Advertisement
Cara Mudah Melakukan Live Streaming YouTube Di Komputer Tanpa Software Encoding - Pernah mencoba melakukan live streaming alias siaran video langsung di YouTube melalui komputer (PC atau laptop)? Diketahui bersama, selama ini agar bisa melakukan live streaming video di YouTube melalui komputer, maka YouTubers memerlukan bantuan software encoding tambahan, seperti OBS, Wirecast, AirServer atau Xsplit Broadcaster.
Cara Mudah Live Streaming YouTube Di Komputer Tanpa Software Encoding
Cara Mudah Live Streaming YouTube Di Komputer Tanpa Software Encoding
Sayangnya, sekalipun semua software encoding tersebut bisa dipasang secara gratis, namun tetap saja banyak pengguna YouTube yang merasa kesulitan untuk melakukan live streaming (siaran langsung), dikarenakan panjangnya langkah pengaturan penyesuaian software encoding agar bisa berhasil menyiarkan live streaming video di komputer. Nah, menyikapi hal ini, ternyata Google telah membuat sebuah terobosan baru di layanan YouTube, yaitu memberikan kemudahan bagi para penggunanya untuk melakukan live streaming dengan mudah melalui browser komputer tanpa harus menggunakan software encoding tambahan.

Ya, berdasarkan informasi yang dikutip dari pengumuman resmi YouTube, disebutkan bila mulai sekarang YouTubers di seluruh dunia telah bisa menikmati fitur baru YouTube yang memungkinkan penggunanya untuk melakukan live streaming video langsung melalui browser komputer.

Lantas, bagaimana cara live streaming video di YouTube dengan fitur baru tersebut? Untuk mengetahuinya, maka ada beberapa persyaratan dan langkah tertentu yang perlu disiapkan. Berikut ulasan selengkapnya.

Syarat Live Streaming YouTube di Komputer Tanpa Software Encoding

  • Memiliki akun dan channel (saluran) YouTube
  • Memastikan channel (saluran) YouTube Anda telah terverifikasi
  • Channel tidak dalam pembatasan oleh YouTube
  • Menggunakan browser Chrome versi 60 atau di atasnya

Cara Live Streaming YouTube di Komputer Tanpa Sofware Encoding

  • Akses tombol membuat live streaming YouTube, yang terletak di sebelah kanan atas layar YouTube dan akses pilihan "Go Live". Anda juga bisa langsung melakukan langkah yang lebih sederhana yaitu mengakses tautan youtube.com/webcam
Cara Live Streaming YouTube di Komputer
Cara Mudah Live Streaming YouTube di Komputer
  • Tahap selanjutnya, Anda akan dibawa pada halaman persiapan live streaming Youtube, dimana Anda perlu membuat judul, mengatur setelan privasi, menambahkan deskripsi, memilih sumber kamera video, memilih sumber suara (mikrofon). Anda juga bisa melakukan pengaturan tambahan, seperti mengakitifkan obrolan (chat) ketika sedang live, membatasi usia penonton siaran langsung Anda dan beberapa hal lainnya yang bersifat opsional
  • Bila telah selesai pada langkah persiapan, Anda bisa masuk ke tahap berikutnya dengan mengakses tombol biru bertuliskan "Next" (berikutnya) yang terletak di bagian kanan bawah layar
  • Sesaat kemudian, Anda akan diminta untuk membuat gambar thumbnail yang dilakukan secara otomatis. Bila tak ingin memunculkan thumbnail wajah Anda, maka Anda bisa juga menambahkan gambar yang lain dari dalam komputer
  • Usai menyiapkan thumbnail live streaming YouTube, maka Anda bisa memulai siaran langsung dengan mengakses tombol biru bertuliskan "Go Live" yang terletak di bagian kanan bawah layar
  • Untuk mematikan live streaming, Anda bisa mengakses tombol merah di bagian bawah layar yang bertuliskan "End Stream". Untuk lebih jelasnya perhatikan penjelasan gambar berikut.
Cara Live Streaming YouTube di Komputer Tanpa Sofware Encoding
Cara Live Streaming YouTube di Komputer Tanpa Sofware Encoding
Setelah selesai melakukan live streaming YouTube, maka secara otomatis video siaran langsung akan tersimpan di dalam arsip siaran langsung di channel (saluran) YouTube Anda.

Perlu diketahui pula, bila kemampuan live streaming dengan mudah ini juga akan hadir ke layanan YouTube di ponsel. Masih dari sumber yang sama, disebutkan bila dalam beberapa bulan mendatang pengguna ponsel tertentu (Nokia, Asus, LG, Motorola dan Samsung) akan bisa menikmati layanan keren dari YouTube tersebut.


Nah, demikianlah informasi yang dapat Spesial Tips bagikan tentang Cara Mudah Live Streaming Video YouTube Di Komputer Tanpa Software Encoding. Semoga sajian tersebut bisa menjadi tambahan pengetahuan yang bermanfaat bagi sahabat pembaca sekalian.

Advertisement

Posting Komentar

Jadi Sahabat Spesial Dengan Memberikan komentar Bermanfaat :) Berbagi Itu Indah :)

Kamu Bisa Memilih Salah Satu Jenis Komentar Blogger Atau Disqus :) Di Spesial Tips

Harap tidak menggunakan link aktif

 
Top