Advertisement
Cara Menerapkan Shadow Banned Pada Komentar 'Bullying' Di Postingan Instagram - Pernah mendengar istilah Shadow Banned di Instagram? Istilah shadow banned (shadow banning) sebenarnya adalah bentuk pembatasan (pemblokiran) kepada isi konten postingan Instagram dan atau profil akun Intagram tertentu, sehingga postingan atau akun yang mengalami pembatasan tersebut tidak dapat dilihat oleh pengguna Instagram lainnya. Tentu saja, hanya pihak Instagram saja yang memiliki otoritas untuk melakukan hal ini.
Cara Menerapkan Shadow Banned Pada Komentar 'Bullying' Di Postingan Instagram
Uniknya, baru-baru ini Instagram  justru merilis fitur baru khusus bertajuk "Restrict" yaitu kemampuan kepada pengguna untuk melakukan shadow banned (shadow banning) pada komentar orang lain postingannya. Berdasarkan informasi yang dikutip dari pengumuman resmi Instagram, disebutkan bahwa fitur baru Instagram "Restrict" sengaja dihadirkan oleh Instagram untuk melindungi pengguna dari komentar kasar atau bullying. Cara kerja fitur ini pun cukup unik, dimana komentar dari akun yang telah ditandai tetap akan terlihat oleh si pemberi komentar, tapi akan disembunyikan dari pengguna lain dan pemilik postingan.

Berkaitan dengan kehadiran fitur baru Instagram "Restrict", maka pada kesempatan kali ini Spesial Tips akan mencoba berbagi informasi tentang cara melakukan shadow banned alias memblokir diam-diam komentar orang lain di postingan Instagram kita.

Cara Menerapkan Shadow Banned Pada Komentar 'Bullying' Di Postingan Instagram

  • Buka postingan Instagram yang didalamnya terdapat komentar bullying dari pengguna lain
  • Lakukan tap pada tombol komentar
  • Tekan dan tahan sedikit lama untuk menandai komentar yang Anda anggap berisi bullying (bernada kasar), hingga muncul dua tombol pilihan pengaturan di pojok kanan sebelah atas kolom komentar. Kedua pilihan pengaturan tersebut adalah, Delete (Hapus) dengan gambar ikon tempat sampah untuk menghapus pesan, dan Restrict (Membatasi) yang ditandai dengan gambar ikon peringatan tanda seru
    Cara Menerapkan Shadow Banned Pada Komentar 'Bullying' Di Instagram
  • Lakukan tap pada tombol fitur Restrict, untuk menerapkan shadow banned pada komentar tersebut, sekaligus akun si pemberi komentar.
    Cara Menerapkan Shadow Banned Pada Komentar 'Bullying' Di IG

Sementara itu, untuk membuka shadow banned atau pembatasan komentar dari sebuah akun, maka Anda bisa buka Settings (Pengaturan) > lakukan tap pada pengaturan Privacy (Privasi) > Selanjutnya masuk ke pilihan Restricted Accounts (Akun yang dibatasi) > Lakukan tap pada tombol bertuliskan Unrestrict  di samping nama akun yang dimaksud untuk membuka shadow banned (pembatasan).
Cara Membuka Restricted Accounts Instagram
Sebagai informasi tambahan, shadow banned atau pembatasan komentar hanya bisa dilakukan pada postingan Instagram milik kita sendiri, dan tidak bisa diterapkan pada komentar di postingan pengguna lain.


Demikianlah informasi yang dapat Spesial Tips bagikan kali ini. Semoga sajian di atas bisa bermanfaat bagi sahabat pembaca sekalian.

Advertisement

Posting Komentar

Jadi Sahabat Spesial Dengan Memberikan komentar Bermanfaat :) Berbagi Itu Indah :)

Kamu Bisa Memilih Salah Satu Jenis Komentar Blogger Atau Disqus :) Di Spesial Tips

Harap tidak menggunakan link aktif

 
Top