Advertisement
Instagram Rilis Tiga Fitur Baru Ini Untuk Melindungi Penggunanya - Menjaga keamanan dan privasi pengguna menjadi perhatian khusus Instagram. Setelah beberapa waktu belakangan beredar kabar maraknya peretasan  akun Instagram, akhirnya layanan media sosial berbagi gambar dan video tersebut mulai membuat langkah nyata, dengan merilis 3 (tiga) fitur baru yang khusus dibuat untuk melindungi penggunanya dari ancaman pencurian akun dan penipuan.
Tiga Fitur Baru Instagram Untuk Melindungi Penggunanya
Tiga Fitur Baru Instagram Untuk Melindungi Penggunanya
Berdasarkan informasi yang dikutip dari halaman resmi Instagram, dikabarkan bila saat ini Instagram telah merilis tiga fitur penting yang mampu melindungi akun para penggunanya. Apa  dan bagaimana fungsi ketiga fitur baru tersebut? Dan bagaimana pula cara menggunakannya? Berikut ulasan selengkapnya.

1. Fitur About This Account

Disebutkan dalam rilisnya, fitur About This Account (Tentang Akun Ini) adalah fitur yang memudahkan pengguna untuk mengecek keaslian akun Instagram yang ingin diikutinya. Fitur baru About This Account berfungsi memberikan sejumlah informasi dasar akun yang disoroti kepada pengguna, diantaranya adalah informasi waktu dibuatnya akun, informasi lokasi (negara) akun tersebut berada, sampai dengan informasi perubahan nama akun.

Cara Menggunakan Fitur Baru Instagram 'About This Account'
  • Untuk memunculkan informasi sebuah akun yang terangkum dalam fitur 'About This Account' maka pengguna perlu terlebih dahulu melakukan pembaruan aplikasi Instagram. 
  • Selanjutnya, akses profil akun yang ingin ditinjau
  • Buka pilihan menu
  • Terakhir, lakukan cari dan lakukan tap pada pilihan bertuliskan 'About This Account' (Tentang Pilihan Ini).
    Fitur About This Account
    Fitur About This Account Instagram

2. Fitur Formulir Permintaan Lencana Verifikasi Akun (Tanda Centang Biru)

Guna memastikan keaslian sebuah akun, khususnya akun dengan jumlah pengikut (followers) besar, maka lencana verifikasi yang ditandai dengan tanda centang biru pada nama akun, tentunya bisa menjadi petunjuk utama bagi para pengguna Instagram.

Nah, berkaitan dengan hal tersebut, Instagram merilis fitur baru berupa fitur formulir permintaan lencana verifikasi baru yang disematkan langsung ke dalam aplikasi.

Cara Menggunakan Fitur Baru Formulir Permintaan Lencana Verifikasi Akun
Untuk mengakses formulir permintaan lencana verifikasi akun, maka langkah yang perlu dilakukan adalah:
  • Buka profil akun Instagram
  • Lakukan tap pada ikon menu
  • Langkah berikutnya, akses pilihan 'Settings' (Pengaturan)
  • Selanjutnya, pilih tombol 'Request Verification' (Permintaan Verifikasi)
  • Terakhir, isi data pada formulir permintaan verifikasi.
    Fitur Formulir Permintaan Lencana Verifikasi Akun (Tanda Centang Biru)
    Fitur Formulir Permintaan Lencana Verifikasi Akun
Perlu diperhatikan setelah melakukan permintaan verifikasi akun, maka pengguna perlu menunggu proses peninjauan dari Instagram. Selanjutnya, pengguna akan menerima pemberitahuan terkait diterima atau ditolaknya verifikasi akun.

3. Fitur Dukungan Otentikasi Dari Aplikasi Pihak Ketiga

Fitur baru ketiga adalah fitur dukungan otentifikasi dari pihak ketiga, yaitu kemampuan untuk membuka dan masuk ke akun Instagram melalui layanan aplikasi pihak ketiga. Misalnya saja pengguna ingin membuka akun Instagram, maka ia bisa saja membukanya melalui aplikasi pihak ketiga, tanpa harus melakukan proses login kembali.

Cara Menggunakan Fitur Otentikasi Dari Aplikasi Pihak Ketiga
Agar aplikasi pihak ketiga dapat menjadi sarana otentikasi kepemilikan akun, maka pengguna perlu terlebih dahulu memasukkan aplikasi pihak ketiga yang terpasang di smartphone untuk dimasukkan ke dalam daftar otentikasi dua langkah di Instagram. Berikut cara melakukannya.
  • Buka aplikasi Instagram
  • Masuk ke profil akun
  • Lakukan tap pada ikon menu
  • Pilih 'Settings' (Pengaturan)
  • Selanjutnya, cari dan akses pilihan 'Two-Factor Authentication' (Otentikasi Dua Langkah)
  • Langkah berikutnya, tap pada pilihan 'Authentication App' (Aplikasi Otentikasi) dan pilih aplikasi pihak ketiga yang terpasang, contohnya seperti aplikasi Facebook
  • Selanjutnya, secara otomatis pihak Instagram akan mengirimkan kode rahasia ke aplikasi pihak ketiga yang telah didaftarkan
  • Salin kode rahasia tersebut, dan tempelkan ke kolom memasukkan kode di Instagram
    Fitur Otentikasi Dari Aplikasi Pihak Ketiga Di Instagram
    Fitur Otentikasi Dari Aplikasi Pihak Ketiga Di Instagram
Nah, setelah proses tersebut selesai, maka selanjutnya pengguna bisa melakukan otentikasi secara otomatis dari aplikasi pihak ketiga, untuk masuk dan membuka aplikasi Instagram.

Sebagai informasi tambahan, khusus untuk fitur formulir lencana verifikasi, Instagram memprioritaskan kepada pengguna dengan jumlah followers (pengikut) yang besar dan kelengkapan data pada akun tersebut. Perlu diketahui pula bahwa ketiga fitur baru ini, akan didistribusikan secara bertahap kepada para pengguna Instagram dalam beberapa minggu ke depan.


Demikianlah informasi yang dapat Spesial Tips bagikan tentang kehadiran tiga fitur baru Instagram. Semoga sajian tersebut bisa bermanfaat bagi sahabat pembaca sekalian.

Advertisement

Posting Komentar

Jadi Sahabat Spesial Dengan Memberikan komentar Bermanfaat :) Berbagi Itu Indah :)

Kamu Bisa Memilih Salah Satu Jenis Komentar Blogger Atau Disqus :) Di Spesial Tips

Harap tidak menggunakan link aktif

 
Top