Advertisement
Penyebab Layanan Perintah Suara 'Ok Google' Tidak Bekerja dan Cara Mengatasinya - "Ok Google, kirim pesan singkat ke ibu", maka selanjutnya secara otomatis layanan sms (pesan singkat) akan terbuka, lengkap dengan nomor telepon yang telah tersemat di kolom kontak penerima pesan di perangkat smartphone. Ya, itulah salah satu contoh kemudahan yang bisa kita dapatkan saat menggunakan layanan perintah suara 'Ok Google' yang fenomenal, melalui aplikasi Google Now.
6 Penyebab Layanan Perintah Suara 'Ok Google' Tidak Bekerja dan Cara Mengatasinya
6 Penyebab 'Ok Google' Tidak Bekerja dan Cara Mengatasinya
Bukan hanya itu saja, layanan perintah suara ala Google tersebut juga memiliki segudang kegunaan lainnya, misalnya saja untuk membuat panggilan, mengambil gambar, pencarian website, sampai dengan mencari lokasi-lokasi tertentu di sekitar kita. Nah, Seiring dengan perkembangannya, kini pengguna layanan perintah suara 'Ok Google' melalui Google Now semakin bertambah, apalagi saat ini layanan tersebut telah mampu berjalan pada berbagai perangkat smartphone, baik itu pada perangkat dengan sistem operasi Android maupun iOS.


Namun, dibalik manfaat dan kegunaan layanan perintah suara 'Ok Google', ternyata hingga kini masih banyak pengguna smartphone yang merasa kesulitan untuk menggunakannya, bahkan tak sedikit pula yang mendapati perintah suara mereka tidak bekerja sebagaimana mestinya. Hal ini diketahui dari banyaknya pertanyaan yang masuk ke redaksi SpesialTips!, perihal cara mengatasi beberapa masalah saat mengunakan layanan perintah suara 'Ok Google'.


Berkaitan dengan masalah tidak bekerjanya layanan perintah suara 'Ok Google', maka pada kesempatan kali ini redaksi SpesialTips! akan mencoba berbagi informasi kepada sahabat pembaca sekalian tentang 6 penyebab layanan perintah suara 'Ok Google' tidak bekerja dan cara mengatasinya. Apa dan bagaimana informasinya? Berikut ulasan selengkapnya.


6 Penyebab Layanan Perintah Suara 'Ok Google' Tidak Bekerja dan Cara Mengatasinya

1. Akun Google di Layanan Google Now belum diaktifkan
Salah satu penyebab tidak bekerjanya layanan perintah suara 'Ok Google' yaitu dikarenakan akun Google pemilik perangkat belum diaktifkan. Cara mengatasi masalah ini sangatlah sederhana, Anda hanya perlu melakukan pengaktifan akun Google di layanan Google Now, dengan langkah seperti berikut : masuk ke Settings (pengaturan) > buka pilihan Account & privacy > Lalu lakukan Sign in menggunakan akun Google Anda.

2. Pengaturan bahasa pencarian (search language) yang tidak sesuai dengan bahasa perintah suara
Mungkin inilah masalah yang paling sering menjadi penyebab gagal bekerjanya perintah suara 'Ok Google'. Ya, pengaturan bahasa yang tidak sesuai dengan bahasa si pengguna ketika memberikan perintah suara akan sangat berpengaruh bagi kinerja layanan tersebut untuk menginterpretasikan perintah kita. Untuk mengatasinya, Anda dapat mengubah pengaturan bahasa pencarian (search language), yaitu dengan masuk ke Settings (pengaturan) Google Now > buka pilihan Search language (bahasa pencarian) > sesuaikan bahasa, dengan memilih salah satu bahasa dalam daftar yang tersedia.

3. Belum diaktifkannya fungsi 'Ok Google' dan Speech output pada pengaturan
Selain dua hal di atas, penyebab lain tidak bekerjanya perintah suara dikarenakan belum aktifnya fungsi 'Ok Google' dan speech output pada pengaturan Google Now. Nah, tak jauh berbeda dengan cara di mengatur akun dan bahasa, hal yang perlu Anda lakukan untuk mengatasi masalah ini adalah dengan masuk ke Settings > buka pilihan Voice (suara) > Lalu aktifkan pilihan 'Ok Google' dan Speech output.

4. Terdapat beberapa fungsi pada pengaturan Phone search yang belum diaktifkan
Salah satu masalah yang paling sering dihadapi pengguna layanan Google Now, ketika memberikan perintah suara 'Ok Google' yaitu beberapa fungsi khusus tidak dijalankan, misalnya saja bisa untuk melakukan perintah suara untuk pencarian website, namun layanan tidak bekerja pada perintah membuka pesan atau membuat panggilan. Nah, masalah ini umumnya disebabkan belum diaktifkannya beberapa fungsi pada pengaturan phone search. Untuk mengatasinya, Anda perlu melakukan pengaturan ulang, caranya adalah dengan masuk ke Settings > buka pilihan Phone search > Tandai semua pilihan fungsi pada daftar yang tersedia dengan tanda centang.

5. Gangguan pada mikrofon perangkat smartphone
Walaupun terbilang jarang terjadi, namun gangguan pada mikrofon smartphone juga bisa menjadi penyebab tidak berfungsinya layanan perintah 'Ok Google'. Untuk mengatasinya, Anda bisa membersihkan lubang mikrofon dengan menggunakan tusuk gigi. Ingat! lakukan dengan hai-hati. Gangguan pada mikrofon tak hanya sekedar kotoran yang menyumbat di lubang tempat masuknya suara, tapi bisa juga disebabkan dengan bisingnya suara di sekitar kita ketika melakukan perintah suara, sehingga aplikasi tidak bisa menerima pesan dengan jelas.

6. Perintah suara tidak jelas
Selain masalah teknis pada pengaturan dan perangkat, penyebab lain yang membuat layanan perintah suara 'Ok Google' tidak bekerja adalah karena pesan atau perintah yang diberikan pengguna tidak jelas diterima oleh aplikasi. Misalnya, berbicara terlalu cepat, suara terlalu kecil, atau artikulasi yang tidak sempurna. Untuk mengatasi masalah ini, tentunya kita harus membuat perubahan dalam mengucapkan perintah atau pesan, bila perlu ulang kembali perintah suara.

Sebagai tambahan, perlu diketahui bahwa kini Google juga memudahkan penggunaan perintah suara 'Ok Google' melalui layanan Google Assistant yang tersemat pada aplikasi Google Allo. Selain itu, tersiar kabar pula bila nantinya layanan Google Assistant akan bisa dinikmati melalui aplikasi launcher besutan Google.


Demikianlah, informasi tentang 6 Penyebab Layanan Perintah Suara 'Ok Google' Tidak Bekerja dan Cara Mengatasinya. Semoga sajian tersebut bisa menjadi tambahan pengetahuan yang bermanfaat bagi sahabat pembaca SpesialTips! sekalian.

Advertisement

Post a Comment Blogger Disqus

Jadi Sahabat Spesial Dengan Memberikan komentar Bermanfaat :) Berbagi Itu Indah :)

Kamu Bisa Memilih Salah Satu Jenis Komentar Blogger Atau Disqus :)

Harap tidak menggunakan link aktif ...

 
Top