Advertisement
Fitur Tersembunyi Baru Google Chrome Di Android Dan Cara Menggunakannya - Aplikasi browser web apa yang paling populer diantara pengguna Android? Mungkin Anda akan sepakat bila menyebut Google Chrome sebagai juaranya. Ya, pendapat ini juga dikuatkan dengan laporan terbaru W3Counter yang menempatkan Google Chrome sebagai browser paling banyak digunakan oleh pengguna Android di seluruh dunia.
Ini Fitur Tersembunyi Baru Google Chrome Di Android
Fitur Tersembunyi Baru Google Chrome Di Android
Bukan tanpa sebab browser besutan Google ini bisa menjadi begitu populer bagi pengguna Android. Selain karena ringan untuk proses browsing, Google Chrome juga dibekali banyak fitur-fitur canggih yang terus di-update dan membuat pengalaman berselancar di internet semakin mudah. Uniknya, Google kerap memberikan sesuatu yang baru pada hampir di setiap update aplikasi browser Google Chrome, yaitu dengan menyisipkan sejumlah fitur tersembunyi yang tak kalah canggih dan bermanfaatnya untuk pengguna.

Nah, dari hasil penelusuran dan ujicoba redaksi Spesial Tips, diketahui bahwa update terbaru aplikasi browser Google Chrome di Android (versi 73.0.3683.90) membawa beberapa fitur tersembunyi baru dengan fungsi yang beragam. Penasaran ingin tahu fitur tersembunyi baru apa saja yang terdapat dalam browser Google Chrome di Android? Simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Fitur Tersembunyi Google Chrome Di Android Dan Cara Menggunakannya

1. Fitur Tersembunyi Google Chrome: Sneak Peek
Fitur Sneak peek di Google Chrome adalah fitur yang memungkinkan pengguna untuk melihat pratinjau laman dari sebuah tautan (link) dan gambar. Menggunakan fitur Sneak peek pengguna browser Google Chrome di Android bisa dengan mudah "mengintip" terlebih dahulu tampilan atau isi laman dan gambar dari tautan yang dijumpainya, sebelum membuka sepenuhnya halaman tersebut.
Fitur Tersembunyi Google Chrome: Sneak Peek
Fitur Google Chrome 'Sneak Peek'
Cara Mengaktifkan Dan Menggunakan Fitur Google Chrome Sneak Peek
Fitur Sneak peek merupakan fitur tersembunyi, dan pengguna perlu mengaktifkannya terlebih dahulu agar bisa digunakan, caranya: 
  • Ketikkan tautan chrome://flags di bilah alamat (address bar)
  • Setelah masuk ke halaman Flags Google Chrome, ketikkan kata kunci: "ephemeral tab" atau "Sneak peek"
  • Secara otomatis hasil pencarian kata kunci akan muncul di bagian bawah bilah pencarian
  • Ubah pengaturan An Ephemeral Tab in an Overlay Panel dari "Default" menjadi "Enable"
  • Terakhir tap kotak biru bertuliskan "Relaunch Now"
    Cara Mengaktifkan Fitur Google Chrome Sneak Peek
    Cara Mengaktifkan Fitur Google Chrome 'Sneak Peek'
Nah, setelah fitur Sneak peek aktif, Anda bisa melakukan tap dan tahan pada link apa saja yang dijumpai hingga muncul kotak daftar pilihan. Sampai disini cari dan lakukan tap pada pilihan Sneak peek untuk melihat pratinjau alamat laman.

2. Fitur Tersembunyi Google Chrome: History Navigation With Gesture
Seperti namanya, fitur History navigation with gesture Google Chrome di Android adalah fitur yang memungkinkan pengguna untuk mengakses riwayat halaman yang telah dibuka dengan hanya melakukan gerakan menggeser layar ke kanan atau ke kiri. Sederhananya, dengan fitur tersembunyi ini, Anda cukup menggeser layar untuk membuka kembali halaman web yang sebelumnya telah Anda kunjungi.
Fitur Tersembunyi Google Chrome: History Navigation With Gesture
Fitur Google Chrome 'History Navigation With Gesture'
Cara Mengaktifkan Dan Menggunakan Fitur Google Chrome History Navigation With Gesture
Tak jauh berbeda dengan cara mengaktifkan fitur tersembunyi Google Chrome sebelumnya, Anda perlu melakukan beberapa langkah berikut.
  • Ketikkan tautan chrome://flags di bilah alamat (address bar)
  • Setelah masuk ke halaman Flags Google Chrome, ketikkan kata kunci: "History Nav" atau "History navigation with gesture"
  • Selanjutnya, pada bilah pengaturan History navigation with gesture, ubah pengaturan dari "Default" menjadi "Enable"
  • Terakhir tap kotak biru bertuliskan "Relaunch Now"
    Cara Mengaktifkan Fitur History Navigation With Gesture
    Cara Mengaktifkan Fitur Google Chrome 'History Navigation With Gesture'
Usai tahapan pengaktifan fitur tersembunyi tersebut, maka Anda bisa mencoba mengakses beberapa halaman situs web. Selanjutnya, coba tekan layar lalu geser ke kanan/ke kiri hingga muncul ikon tanda panah berwarna biru. Secara otomatis, Google Chrome akan membuka kembali halaman situs web yang sebelumnya telah Anda kunjungi.

Bagaimana, fitur tersembunyi di Google Chrome  berguna di atas sangat berguna bukan? Perlu diketahui sebenarnya masih ada banyak fitur-fitur yang tersembunyi di Google Chrome yang bisa Anda telusuri sendiri, misalnya fitur mematikan autoplay video atau fitur pengaturan untuk memindahkan menu bar Google Chrome turun ke bawah layar.


Demikianlah, informasi seputar fitur tersembunyi terbaru Google Chrome di Android yang dapat Spesial Tips bagikan. Semoga sajian tersebut bisa bermanfaat bagi sahabat pembaca sekalian.

Advertisement

Posting Komentar

Jadi Sahabat Spesial Dengan Memberikan komentar Bermanfaat :) Berbagi Itu Indah :)

Kamu Bisa Memilih Salah Satu Jenis Komentar Blogger Atau Disqus :) Di Spesial Tips

Harap tidak menggunakan link aktif

 
Top