Advertisement
Genap 10 Tahun, Google Chrome Hadirkan Tampilan Dan Fitur Baru - 1 September 2008 browser Google Chrome pertama kali dirilis oleh Google. Kini setelah genap berusia 10 tahun, Google Chrome menjadi browser terpopuler dan diperkirakan menjadi browser yang paling banyak digunakan di dunia, baik pada perangkat komputer maupun perangkat mobile (seluler)
Genap 10 Tahun, Google Chrome Hadirkan Tampilan Dan Fitur Baru
Google Chrome Hadirkan Tampilan Dan Fitur Baru
Merayakan ulang tahun Chrome ke 10, Google mencoba membuat terobosan baru dengan melakukan perubahan besar pada browser "sejuta pengguna" tersebut. Diumumkan pada halaman resminya, Google merilis secara resmi perubahan tampilan Chrome yang baru, beserta tambahan sejumlah fitur baru yang diklaim mampu memberikan pengalaman baru dan akan lebih memudahkan penggunanya.

Lantas, apa saja yang berubah dari tampilan baru browser Chrome? Selanjutnya, fitur-fitur baru apa pula yang turut disematkan pada browser tersebut? Berikut ulasan selengkapnya.

Tampilan Baru Google Chrome

Disebutkan oleh Google dalam pengumumannya,   Chrome kini hadir dengan tampilan baru untuk semua platform, baik pada desktop (komputer), Android dan iOS. Lebih rinci dijelaskan, browser Chrome akan hadir dengan tampilan lebih sederhana dengan sudut lebih rounded (bundar). Tak hanya itu, Chrome juga akan dilengkapi dengan dengan ikon dan palet warna baru.

Sementara itu,  di Chrome versi mobile (seluler) sejumlah perubahan juga ditambahkan, misalnya saja dipindahkannya toolbar (bilah alat) ke bagian bawah layar tampilan Chrome pada perangkat iOS.

Fitur Baru Google Chrome

Selain dari segi tampilan, terdapat pula sejumlah fitur baru yang ditambahkan pada browser Google Chrome, diantaranya adalah:

Fitur Autofill yang Lebih Akurat
Fitur autofill merupakan fitur yang berfungsi mengisi kolom formulir secara otomatis. Nah, di Chrome versi baru, fitur autofill disempurnakan untuk bekerja makin cepat dan akurat ketika mengisi formulir password (kata sandi), alamat, bahkan dapat pula mengisi nomor kartu kredit yang telah disimpan pengguna di akun Google-nya.

Fitur Keamanan Password (Kata Sandi)
Guna membantu pengguna browser Chrome meningkatkan keamanan password (kata sandi) mereka, maka Google menambahkan fitur yang mampu menyarankan pilihan password (kata sandi) yang berbeda di setiap akun di situs berbeda pula, untuk menghindari ancaman pencurian akun akibat penggunaan password (kata sandi) yang sama.

Fitur Omnibox Lebih Lengkap dan Cepat
Fitur Omnibox di browser Chrome adalah gabungan fungsi bilah penelusuran dan bilah alamat yang menjadi satu pada kotak memasukkan kata kunci yang terletak pada bagian atas layar Chrome. Nah, pada Chrome versi terbaru, fitur tersebut bekerja lebih cepat dengan menampilkan saran hasil penelusuran yang lebih lengkap, seperti dimunculkannya informasi publik figur, acara olahraga, sampai dengan jawaban instan cuaca lokal atau terjemahan kata.

Selain fitur-fitur di atas, masih banyak lagi tambahan fitur baru pada browser Chrome, diantaranya adalah fitur shortcut (akses cepat) yang bisa ditambahkan langsung dari tab (bilah) baru, sampai dengan menambahkan gambar latar belakang.

Lalu bagaimana caranya untuk bisa mendapatkan tampilan baru browser Chrome dan semua fitur barunya? Sangat mudah, Anda hanya perlu melakukan update (pembaruan) browser Chrome di perangkat desktop atau update aplikasi Chrome yang terpasang di perangkat seluler milik Anda (Android dan iOS).

Advertisement

Posting Komentar

Jadi Sahabat Spesial Dengan Memberikan komentar Bermanfaat :) Berbagi Itu Indah :)

Kamu Bisa Memilih Salah Satu Jenis Komentar Blogger Atau Disqus :) Di Spesial Tips

Harap tidak menggunakan link aktif

 
Top