Advertisement
Cara Posting Foto di Instagram Melalui Smartphone dan Komputer Tanpa Menggunakan Aplikasi - Bukan rahasia lagi bila selama ini pengguna media sosial berbagi foto (gambar) Instagram, hanya bisa melakukan upload dan posting foto (gambar) melalui aplikasi Instagram yang terpasang pada smartphone. Sementara itu, bila kita mengakses versi web Instagram melalui peramban baik di komputer ataupun smartphone, alias tanpa aplikasi, maka hal yang dapat kita lakukan hanya sekadar melihat postingan foto saja.
Cara Posting Foto di Instagram Melalui Smartphone dan Komputer Tanpa Menggunakan Aplikasi
Cara Posting Foto di Instagram Melalui Smartphone dan Komputer
Tanpa Menggunakan Aplikasi
Mengakali masalah posting foto (gambar) yang hanya bisa dilakukan melalui aplikasi Instagram, sebagian besar pengguna komputer terpaksa harus memasang program emulator Android, semisal Bluestacks agar dapat memasang aplikasi Instagram, untuk nantinya bisa membagikan (posting) foto-foto mereka di layanan media sosial Instagram. Cara lainnya adalah dengan memasang aplikasi Instagram langsung ke komputer, sayangnya untuk cara ini dibutuhkan syarat sistem operasi khusus, seperti Remix OS atau Windows 10.

Nah, berkaitan dengan kendala di atas, maka pada kesempatan kali ini redaksi SpesialTips! akan mencoba berbagi informasi tentang cara posting foto di Instagram melalui smartphone dan komputer. Uniknya dengan cara ini Anda tak perlu lagi memasang aplikasi Instagram di smartphone atau direpotkan dengan memasang emulator Android di komputer. Penasaran bagaimana caranya? Berikut ulasan selengkapnya.


Cara Posting Foto di Instagram Melalui Smartphone Tanpa Menggunakan Aplikasi

Berdasarkan informasi yang dikumpulkan dari berbagai sumber, dan dari hasil uji coba redaksi SpesialTips!, diketahui bila kini Instagram membuat perubahan baru dengan mengijinkan pengguna smartphone untuk bisa langsung membagikan foto (gambar) tanpa harus menggunakan aplikasi. Berikut langkah-langkah yang bisa Anda lakukan.
  1. Langkah pertama yang perlu Anda lakukan, adalah dengan mengakses akun Instagram Anda melalui halaman web layanan Instagram (instagram.com) melalui peramban (browser) di smartphone. Disarankan bagi sahabat pembaca sekalian untuk menggunakan peramban (browser) Chrome terbaru.
  2. Setelah masuk ke halaman Instagram, maka Anda akan mendapati pilihan untuk upload foto (gambar), yand ditandai dengan gambar icon kamera.
  3. Selanjutnya, Anda bisa langsung mengakses pilihan tersebut.
  4. Sesaat setelah itu, maka akan muncul pilihan sumber lokasi penyimpanan foto (gambar) yang akan diposting. Pilih salah satu sumber lokasi penyimpanan foto (gambar).
  5. Dari lokasi penyimpanan foto (gambar) pilih salah satu foto yang diinginkan untuk diposting di akun Instagram Anda.
  6. Setelah memilih foto (gambar), maka Anda akan diarahkan ke langkah penyuntingan (edit) sederhana, yaitu memperbesar/memperkecil gambar dan memutar (rotate) gambar. Perlu diketahui bila dengan cara ini, Anda tak bisa menambahkan efek filter seperti halnya saat menggunakan aplikasi Instagram
  7. Usai tahap tersebut, maka Anda bisa melanjutkan ke tahap mengisikan judul (caption) foto yang akan di posting.
  8. Terakhir, Anda bisa langsung mengakses pilihan bertuliskan share (bagikan) untuk mem-posting foto (gambar). Untuk lebih jelasnya, perhatikan penjelasan gambar berikut ini.
Cara Posting Foto di Instagram Melalui Smartphone Tanpa Menggunakan Aplikasi
Cara Posting Foto di Instagram Melalui Smartphone Tanpa Menggunakan Aplikasi

Cara Posting Foto di Instagram Melalui Komputer Tanpa Menggunakan Aplikasi ataupun Emulator Android

Pada komputer, maka Anda perlu menggunakan trik sederhana agar dapat bisa membagikan (posting) foto di Instagram. Sebelumnya, disarankan bagi sahabat sekalian untuk menggunakan peramban (browser) Chrome terbaru. 
  1. Langkah pertama masuk ke profil akun Instagram Anda melalui tautan resmi Instagram (instagram.com)
  2. Setelah masuk, Anda perlu mengakses layanan Developer Tools peramban (browser) Chrome, atau yang lebih umum di Indonesia dengan istilah inspect element, yang bisa dilakukan dengan mengakses pilihan (menu) yang terletak di pojok kanan atas peramban atau dengan mengakses tombol cepat di keyboard (Ctrl + Shift + I).
  3. Sesaat muncul halaman layanan Developer Tools peramban, ubah tampilan halaman Instagram menjadi tampilan versi mobile, caranya dengan mengakses tombol toogle device toolbar atau dengan akses cepat (Ctrl + Shift + M).
  4. Pilih salah satu jenis tampilan mobile yang diinginkan.
  5. Usai melakukan langkah tersebut, maka tampilan halaman web Instagram akan berubah menjadi tampilan web versi mobile, dimana pilihan posting foto (gambar) yang ditandai dengan gambar kamera telah tersedia.
  6. Anda bisa mulai melakukan upload dan posting foto, dengan mengikuti langkah yang sama dengan cara posting foto (gambar) melalui smartphone di atas (langkah nomor 3 sampai langkah nomor 8). 
  7. Jangan lupa untuk mengembalikan tampilan halaman web instagram ke versi desktop bila Anda telah selesai mem-posting foto (gambar). Untuk lebih jelasnya, perhatikan penjelasan gambar berikut ini.
Cara Posting Foto di Instagram Melalui Komputer Tanpa Menggunakan Aplikasi dan Emulator Android
Cara Posting Foto di Instagram Melalui Komputer Tanpa Menggunakan Aplikasi dan Emulator Android

Bagaimana, mudah bukan? Tentu saja dengan cara yang telah SpesialTips! di atas, kita bisa dengan mudah membagikan (posting) foto di Instagram, tanpa harus direpotkan mengunduh aplikasi, dan lebih mudah pula membagikan foto ke Instagram melalui komputer.


Demikianlah informasi yang dapat SpesialTips! bagikan kali ini, semoga saja sajian tersebut bisa menjadi tambahan pengetahuan yang bermanfaat bagi sahabat pembaca sekalian.

Advertisement

Post a Comment Blogger Disqus

Jadi Sahabat Spesial Dengan Memberikan komentar Bermanfaat :) Berbagi Itu Indah :)

Kamu Bisa Memilih Salah Satu Jenis Komentar Blogger Atau Disqus :)

Harap tidak menggunakan link aktif ...

 
Top