-->

Panduan Lengkap Cara Menggunakan Fitur Baru IGTV Di Instagram

Advertisement
Panduan Lengkap Cara Menggunakan Fitur Baru IGTV Di Instagram - Kabar gembira bagi pengguna Instagram, khususnya bagi Anda yang gemar membagikan video. Diketahui bila Instagram telah merilis secara resmi fitur baru khusus bagi para penggemar konten video di Instagram bernama IGTV.
Cara Menggunakan Fitur Baru Instagram IGTV
Cara Menggunakan Fitur Baru IGTV Di Instagram
Berdasarkan informasi yang dikutip dari halaman resmi Instagram, disebutkan bahwa pengguna Instagram mulai kini bisa menikmati fitur baru IGTV langsung dari aplikasi Instagram atau dengan menggunakan aplikasi mandiri IGTV yang akan hadir dalam beberapa minggu kedepan. Nah, berkaitan dengan kehadiran fitur baru IGTV di Instagram tersebut, maka pada kesempatan kali ini redaksi Spesial Tips akan mencoba mengulas lebih jauh tentang fitur baru IGTV yang disebut-sebut akan menjadi pesaing ketat YouTube.

Apa Itu IGTV?

IGTV adalah layanan Instagram yang memungkinkan penggunanya agar bisa membagikan dan menonton video berdurasi panjang (hingga satu jam). Uniknya tampilan video di IGTV hadir secara vertikal dan penuh di layar smartphone

Perlu diketahui pula bila sebenarnya IGTV dihadirkan dalam bentuk aplikasi mandiri, hanya saja Instagram juga tetap menambahkan IGTV sebagai fitur baru yang disematkan dalam aplikasi Instagram biasa.

Bagaimana Cara Menggunakan Fitur IGTV di Instagram?

Ada 2 hal yang bisa Anda lakukan dengan fitur IGTV di Instagram, pertama memposting video dan yang kedua adalah menonton video. Berikut panduan lengkap cara memposting dan menonton video di IGTV.

1. Cara Memposting Video Ke IGTV Instagram
Untuk bisa memposting video ke IGTV, maka Anda perlu memperhatikan beberapa syarat penting, yaitu:
  • Durasi video yang bisa diposting adalah 15 detik sampai dengan 10 menit. Sementara durasi video yang lebih panjang, yaitu 60 menit hanya bisa diposting oleh pemilik akun Instagram dengan jumlah followers besar dan akun Instagram yang telah terverifikasi (tercentang biru) melalui komputer
  • Format video MP4
  • Video dalam bentuk vertikal dengan aspect ratio minimal 4:5 dan maksimal 9:16
  • Batas besar file video adalah kurang dari 650MB untuk video berdurasi 10 menit. Sementara video dengan durasi 60 menit dibatasi besar file 5.4GB
  • Isi video tidak melanggar kebijakan yang telah ditetapkan oleh Instagram
  • Membuat saluran (channels) di IGTV. Berikut adalah cara membuat saluran di IGTV: Buka aplikasi Instagram atau aplikasi IGTV > Lakukan tap pada tombol logo IGTV yang terletak di bagian kanan atas halaman Instagram > Selanjutnya lakukan tap pada tombol pengaturan (settings) yang ditandai dengan gambar ikon roda bergigi lalu pilih Buat Saluran > Terakhir ikuti petunjuk yang tertera pada layar untuk menyelesaikan proses membuat saluran.
Setelah semua syarat di atas telah terpenuhi maka Anda bisa mulai memposting video ke IGTV dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini
  1. Buka aplikasi Instagram lalu lakukan tap pada tombol fitur IGTV yang terletak di kanan atas layar halaman Instagram
    Cara Memposting Video Ke IGTV
    Cara Memposting Video Ke IGTV Instagram
  2. Buka saluran yang telah dibuat sebelumnya
  3. Lakukan tap pada tanda + untuk menambahkan video
  4. Pilih video yang ingin diposting, lalu akses pilihan bertuliskan Berikutnya
  5. Tambahan judul dan deskripsi video
  6. Akses tombol Posting untuk menyelesaikan tahap memposting video

2. Cara Menonton Video IGTV di Instagram
Untuk bisa menonton video yang diposting di IGTV maka Anda bisa mengikuti langkah berikut. 
  • Buka aplikasi Instagram > lakukan tap pada tombol fitur IGTV
  • Selanjutnya secara otomatis video akan berjalan
  • Untuk melihat video yang lain Anda bisa melakukan swipe layar ke kanan atau ke kiri pada daftar video, atau dapat pula mencari video yang diinginkan berdasarkan kategori tertentu (For You, Following dan Popular)
    Cara Menonton Video IGTV di Instagram
    Cara Menonton Video IGTV di Instagram
  • Anda juga memberikan like, komentar dan mengirimkan video di IGTV

Sebagai informasi tambahan, Anda juga bisa mengakses video-video di IGTV melalui layanan Instagram versi web.


Demikianlah informasi yang dapat Spesial Tips bagikan tentang panduan lengkap cara menggunakan fitur baru IGTV di Instagram. Semoga sajian tersebut bisa bermanfaat bagi sahabat pembaca sekalian.

Advertisement
LihatTutupKomentar