Advertisement
Google Rilis 'Dataset Search', Mesin Pencari Khusus Karya Ilmiah - Butuh informasi referensi data hasil karya ilmiah? Atau ingin mencari mencari data penunjang untuk melengkapi tulisan ilmiah Anda? Boleh jadi, sebagian besar orang akan mencoba terlebih dahulu mencarinya melalui layanan mesin pencari Google.
Google 'Dataset Search', Mesin Pencari Khusus Karya Ilmiah
Google 'Dataset Search', Mesin Pencari Khusus Karya Ilmiah
Sayangnya, untuk mendapatkan informasi yang benar-benar akurat tentang data karya ilmiah di mesin pencari Google tidak semudah yang dibayangkan. Setelah berjam-jam dihabiskan dan dengan menggunakan berbagai kata kunci, informasi yang dicari tak kunjung didapatkan, atau bahkan tak bisa diakses.

Melihat kendala ini, maka Google akhirnya membuat terobosan baru di layanan mesin pencarinya, dengan merilis mesin pencari baru bernama 'Dataset Search' yang digadang-gadang akan mampu membantu penggunanya yang membutuhkan informasi data-data karya ilmiah.

Berdasarkan informasi yang dikutip dari halaman resmi Google,  diungkapkan bila cara kerja mesin pencari baru 'Dataset Search' sebenarnya mirip dengan layanan Google Scholar yang mampu menyajikan informasi tentang kumpulan karya ilmiah dari berbagai sumber, baik situs penerbit, perpustakaan digital, atau halaman situs web pribadi yang menyertakan data karya ilmiah di dalamnya. Lebih jauh dijelaskan, mesin pencari 'Dataset Search' dikembangkan dengan alogaritma khusus Google agar dapat mendeteksi layanan web yang benar-benar kredibel dalam menyajikan data-data karya ilmiahnya.

Lalu, bagaimana caranya menggunakan mesin pencari Google Dataset Search? Tak jauh berbeda dengan layanan utama mesin pencari Google, Anda hanya perlu mengakses tautan resmi ini : g.co/datasetsearch. Selanjutnya, ketikan kata kunci yang mewakili pencarian data karya ilmiah apa yang ingin ditelusuri, dan tekan tombol pencarian. Sesaat kemudian, hasil pencarian akan memunculkan informasi kumpulan data karya ilmiah lengkap dengan tautan sumber situs web, informasi waktu data dibuat dan dipublikasikan, informasi penulis karya ilmiah, informasi lisensi data, sampai dengan deskripsi singkat tentang karya ilmiah yang memuat informasi data yang dicari.

Masih dari sumber yang sama, walaupun rilis awal layanan mesin pencari Google 'Dataset Search' masih dalam bentuk Beta, akan tetapi mesin pencari baru ini nantinya akan dilengkapi dengan berbagai fitur tambahan untuk melengkapi dan  membantu pengguna dalam proses pencarian informasi data. Salah satunya adalah fitur pencarian data dalam pilihan berbagai bahasa.


Nah, demikianlah informasi yang dapat Spesial Tips bagikan tentang dirilisnya mesin pencari baru Google 'Dataset Search'. Semoga sajian tersebut bisa bermanfaat bagi pembaca sekalian.

Advertisement

Posting Komentar

  1. mantap gan tulisannya. salam kenal. Googlehexa

    BalasHapus
  2. Pas nih untuk cara referensi skripsi

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya, betul banget mas. Setelah saya coba, ternyata banyak karya ilmiah berbahasa Indonesia yang bisa ditelusuri dengan mesin pencari ini (o)

      Hapus

Jadi Sahabat Spesial Dengan Memberikan komentar Bermanfaat :) Berbagi Itu Indah :)

Kamu Bisa Memilih Salah Satu Jenis Komentar Blogger Atau Disqus :) Di Spesial Tips

Harap tidak menggunakan link aktif

 
Top