Advertisement
Tips Mudah Mengatasi Masalah Pengisian Daya (Charging) Baterai Smartphone - Salah satu masalah yang kerap dialami pengguna ponsel, khususnya ponsel pintar (smartphone) adalah kinerja pengisian daya (charging) baterai yang mengalami penurunan, seperti daya baterai terlalu cepat habis, pengisian daya baterai terlalu cepat/lama, atau bahkan indikator baterai pada smartphone tak menunjukkan penambahan daya sama sekali. Apa penyebabnya? Banyak alasan bisa menjadi sumber masalah turunnya kinerja baterai tersebut, diantaranya adalah intensitas penggunaan smartphone itu sendiri, atau dapat juga disebabkan karena baterai tak terisi secara maksimal saat charging dilakukan. Tak jarang masalah tersebut diasumsikan sebagai tanda bahwa baterai telah rusak, dan perlu untuk diganti.
Tips Mudah Mengatasi Masalah Pengisian Daya (Charging) Baterai Smartphone
Mengatasi Masalah Pengisian Daya (Charging) Baterai Smartphone
Tapi tunggu dulu, karena berdasarkan informasi dari berbagai sumber, masalah penurunan kinerja pengisian daya baterai smartphone bisa jadi disebabkan karena beberapa hal sederhana yang mungkin tak pernah terpikirkan oleh Anda. Lantas, bagaimana solusi untuk mengatasi masalah ngecas baterai smartphone dengan mudah, tanpa harus mengeluarkan biaya tambahan untuk menggunakan bantuan tenaga teknisi ahli? Nah, ikuti tips mudah mengatasi masalah pengisian daya (charging) baterai smartphone berikut ini.
» Salah satu cara mengatasi masalah pengisian daya, seperti terlalu cepat/lama atau justru baterai tak terisi sama sekali adalah dengan melakukan perbaikan sederhana pada port microUSB dihubungkan saat mengisi daya baterai. Hal ini dikarenakan, bagian tersebut kemungkinan mengalami gangguan berupa masuknya kotoran, atau bergesernya (bengkok) posisi penghubung microUSB pada smartphone akibat dari keluar masuknya kabel charger. Cara memperbaikinya adalah dengan menggunakan sebuah tusuk gigi untuk membersihkan bagian dalam port tersebut, dan juga dengan mengangkat sedikit penghubung microUSB, namun ingat lakukan secara perlahan dan lembut, untuk menghindari patahnya penghubung port microUSB dan disarankan untuk terlebih dahulu mematikan smartphone dan melepas baterai, selanjutnya sambung dan cabut beberapa kali kabel charger pada smartphone


» Hampir sama dengan cara diatas, bersihkan penghubung microUSB dan juga lempengan logam USB pada charger, karena boleh jadi masalahnya penurunan kinerja pengisian daya dikarenakan lubang penghubung tersumbat (kotor).

» Periksa kembali kabel penghubung charger, karena biasanya masalah kabel sering digulung atau pun terlalu kencang tertarik, dapat menyebabkan kabel penghubung charger mengalami kerusakan, yang dapat berdampak pada penurunan kinerja sewaktu mengisi daya baterai, atau bahkan tak mengisi sama sekali.

» Alihkan smartphone pada Airplane Mode atau bila perlu matikan, karena membiarkan smartphone dalam keadaan terhubung pada aplikasi serta konektivitas tertentu dapat menyebabkan baterai terisi lebih lama, dan juga tak maksimal (lebih cepat habis).

» Lakukan kalibrasi pada baterai smartphone, gunanya untuk mengembalikan (reset) nilai ukur atau indikator pada baterai. Nah, untuk melakukan kalibrasi baterai smartphone, cara termudah adalah dengan melakukan beberapa langkah berikut:

  • Lakukan pengisian daya (charging) pada smartphone dalam keadaan menyala, hingga indikator baterai menunjukkan telah terisi penuh atau mencapai 100 persen, lalu matikan smartphone
  • Selanjutnya, setelah mematikan smartphone, langkah yang perlu dilakukan adalah lakukan kembali pengisian daya, hingga baterai benar-benar terisi penuh. Lalu, kembali hidupkan smartphone dan kembali lakukan pengisian daya dalam keadaan hidup hingga terisi penuh.
  • Langkah selanjutnya, setelah baterai terisi penuh adalah lakukan aktifitas pada smartphone, gunanya untuk menghabiskan tenaga pada baterai, hingga smartphone Anda mati dengan sendirinya, lalu biarkan dalam keadaan tersebut selama 10-20 menit.
  • Nah, setelah langkah tersebut, lakukan pengisian daya kembali pada smartphone dalam keadaan mati, dan biarkan hingga benar-benar penuh (tepat 100 persen), dan perlu diingat pula jangan sampai terlalu lama melakukan charging tersebut.
» Cara terakhir untuk mengembalikan kinerja pengisian daya pada baterai smartphone adalah dengan mengakui "kekalahan" alias mengganti baterai, pasalnya baterai smartphone juga memiliki batas waktu pemakaian, apalagi bila usia baterai telah mencapai 2 tahun, itupun dengan pemakaian yang wajar.

Nah, demikianlah informasi tentang Tips Mudah Mengatasi Masalah Pengisian Daya (Charging) Baterai Smartphone. Semoga informasi tersebut dapat menjadi tambahan pengetahuan yang bermanfaat bagi sahabat pembaca SpesialTips! sekalian.

Advertisement

Post a Comment Blogger Disqus

Jadi Sahabat Spesial Dengan Memberikan komentar Bermanfaat :) Berbagi Itu Indah :)

Kamu Bisa Memilih Salah Satu Jenis Komentar Blogger Atau Disqus :)

Harap tidak menggunakan link aktif ...

 
Top