Advertisement
Panduan Lengkap Cara Menggunakan Google Meet - Saat ini layanan konferensi video atau yang lebih populer dengan sebutan rapat online, menjadi sangat penting artinya bagi hampir semua orang di dunia. Digunakan tak hanya sekadar sebagai sarana obrolan jarak jauh semata, layanan konferensi video juga menjadi vital fungsinya baik di dunia kerja, hingga pendidikan. Melihat keadaan ini, maka Google sebagai perusahaan teknologi terbesar di dunia mencoba menghadirkan layanan video konferensi yang berkualitas dan aman, bernama Google Meet.
Panduan Lengkap Cara Menggunakan Google Meet (Ponsel dan Desktop/Laptop)
Pada awalnya kehadiran Google Meet di tahun 2017 merupakan bagian dari layanan produk Google lainnya, yaitu Google Hangouts Meet dan Hangouts Chat. Selanjutnya, di pada Mei 2020 Google Meet versi gratis, resmi dirilis oleh Google, untuk menggantikan fungsinya di layanan Google Hangouts klasik.

Apa Itu Google Meet?

Google Meet adalah sarana komunikasi besutan Google yang menyajikan layanan konferensi video (rapat video) dengan kualitas tinggi dan mudah untuk digunakan untuk semua orang.

Kelebihan Google Meet selain panggilan video dengan kualitas resolusi video sampai dengan 720p, yaitu kemampuannya yang memungkinkan penggunanya untuk membuat konferensi video hingga 100 peserta, dengan durasi rapat video hingga 60 menit secara gratis. Perlu diketahui pula bahwa layanan Google Meet juga ada yang berbayar, yang bisa diakses menggunakan akun Google Workspace. Tentunya layanan Google Meet versi berbayar mendapatkan kelebihan-kelebihan tersendiri, dimana penggunanya bisa menikmati fitur-fitur yang lebih lengkap.

Fitur Unggulan Google Meet

Fitur-fitur unggulan Google Meet diantaranya adalah:
  • Panggilan audio dan video dua arah dan multi-arah dengan resolusi hingga 720p
  • Fitur obrolan teks (chat)
  • Fitur keamanan yang mengenkripsi panggilan yang dilakukan pengguna
  • Fitur filter audio untuk meredam kebisingan suara
  • Mode Low-light video saat minim cahaya
  • Kemampuan untuk bergabung dalam rapat video melalui peramban (browser) versi web, dan atau melalui aplikasi Android atau iOS
  • Terintegrasi dengan Google Kalender (Google Calendar) dan Google Kontak (Google Contacs) guna mempermudah melakukan panggilan video dengan sekali klik

Panduan Lengkap Cara Menggunakan Google Meet

Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan agar bisa mengakses dan menggunakan layanan Google Meet untuk melakukan konferensi video (rapat video). Namun secara umum ada 2 cara utama menggunakan Google Meet, yaitu melalui ponsel dan desktop/laptop.

Cara Menggunakan Google Meet Di Ponsel Android/iOS

  1. Lakukan pemasangan (instal) aplikasi Google Meet yang bisa Anda dapatkan melalui layanan resmi Google Play Store dan Apple Store
  2. Buka aplikasi Google Meet dan login dengan akun Google Anda
    Cara Menggunakan Google Meet Di Smartphone
  3. Lakukan tap pada tombol menu pilihan "New Meeting" (Rapat Baru)
    Cara Menggunakan Google Meet Di Ponsel
  4. Selanjutnya, Anda bisa memilih satu diantara tiga opsi melakukan rapat baru yang disediakan oleh Google Meet, yaitu:
    • Get a meeting link to share (Dapatkan link rapat untuk dibagikan) : Opsi ini akan memberikan Anda sebuah kode yang bisa dibagikan kepada teman atau orang yang ingin Anda undang dalam rapat video. Kode tersebut perlu disalin ke kolom yang akan disediakan pada pilihan "Join with a code" (Bergabung menggunakan kode)
    • Start an instant meeting (Memulai rapat video instan) : Pilihan untuk memulai rapat video saat itu juga
    • Schedule in Google Calendar (Jadwalkan di Google Kalender) : Pilihan ketiga ini memungkinkan pengguna untuk memulai rapat yang terjadwal secara otomatis di layanan Google Calendar.
      Cara Menggunakan Google Meet Di Ponsel Android dan iOS

Selain melakukan pemasangan aplikasi Google Meet di ponsel, para pengguna juga bisa menggunakan layanan Google Meet melalui aplikasi GMail, dengan cara sebagai berikut:

Cara Menggunakan Google Meet Melalui Aplikasi Gmail

  • Buka aplikasi Gmail
  • Lakukan tap pada tombol fitur Meet (Google Meet) yang terletak di bagian kanan bawah layar tampilan Gmail
    Cara Menggunakan Google Meet Melalui Aplikasi Gmail
  • Selanjutnya, cara yang sama bisa Anda lakukan seperti saat akan memulai rapat video baru di Google Meet.

Cara Menggunakan Google Meet Di Desktop/Laptop

Cara menggunakan layanan Google Meet di desktop/laptop sangatlah sederhana, dimana Anda tak perlu melakukan pemasangan aplikasi apapun. Namun, Anda tetap wajib memakai akun Google untuk bisa masuk ke layanan tersebut. Selanjutnya, ikuti petunjuk langkah penggunaannya berikut ini.
  1. Akes tautan Google Meet
  2. Jika Anda memiliki kode rapat video, masukkan kode di kolom "Enter a code or link" (Masukkan kode atau tautan), lalu klik Gabung
  3. Untuk membuat sesi rapat video baru, lakukan klik pada tombol "New meeting" (Rapat baru)
    Cara Menggunakan Google Meet Di Desktop/Laptop
  4. Selanjutnya, Anda bisa memilih satu diantara tiga opsi melakukan rapat baru yang disediakan oleh Google Meet, yaitu:
    • Create a meeting for later : Opsi ini akan memberikan Anda sebuah kode yang bisa dibagikan kepada teman atau orang yang ingin Anda undang dalam rapat video saat itu juga atau nanti. Kode tersebut perlu disalin ke kolom yang akan disediakan pada pilihan "Join with a code" (Bergabung menggunakan kode)
    • Start an instant meeting (Memulai rapat video instan) : Pilihan untuk memulai rapat video saat itu juga
    • Schedule in Google Calendar (Jadwalkan di Google Kalender) : Pilihan ketiga ini memungkinkan pengguna untuk memulai rapat yang terjadwal secara otomatis di layanan Google Calendar.
      Cara Menggunakan Google Meet Di Komputer

Masih melalui desktop/laptop, Anda juga bisa mengakses layanan Google Meet melalui layanan Gmail di browser web. Untuk mengetahui lebih lengkap terkait cara bergabung dalam rapat video Google Meet, dan hal teknis lainnya, Anda bisa mengakses halaman bantuan resmi Google Meet.

Demikianlah informasi tentang Panduan lengkap cara menggunakan Google Meet yang dapat Spesial Tips bagikan. Semoga informasi tersebut bisa bermanfaat bagi sahabat pembaca sekalian.

Advertisement

Posting Komentar

Jadi Sahabat Spesial Dengan Memberikan komentar Bermanfaat :) Berbagi Itu Indah :)

Kamu Bisa Memilih Salah Satu Jenis Komentar Blogger Atau Disqus :) Di Spesial Tips

Harap tidak menggunakan link aktif

 
Top