Advertisement
YouTube Kini Punya Fitur Pengingat Beristirahat Menonton Video, Begini Cara Menggunakannya - Sering lupa waktu saat menonton video di YouTube? Ya, mungkin inilah salah satu masalah yang kerap dialami pengguna layanan aplikasi YouTube, karena keasyikan menonton berbagai macam video, tanpa disadari telah menghabiskan waktu selama berjam-jam lamanya.
YouTube Kini Punya Fitur Pengingat Beristirahat Menonton Video, Begini Cara Menggunakannya
YouTube Kini Punya Fitur Baru Pengingat Beristirahat Menonton Video
Melihat keadaan ini, Google sebagai pemilik dan pengembang aplikasi YouTube mencoba membuat terobosan baru dengan menghadirkan fitur unik bertajuk 'take a break' (beristirahat) yang bisa mengingatkan penggunanya untuk berhenti menonton video.

Apa fungsi fitur 'take a break' (beristirahat) di aplikasi YouTube? Berdasarkan hasil penelusuran dan uji coba redaksi Spesial Tips, diketahui bila fitur 'take a break' di aplikasi YouTube sebenarnya adalah fitur pengingat yang akan menghentikan sementara (pause) video, dan memunculkan pemberitahuan kepada pengguna untuk mengingatkan waktu yang telah dihabiskan pengguna menonton video. Diketahui pula, pengguna memiliki kontrol penuh terhadap fitur pengingat tersebut, dimana pemberitahuan bisa diatur waktu kemunculannya dari setiap 15 menit sekali, sampai muncul setiap 180 menit atau 3 jam sekali.

Lalu, bagaimana cara menggunakan fitur pengingat 'take a break' di aplikasi YouTube? Untuk mengetahuinya, perhatikan penjelasan selengkapnya berikut ini.

Cara Menggunakan Fitur Pengingat 'Take a break' (Beristirahat) Menonton Di Aplikasi YouTube

  • Setelah membuka aplikasi YouTube, Anda bisa masuk ke bagian Settings (pengaturan) dengan cara mengakses terlebih dahulu tombol profil akun yang terletak di pojok kanan atas layar aplikasi YouTube
  • Selanjutnya, akses tombol Settings (pengaturan) yang ditandai dengan gambar ikon roda bergigi
  • Sesaat setelah itu, Anda akan masuk pada halaman pengaturan aplik YouTube. Nah, pada tahapan ini, akses pilihan pengaturan General (umum)
  • Pada halaman pengaturan General, pilih pengaturan fitur pengingat 'take a break' yang terletak di posisi paling atas bertuliskan "Remind me to take a break"
  • Langkah berikutnya, Anda akan diminta untuk memilih salah satu jeda waktu kemunculan notifikasi pengingat dari daftar frekuensi waktu yang tersedia
  • Terakhir, sesaat setelah menentukan pengaturan waktu kemunculan pengingat, maka secara otomatis fitur pengingat 'take a break' akan bekerja sesuai dengan waktu yang telah ditentukan. Untuk lebih jelasnya perhatikan video berikut

Cara Menggunakan Fitur Baru YouTube: Pengingat 'Take a break' (Beristirahat) Menonton Video

Untuk menghentikan pengingat 'take a break' maka  Anda bisa menandai kolom bertuliskan "Never" (Tidak pernah) pada daftar pengaturan waktu. Sebagai informasi tambahan, fitur pengingat 'take a break' (beristirahat) ini, telah bisa dinikmati oleh semua pengguna aplikasi YouTube versi terbaru.


Demikianlah informasi yang dapat Spesial Tips bagikan tentang kehadiran fitur baru pengingat berhenti menonton 'take a break'. Semoga sajian tersebut bisa menjadi tambahan pengetahuan yang bermanfaat bagi sahabat pembaca sekalian.

Advertisement

Posting Komentar

Jadi Sahabat Spesial Dengan Memberikan komentar Bermanfaat :) Berbagi Itu Indah :)

Kamu Bisa Memilih Salah Satu Jenis Komentar Blogger Atau Disqus :) Di Spesial Tips

Harap tidak menggunakan link aktif

 
Top