Advertisement
Panduan Lengkap Cara Menggunakan Gmail Offline - Ingin melihat kotak masuk email di layanan GMail yang belum sempat terbaca, tapi tiba-tiba akses internet hilang atau terputus? Tak perlu panik, karena sebenarnya Anda tetap bisa membuka dan membaca email yang masuk di akun Gmail Anda, sekalipun dalam keadaan offline.
Panduan Lengkap Cara Menggunakan Gmail Offline
Panduan Lengkap Cara Menggunakan Gmail Offline
Ya, diketahui Google telah melakukan pembaruan besar-besaran di layanan Gmail, dengan menambahkan berbagai macam kemampuan baru yang bisa lebih banyak membantu penggunanya. Salah satu kemampuan baru tersebut adalah dukungan untuk membuka dan membaca email lama yang masuk hingga 90 hari terakhir, menghapus email, dan mengarsipkan email saat offline.

Nah, ingin tahu bagaimana caranya untuk tetap bisa menggunakan Gmail saat offline? Sangat mudah, Anda hanya perlu mengikuti panduan lengkapnya berikut ini.

Panduan Lengkap Cara Menggunakan Gmail Offline

Agar bisa menggunakan layanan Gmail saat offline, maka Anda perlu terlebih dahulu mengaktifkan fitur "Offline".

Cara Mengaktifkan Fitur Offline Gmail
  • Buka layanan Gmail
  • Akses pilihan Settings (Pengaturan) Gmail yang ditandai dengan ikon roda bergigi di pojok kanan halaman Gmail
  • Setelah halaman Settings terbuka, cari dan akses pilihan bertuliskan "Offline"
  • Nah, berikutnya beri tanda centang pada kotak kecil bertuliskan "Enable offline mail"
  • Selanjutnya, akan muncul pilihan pengaturan yang perlu dilakukan pengguna yang berhubungan dengan akses Gmail saat offline, yaitu pengaturan waktu penyimpanan (7 hari, 30 hari atau 90 hari terakhir), serta pengaturan menyimpan data email setelah keluar (logout)
  • Terakhir, simpan perubahan pengaturan dengan menekan tombol "Save Changes" yang terletak di bagian bawah.
    Cara Mengaktifkan Fitur Offline Gmail
    Cara Mengaktifkan Fitur Offline Gmail
Cara Menggunakan Gmail Saat Offline
Setelah tahap mengaktifkan fitur Offline selesai, maka Anda tetap menggunakan layanan GMail walaupun tidak terhubung internet. Caranya adalah dengan mengakses tautan: mail.google.com, dari browser Google Chrome.

Perlu diperhatikan, bila akses Gmail saat offline hanya bisa dilakukan menggunakan browser Google Chrome dan tidak membukanya memakai Incognito mode. Sementara itu, untuk menonaktifkan fitur offline, Anda bisa menghilangkan tanda centang pada pengaturan fitur tersebut.


Nah, demikianlah informasi yang dapat Spesial Tips bagikan tentang cara menggunakan Gmail saat offline. Semoga sajian tersebut bisa menjadi tambahan pengetahuan yang bermanfaat bagi sahabat pembaca sekalian.

Advertisement

Posting Komentar

Jadi Sahabat Spesial Dengan Memberikan komentar Bermanfaat :) Berbagi Itu Indah :)

Kamu Bisa Memilih Salah Satu Jenis Komentar Blogger Atau Disqus :) Di Spesial Tips

Harap tidak menggunakan link aktif

 
Top