Advertisement
4 Aplikasi Android Terbaik Bagi Penyandang Tunanetra Dan Tunarungu - Keterbatasan fisik, akibat cacat yang disandang seseorang, umumnya menjadi alasan tersendiri munculnya masalah kesulitan untuk dapat berinteraksi dengan orang lain, dan juga masalah sulitnya menikmati teknologi layaknya orang dengan tubuh yang normal, misalnya saja penggunaan smartphone alias ponsel pintar sebagai alat komunikasi sehari-hari, bagi mereka penyandang tunanetra hal ini dapat menjadi kendala yang besar, karena hampir sebagian besar penggunaan smartphone hanya dapat digunakan dengan melihatnya terlebih dahulu.
4 Aplikasi Android Terbaik Bagi Penyandang Tunanetra Dan Tunarungu
Aplikasi Android Bagi Penyandang Keterbatasan Fisik(Tunanetra & Tunarungu)
Namun kini, melalui kemajuan teknologi, dan perhatian yang lebih bagi penyandang masalah keterbatasan fisik seperti masalah penglihatan dan juga pendengaran (biasanya akan berdampak pada kemampuan bicara), maka telah banyak muncul terobosan untuk membantu mereka agar dapat hidup layaknya orang normal, perihal menggunakan teknologi agar dapat berkomunikasi khususnya menggunakan sarana smartphone, melalui aplikasi-aplikasi yang khusus dibuat bagi penyandang keterbatasan fisik (cacat). 

Nah, dalam kaitan membantu saudara-saudara kita yang mungkin mengalami keterbatasan fisik (tunanetra dan tunarungu), namun ingin tetap dapat menikmati kemudahan dalam berkomunikasi menggunakan ponsel pintar, maka redaksi SpesialTips! akan mencoba berbagi informasi tentang 4 Aplikasi Android Terbaik Bagi Penyandang Tunanetra Dan Tunarungu.

1. BrailleBack
Sesuai dengan namanya, maka aplikasi besutan Google ini ditujukan untuk membantu para penyandang tunanetra untuk dapat berkomunikasi melalui smartphone Android menggunakan papan ketik braille. Cara kerja aplikasi ini adalah membantu menghubungkan perangkat papan ketik braille dengan perangkat Android menggunakan koneksi bluetooth. Model papan ketik braile yang didukung oleh aplikasi BrailleBack diantaranya adalah APH Refreshabraille, Papenmeier Braillex Trio, Optelec Alva dan beberapa perangkat papan ketik khusus penyandang tunanetra lainnya.

2. The Deaf And Hearing Impaired
Aplikasi Android The Deaf And Hearing Impaired, merupakan aplikasi yang dikhususkan bagi para penyandang tunarungu atau pun masalah dengan pendengaran. Cara kerja aplikasi ini sangat sederhana, yaitu dengan memunculkan getaran dan juga lampu flash (pada smartphone tertentu) ketika terdapat suara disekitar pemilik smartphone. Selain itu, aplikasi ini juga menawarkan fitur canggih lainnya, seperti pengenalan suara (speech recognition) dan dukungan terhadap berbagai macam bahasa. Manfaat aplikasi ini, tentu saja dapat membantu para penyandang tunarungu untuk dapat berkomunikasi dengan orang lain.

3. Commandr for Google Now
Aplikasi yang satu ini boleh dikatakan sangat pintar serta sangat bermanfaat bagi para penyandang tunanetra, pasalnya hanya dengan berbekal suara sebagai perintah beberapa layanan pada smartphone Android, diantaranya adalah membaca pesan singkat, menyalakan dan mematikan konetivitas (Wifi, bluetooth dan GPS). Sesuai nama aplikasi tersebut, dapat berjalan dengan mengaktifkan layanan Google Now.

4. RogerVoice
Selanjutnya adalah aplikasi RogerVoice, yaitu aplikasi yang berguna untuk membantu para penyandang tunarungu agar dapat berkomunikasi saat melakukan panggilan (percakapan). Cara kerja aplikasi ini adalah dengan mengubah teks menjadi suara saat sedang melakukan percakapan melalui panggilan telepon, dengan orang yang tidak memiliki keterbatasan fisik (normal). Namun, agar aplikasi ini dapat digunakan para pengguna smartphone perlu melakukan proses pendaftaran (sign up).

Demikianlah informasi yang dapat SpesialTips! bagikan kali ini, semoga dapat menjadi tambahan pengetahuan yang berguna dan bermanfaat bagi pembaca sekalian.
Advertisement

Post a Comment Blogger Disqus

Jadi Sahabat Spesial Dengan Memberikan komentar Bermanfaat :) Berbagi Itu Indah :)

Kamu Bisa Memilih Salah Satu Jenis Komentar Blogger Atau Disqus :) Di Spesial Tips

Harap tidak menggunakan link aktif

 
Top