Advertisement
Begini Cara Menggunakan Fitur Baru Instagram Untuk Penyandang Gangguan Penglihatan - Ada yang unik dari layanan Instagram, diketahui aplikasi media sosial berbagi foto dan video besutan Facebook tersebut telah merilis dua fitur baru yang mampu membantu para penyandang gangguan penglihatan, agar dapat pula menikmati manfaat layanan Instagram.
Fitur Baru Instagram Untuk Penyandang Gangguan Penglihatan
Fitur Baru Instagram Untuk Penyandang Gangguan Penglihatan
Berdasarkan informasi yang dikutip dari halaman resmi Instagram, disebutkan ada dua fitur baru yang khusus dibuat bagi penyandang gangguan penglihatan, yaitu fitur 'automatic alternative text' (teks alternatif otomatis) dan 'custom alternative text'.

Apa fungsi kedua fitur baru Instagram tersebut? Dan bagaimana cara menggunakannya? Untuk mengetahui informasi selengkapnya, berikut ulasan fungsi dan manfaat fitur baru Instagram automatic alternative text dan custom alternative text.

Fitur Instagram Automatic Alternative Text

Masih dari sumber yang sama, fitur baru Instagram Automatic alternative text adalah fitur berteknologi AI (Artificial Intelligence) yang mampu membacakan (memperdengarkan) informasi deskripsi gambar yang dibagikan di halaman feed, explore, maupun gambar di halaman profil, saat pengguna menggunakan layanan pembaca layar di smartphone-nya.

Cara Menggunakan Fitur Instagram Automatic Alternative Text
Untuk bisa menggunakan fitur baru Instagram ini sangatlah sederhana. Bila Anda pengguna perangkat Android, maka cukup aktifkan fitur pembaca layar (screen reader) Google TalkBack (kini berganti nama menjadi Android Accessibility Suite). Selanjutnya, saat pengguna menyoroti sebuah gambar di Instagram, secara otomatis Instagram akan membacakan deskripsi gambar tersebut.


Fitur Instagram Custom Alternative Text

Fitur baru ini berfungsi sebagai sarana bagi pengguna untuk menambahkan deskripsi dibalik sebuah gambar atau yang dikenal dengan istilah 'alt text', dimana nantinya informasi deskripsi yang ditambahkan pengguna tersebutlah yang akan dibacakan oleh Instagram kepada pengguna lainnya.

Cara Menggunakan Fitur Instagram Custom Alternative Text
  • Untuk bisa menambahkan deskripsi pada gambar menggunakan fitur Instagram custom alternative text ada beberapa langkah yang perlu Anda lakukan.
  • Pertama Anda bisa mengambil sebuah gambar dengan kamera Instagram atau mengunggah gambar dari galeri smartphone Anda
  • Selanjutnya, seperti umumnya usai menambahkan gambar, Anda bisa menerapkan filter dan mengedit gambar terlebih dahulu
  • Sebelum gambar dibagikan, lakukan tap pada pilihan bertuliskan Advanced Settings yang terletak di bagian pojok kiri paling bawah layar saat akan menambahkan caption (judul)
  • Tahap berikutnya, di halaman Advanced Settings, arahkan pilihan pada kategori Accessibility dan akses tombol bertuliskan "Write Alt Text"
  • Ketikkan deskripsi yang sesuai dengan gambar dan tekan tombol save (simpan)
  • Terakhir, kembali ke halaman menambahkan caption dan bagikan (share) gambar. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar berikut.
    Cara Menggunakan Fitur Instagram Custom Alternative Text
    Fitur Instagram Custom Alternative Text
Sebagai informasi tambahan, Anda juga bisa menambahkan deskripsi pada gambar yang telah dibagikan dengan melakukan tap pada tombol titik tiga di samping gambar > edit > lakukan tap pada pilihan 'Edit Alt Text' > Ketikkan deskripsi yang sesuai dengan gambar > Simpan perubahan


Demikianlah informasi yang dapat Spesial Tips bagikan tentang kehadiran fitur baru Instagram untuk para penyandang gangguan penglihatan dan cara menggunakannya. Semoga sajian tersebut bisa bermanfaat bagi sahabat pembaca sekalian.

Advertisement

Posting Komentar

Jadi Sahabat Spesial Dengan Memberikan komentar Bermanfaat :) Berbagi Itu Indah :)

Kamu Bisa Memilih Salah Satu Jenis Komentar Blogger Atau Disqus :) Di Spesial Tips

Harap tidak menggunakan link aktif

 
Top