
  • Memori smartphone 1.4 GB serta memiliki resolusi layar 720p
  • Pengaturan bahasa yang diterapkan di smartphone adalah bahasa yang didukung oleh Google Assistant. Untuk sementara ini, Google Assistant tersedia dalam bahasa Inggris, Prancis, Jerman, Italia, Jepang, Korea, Spanyol dan Portugis. Namun dari dalam pemberitahuannya di halaman resmi Google, nantinya layanan Google Assistant dapat menggunakan 30 bahasa, termasuk bahasa Indonesia.

Baca Juga: Cara Mengaktifkan Google Assistant Bahasa Indonesia Di Smartphone Android (Video)

Setelah memastikan smartphone Android Anda telah memenuhi syarat di atas, maka selanjutnya Anda bisa mulai melakukan langkah pengaktifan layanan Google Assistant, dengan cara sebagai berikut:
  • Buka aplikasi Google (Google App)
  • Pada layar aplikasi Google, akses pilihan menu yang ditandai dengan gambar tiga garis sejajar, lalu lalu akses pilihan Settings yangterletak di bagian kiri atas
  • Setelah masuk, cari dan pilih pengaturan bertuliskan "Google Assistant" lalu aktifkan
  • Usai langkah tersebut, jangan lupa pula untuk mengaktifkan deteksi perintah "Ok Google"  dan mengaktifkan pengaturan membuka kunci layar dengan suara yang telah dicocokkan (Unlock with Voice Match). Untuk lebih jelasnya perhatikan video berikut
Cara Mengaktifkan Layanan Google Assistant di Smartphone Android
Nah, setelah tahapan pengaktifan layanan Google Assistant selesai, maka Anda bisa mulai menggunakannya dengan mengucapkan "Ok Google" atau dapat pula dengan perintah suara "Hey Google" dan dilanjutkan dengan perintah suara yang ingin Anda lakukan dengan Google Assistant, contoh: "Ok Google, sing a song song", "Hey Google, Sing Lullaby", Atau "Ok Google, send WhatsApp messages". Selanjutnya untuk mengetahui perintah suara apa saja yang bisa digunakan di layanan Google Assistant, Anda bisa mengakses pilihan yang ditandai dengan gambar  di bagian pojok kanan atas layar layanan Google Assistant dan mengakses pilihan "EXPLORE".

Tentu saja untuk sementara ini Anda hanya bisa memberikan perintah suara kepada Google Assistant menggunakan bahasa Inggris. Namun, dari hasil uji coba redaksi Spesial Tips untuk beberapa perintah pencarian (penelusuran) sederhana, tak jarang Google Assistant dapat merespon perintah yang diberikan dengan menampilkan hasil pencarian yang sesuai, misalnya, "Ok Google, cara menggunakan fitur superzoom Instagram" atau "Hey Google, tempat makan".


Nah, demikianlah informasi yang dapat Spesial Tips bagikan tentang panduan lengkap cara menggunakan Google Assistant di smartphone Android. Jangan lupa pula untuk terus mengikuti Spesial Tips untuk mendapatkan informasi terbaru seputar Google Assistant lainnya.

Advertisement

Posting Komentar

Jadi Sahabat Spesial Dengan Memberikan komentar Bermanfaat :) Berbagi Itu Indah :)

Kamu Bisa Memilih Salah Satu Jenis Komentar Blogger Atau Disqus :) Di Spesial Tips

Harap tidak menggunakan link aktif

 
Top