Advertisement
Tips Menggunakan Mesin Pencari Google Untuk Pencarian Personal - Siapa yang tak kenal dengan mesin pencari Google? Hampir semua pengguna internet di dunia, baik melalui komputer dan smartphone pernah menggunakan jasa mesin pencari terpopuler ini. Bahkan boleh jadi, setiap pertama kali menggunakan akses internet, maka hal yang pertama kali dilakukan adalah membuka halaman mesin pencari Google.
Tips Menggunakan Mesin Pencari Google Untuk Pencarian Personal
Tips Menggunakan Mesin Pencari Google Untuk Pencarian Personal
Namun, pernahkah Anda membayangkan bila ternyata mesin pencari Google dapat dimanfaatkan untuk mencari hal-hal yang sifatnya lebih personal melalui komputer? Ya, bila selama ini kita menggunakan pencarian Google hanya untuk mencari informasi yang berhubungan dengan dunia luar, maka dengan makin berkembangnya kemampuan Google search engine, kini dengan beberapa trik dalam menggunakan kata kunci di mesin pencari, kita dapat mencari hal-hal yang langsung berhubungan dengan diri kita.

Nah, berkaitan dengan fungsi mesin pencari Google yang mungkin belum banyak diketahui oleh pengguna internet di Indonesia, maka redaksi SpesialTips! akan mencoba berbagi informasi tentang beberapa trik penggunaan kata kunci untuk melakukan pencarian Google terbaru melalui komputer, dimana dengan trik pencarian tersebut Anda dapat mencari informasi tentang hal-hal yang berhubungan langsung dengan diri kita. Apa dan bagaimana, trik kata kunci saat melakukan pencarian di halaman mesin pencari Google tersebut? Simak lebih lengkap, tips menggunakan mesin pencari Google untuk pencarian personal berikut.

Dari hasil uji coba redaksi SpesialTips! dan informasi dari berbagai sumber, maka setidaknya ada lima trik pencarian dengan kata kunci tertentu yang bisa Anda aplikasikan saat menggunakan mesin pencari Google untuk mencari informasi yang bersifat lebih personal. Namun, perlu diketahui bahwa untuk memaksimalkan fungsi pencarian tersebut, maka Anda perlu lebih dahulu menghubungkan akun Google Anda (sign-in) dengan mesin pencari Google. Selanjutnya, cukup gunakan lima kata kunci berikut ini, saat menggunakan mesin pencari Google, melalui komputer (atau ponsel).

1. "Find my phone" atau "Temukan ponsel saya"
Ponsel Anda hilang? Wah, tentu saja kejadian tersebut dapat menjadi perkara serius, pasalnya seluruh data dan informasi pribadi, seperti nomor kontak orang-orang terdekat, atau bahkan mungkin foto pribadi yang tersimpan dalam ponsel juga akan ikut hilang. Nah, mengatasi keadaan tersebut, ternyata kita bisa memanfaatkan mesin pencari Google untuk mencari dan menemukan ponsel yang hilang tersebut, dengan hanya mengetikkan kata kunci "Find my phone" atau "Temukan ponsel saya" di halaman pencarian Google.
"Find my phone" atau "Temukan ponsel saya"
Contoh Tampilan Mesin Pencari Google Untuk Mencari Ponsel yang Hilang
Selanjutnya akan muncul informasi tentang lokasi ponsel terakhir, bahkan pada fungsi lanjutan dari pencarian tersebut Anda juga dapat menelpon ponsel yang hilang tersebut atau menguncinya dari jarak jauh agar tak dapat digunakan oleh orang lain. Namun, perlu Anda ketahui bahwa sebelumnya ponsel harus dalam kondisi terhubung (disinkronkan) dengan akun Google Anda, karena bila tidak maka proses pelacakan ponsel tak akan bisa dilakukan.

2. "Contact <nama>"
Ingin mengakses Kontak Google Anda langsung dari halaman pencarian Google? Nah, dengan hanya mengetikkan kata kunci “contact” dan menambahkan nama salah satu dari teman atau anggota keluarga setelah kata kunci tersebut, maka mesin pencari Google akan langsung menampilkan kontak yang Anda inginkan.

3. "My Flights" atau "Penerbangan"
Ingin melihat kembali semua perjalanan yang Anda lakukan dengan menggunakan penerbangan (pesawat terbang, atau mungkin Anda ingin melihat jadwal penerbangan yang sesuai dengan waktu dan lokasi Anda saat ini? Ya, semua bisa saja, cukup gunakan kata kunci "My flights" atau "Penerbangan" untuk mencari tahu informasi yang berkaitan dengan penerbangan, baik itu nama maskapai penerbangan, nomor penerbangan, hingga tujuan penerbangan akan langsung ditampilkan di halaman pencarian Google.


4. "My Photos"
Ingin membuka layanan Google Photos, untuk mencari dan melihat foto-foto Anda melalui mesin pencari Google? Bisa saja, hal yang perlu Anda lakukan hanya dengan mengetikkan kata kunci "My Photos" di kolom pencarian Google, maka selanjutnya akan muncul semua foto-foto yang ada dalam layanan Google Photos.
My Photos
Contoh Tampilan Mesin Pencari Google Untuk Mencari Foto Pribadi
5. "My Hotels" atau "Hotel"
Bila Anda mengetikkan kata kunci "My Hotels" maka mesin pencari Google akan menampilkan informasi tentang daftar hotel yang pernah Anda pesan melalui akun Gmail Anda. Nah, beda halnya bila anda hanya mengetikkan kata hotel saja, maka akan muncul hasil pencarian tentang informasi hotel yang berada disekitar lokasi Anda, nama hotel dan harga layanan menginap semalam di hotel tersebut.

Nah, selain kelima kata kunci di atas, Anda juga dapat mencoba menggunakan beberapa kata kunci lainnya seperti "My bills" untuk mengecek tagihan yang masuk pada akun Gmail Anda, "My Deliveries" untuk memeriksa paket pengiriman yang Anda lakukan, "My Events" untuk memeriksa semua rencana yang pernah dibuat pada layanan Google Calendar (Kalender Google).

Perlu diperhatikan bahwa ketersediaan informasi yang ditampilkan oleh mesin pencari Google terkait dengan informasi personal Anda, berhubungan erat dengan sinkronisasi layanan akun Google Anda atau akun Gmail Anda. Selain itu, faktor penggunaan jenis peramban (web browser) dan bahasa, akan dapat pula memengaruhi hasil pencarian.

Demikianlah informasi yang dapat SpesialTips! bagikan, tentang tips menggunakan mesin pencari Google untuk pencarian personal, dengan menggunakan beberapa trik kata kunci. Semoga informasi tersebut dapat menjadi tambahan pengetahuan yang bermanfaat bagi sahabat pembaca sekalian.

Advertisement

Post a Comment Blogger Disqus

Jadi Sahabat Spesial Dengan Memberikan komentar Bermanfaat :) Berbagi Itu Indah :)

Kamu Bisa Memilih Salah Satu Jenis Komentar Blogger Atau Disqus :) Di Spesial Tips

Harap tidak menggunakan link aktif

 
Top