Advertisement
Begini Cara Menggunakan Fitur Kode Morse Di GBoard - Mengirimkan pesan atau mengomentari postingan teman di media sosial, merupakan salah satu bentuk komunikasi yang paling sering dilakukan para pengguna ponsel. 
Cara Menggunakan Fitur Kode Morse Di Aplikasi GBoard
Fitur Kode Morse Di Aplikasi GBoard
Sayangnya, tak semua pengguna ponsel bisa melakukan kegiatan yang sebenarnya terbilang mudah tersebut. Ya, bagi mereka yang berkebutuhan khusus (penyandang cacat fisik), mengirimkan pesan dengan cara mengetik di ponsel menjadi masalah yang cenderung sulit untuk dilakukan.

Melihat masalah ini, Google mencoba membuat terobosan untuk membantu mereka yang berkebutuhan khusus agar tetap bisa menggunakan ponsel untuk berkomunikasi, yaitu dengan menghadirkan fitur kode morse di aplikasi GBoard. Diketahui bersama, kode morse atau sandi morse merupakan sebuah sistem yang merepresentasikan huruf, angka, tanda baca dan sinyal dalam bentuk kode titik dan garis.

Nah, mengulas lebih jauh fitur kode Morse di aplikasi GBoard, maka pada kesempatan kali ini redaksi Spesial Tips akan mencoba berbagi informasi tentang cara mengaktifkan dan menggunakan fitur kode Morse di GBoard. Bagaimana caranya? Ikuti ulasan selengkapnya berikut ini.

Cara Mengaktifkan Dan Menggunakan Fitur Kode Morse Di Aplikasi GBoard
  • Langkah pertama, akses layanan Pengaturan (Settings) Ponsel
  • Selanjutnya masuk pada pilihan pengaturan Sistem > Bahasa & masukan
  • Langkah berikutnya lakukan tap pada pilihan keyboard virtual, lalu pilih Gboard
  • Setelah itu, lakukan tap pada pilihan Bahasa dan pilih Bahasa Inggris (AS)
  • Pada pilihan Bahasa Inggris, geser ke arah kiri dari pilihan fitur keyboard QWERTY, ke pilihan bentuk keyboard kode Morse. Berikan tanda centang pada pilihan tersebut
  • Untuk mendengar masukan suara, aktifkan pilihan Sound on keypress.
  • Langkah terakhir, lakukan tap pada tombol bertuliskan "Done" untuk menyelesaikan proses pengaktifan fitur kode Morse.

Nah, setelah mengaktifkan fitur kode Morse maka pengguna bisa mulai menggunakannya dengan tekan dan tahan tombol ikon bergambar globe, lalu pilih mode ketikan kode Morse. Selanjutnya ketikkan tulisan dalam bentuk titik (.) dan garis (-) sesuai dengan kaidah kode Morse, seperti contoh gambar berikut.
Kode Morse Di Aplikasi GBoard
Kode Morse Di Aplikasi GBoard
Sebagai informasi tambahan, fitur kode Morse di aplikasi GBoard tersedia untuk pengguna perangkat Android dan iOS. Selain itu, untuk sementara ini fitur kode Morse hanya bisa diaktifkan pada pilihan Bahasa Inggris saja.


Demikianlah informasi yang dapat Spesial Tips bagikan tentang cara mengaktifkan dan menggunakan fitur kode Morse di aplikasi GBoard. Semoga sajian tersebut bisa bermanfaat bagi sahabat pembaca sekalian.

Advertisement

Posting Komentar

Jadi Sahabat Spesial Dengan Memberikan komentar Bermanfaat :) Berbagi Itu Indah :)

Kamu Bisa Memilih Salah Satu Jenis Komentar Blogger Atau Disqus :) Di Spesial Tips

Harap tidak menggunakan link aktif

 
Top