Advertisement
Mengambil Gambar Selfie Sampai Dengan Mencari Judul Lagu, Inilah Tiga Fungsi Perintah Suara Unik di Layanan Google Now yang Jarang Diketahui - Ada berbagai macam aplikasi dan layanan Google yang bisa kita manfaatkan untuk mempermudah kita ketika menggunakan smartphone Android, dari alat dan sarana penerjemah bernama Google Translate, sampai dengan layanan berkirim pesan instan melalui aplikasi Google Allo. Namun, diantara banyaknya tawaran kemudahan dari Google tersebut, terdapat satu layanan yang kini tengah viral digunakan oleh pengguna smartphone Android, yaitu layanan Google Now.
Tiga Fungsi Perintah Suara Unik di Layanan Google Now
Tiga Fungsi Perintah Suara Unik di Layanan Google Now 
Ya, tak bisa dipungkiri layanan Google Now dengan fitur perintah suara "OK Google"-nya banyak memberikan kemudahan untuk menjalankan berbagai macam aplikasi dan layanan yang terdapat di dalam smartphone, diantaranya seperti fungsi perintah suara melalui layanan Google Now untuk mengirim pesan, membuat panggilan, hingga melakukan penelusuran (pencarian) informasi yang terintegrasi dengan browser (peramban) Chrome.



Tapi bukan hanya itu saja, diketahui bahwa terdapat puluhan fungsi perintah suara di Google Now, belum lagi ditambah dengan kehadiran beberapa aplikasi dan layanan baru milik Google lainnya. Nah, guna menambah pengetahuan sahabat pembaca sekalian, maka pada kesempatan kali ini redaksi Spesial Tips akan mencoba berbagi informasi tentang beberapa fungsi perintah suara di layanan Google Now yang jarang diketahui oleh pengguna smartphone. Apa dan bagaimana fungsi perintah suara si "Ok Google" tersebut? Berikut ulasan selengkapnya.

1. Membuka dan Menjalankan Aplikasi Google Keep
Belum kenal dengan aplikasi Google Keep? Perlu diketahui terlebih dahulu, bahwa aplikasi Google Keep merupakan aplikasi yang berfungsi untuk membuat dan menyimpan catatan baik teks dan gambar secara digital.

Untuk membuka dan menjalankan aplikasi Google Keep, seperti membuat daftar atau catatan, ternyata kita juga bisa menggunakan layanan Google Now dengan perintah suara khusus, melalui langkah-langkah berikut:

  • Pastikan terlebih dahulu Anda telah memasang aplikasi Google Keep di smartphone, karena bila tidak maka perintah suara justru akan beralih fungsi membuka browser untuk mencari layanan atau aplikasi Google Keep.
  • Pertama-tama, ucapkan terlebih dahulu perintah suara "Ok Google," Selanjutnya Anda bisa memberikan perintah suara berupa "Buat catatan" atau perintah dalam bahasa Inggris "Note to self" (atau langsung dengan perintah membuka aplikasi).
  • Bila perintah diucapkan dengan benar, maka akan muncul permintaan memilih aplikasi yang ingin digunakan. Pilih aplikasi Google Keep.
  • Umumnya, setelah tahap di atas, maka aplikasi Google Keep akan menanyakan kepada pengguna perihal catatan apa yang akan dibuat. Nah, yang perlu Anda lakukan adalah mengucapkan isi catatan apa yang ingin dibuat, misalnya saja: "Minggu ini jadwal saya, gali sumur, kerja bakti di kelurahan, ronda malam."
2. Mengambil Gambar (Memotret) di Aplikasi Google Camera

Belum kenal aplikasi ini juga? Wah, sayang sekali, padahal aplikasi untuk mengambil gambar besutan Google ini terbilang kaya fitur dibandingkan aplikasi kamera bawaan smartphone pada umumnya. Lanjut ke fungsi perintah suara di layanan Google Now untuk mengambil gambar alias memotret pada layanan Google Camera, bisa dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut:
  • Jalankan terlebih dahulu aplikasi Google Camera dengan mengucapkan perintah suara "Ok Google, buka aplikasi Google Camera"
  • Setelah aplikasi terbuka, maka Anda bisa langsung mengucapkan "Ok Google, jepret (ambil) foto" atau "Ok Google, jepret (ambil) foto selfie." Selain itu Anda juga bisa menambahkan perintah untuk mengambil gambar dalam jangka waktu tertentu, seperti "Ok Google, jepret (ambil) foto dalam 10 detik."
3. Mencari Judul Lagu
Tak hanya berfungsi untuk membuka dan menjalankan aplikasi saja, ternyata kita juga menggunakan perintah suara di layanan Google Now untuk mencari dan menemukan judul lagu yang sedang kita mainkan (putar) di smartphone. Bagaimana caranya? Sederhanya saja, jalankan (putar) lagu terlebih dahulu, setelah itu akses Google App dan beri perintah suara "Ok Google lagu apa ini," bila tidak ada respon atau terjadi kesalahan coba gunakan perintah suara dalam bahasa Inggris.

Nah, demikianlah informasi tentang tiga fungsi perintah suara unik di layanan Google Now yang jarang diketahui. Semoga saja sajian tersebut bisa menjadi tambahan pengetahuan yang bermanfaat bagi sahabat pembaca Spesial Tips sekalian.
Advertisement

Post a Comment Blogger Disqus

Jadi Sahabat Spesial Dengan Memberikan komentar Bermanfaat :) Berbagi Itu Indah :)

Kamu Bisa Memilih Salah Satu Jenis Komentar Blogger Atau Disqus :)

Harap tidak menggunakan link aktif ...

 
Top