Advertisement
Perbedaan Mendasar Aplikasi YouTube Dan YouTube Go - Google telah secara resmi merilis aplikasi streaming video terbaru dengan nama YouTube Go di Indonesia. Uniknya, aplikasi YouTube Go yang diklaim oleh Google, sebagai aplikasi streaming video ramah akan penggunaan data internet itu, hanya didistribusikan terbatas untuk beberapa negara tertentu saja, seperti India dan Indonesia
Perbedaan Aplikasi YouTube Dan YouTube Go
Perbedaan Aplikasi YouTube Dan YouTube Go
Membahas tentang aplikasi YouTube Go, maka muncul sebuah pertanyaan mendasar, bila aplikasi YouTube dan YouTube Go sama-sama aplikasi untuk streaming video, lantas apa yang membedakan kedua aplikasi tersebut? Lalu, mana yang sebaiknya kita gunakan di smartphone, aplikasi YouTube atau aplikasi YouTube Go?

Nah, guna menjawab kedua pertanyaan di atas, maka pada kesempatan kali ini redaksi SpesialTips! akan mencoba  mengulas lebih jauh tentang perbedaan aplikasi YouTube dan YouTube Go, dan aplikasi mana yang sebaiknya dipilih untuk digunakan.


6 Perbedaan Mendasar Aplikasi YouTube dan YouTube Go

Berdasarkan hasil penelusuran dan uji coba redaksi SpesialTips! diketahui ada beberapa perbedaan mendasar dari segi fitur yang dimiliki oleh kedua aplikasi streaming video  besutan Google tersebut.

1. Perbedaan pertama dari segi fitur yang terasa mencolok adalah tersedianya fitur mengunggah video pada aplikasi YouTube. Sedangkan pada aplikasi YouTube Go tidak didapati adanya fitur yang sama.

2. Sama-sama memiliki fitur untuk mengunduh video berdasarkan kualitasnya, hanya saja pada aplikasi YouTube, video bisa diunduh dengan tiga pilihan, yaitu kualitas low - 144p, medium - 360p, dan kualitas HD - 720p. Berbeda halnya dengan aplikasi YouTube Go video hanya dapat diunduh berdasarkan 2 kategori kualitas, yaitu Basic Quality dan Standard Quality yang telah ditentukan secara otomatis besaran jumlah datanya.

3. Pada fitur share (membagikan) video, aplikasi YouTube memiliki kemampuan yang lebih lengkap dibandingkan aplikasi YouTube Go, dimana video bisa dibagikan dengan mudah ke berbagai aplikasi media sosial, aplikasi berkirim pesan, sampai dengan kemampuan untuk menyalin tautan (link). Sementara pada aplikasi YouTube Go pengguna hanya bisa membagikan video kepada pengguna yang aplikasi yang sama saja, namun berbagi video di YouTube Go bisa dilakukan tanpa menggunakan data internet.

4. Perbedaan lainnya, di aplikasi YouTube kita akan bisa mendapati fitur untuk memasukkan video ke dalam daftar putar (playlist) untuk menonton video. Nah, untuk aplikasi YouTube Go diketahui tidak terdapat adanya fitur playlist tersebut.

5. Saat menonton video di aplikasi YouTube pengguna bisa melakukan kegiatan multitasking menjelajahi daftar video sembari mengecilkan layar (minimize) video yang sedang ditonton. Berbeda dengan aplikasi YouTube, maka di aplikasi YouTube Go, pengguna hanya bisa menonton tanpa kemampuan meminimalkan layar video.

6. Perbedaan mendasar juga ditemukan pada fitur komentar dan fitur like (suka) yang dipunyai oleh aplikasi YouTube, sementara aplikasi YouTube Go tidak memiliki kedua fitur itu.

Nah, dari ulasan di atas dapat kita ketahui bahwa ada banyak perbedaan mendasar antara aplikasi YouTube dan aplikasi YouTube Go. Namun, perlu diketahui bila perbedaan ini dikarenakan alasan khsusus, dimana aplikasi YouTube Go memang didesain dan ditujukan penggunaannya bagi pengguna yang memiliki keterbatasan dan masalah sambungan Internet.

Lantas, aplikasi apa yang sebaiknya kita gunakan untuk streaming video? YouTube atau YouTube Go? Sederhana saja, Anda hanya perlu menyesuaikan dengan kebutuhan dan juga kondisi sambungan internet di lokasi tempat tinggal. Tentunya bila Anda hanya sesekali melakukan streaming video sebagai hiburan dan dihadapkan pada kondisi internet yang "lelet", maka aplikasi YouTube Go akan sangat tepat untuk Anda gunakan. Beda halnya bila Anda termasuk YouTubers, yang gemar mengunggah video dan didukung dengan fasilitas internet yang mumpuni, maka pastinya aplikasi YouTube adalah jawabannya.
Nah, demikianlah informasi yang bisa SpesialTips! bagikan tentang perbedaan aplikasi YouTube dan YouTube Go. Semoga sajian tersebut bisa menjadi tambahan pengetahuan yang bermanfaat bagi sahabat pembaca sekalian.

Advertisement

Post a Comment Blogger Disqus

Jadi Sahabat Spesial Dengan Memberikan komentar Bermanfaat :) Berbagi Itu Indah :)

Kamu Bisa Memilih Salah Satu Jenis Komentar Blogger Atau Disqus :) Di Spesial Tips

Harap tidak menggunakan link aktif

 
Top