Advertisement
Deretan Fitur Unggulan Android 9 Pie - Setelah sekian lama menjadi teka-teki, akhirnya Google secara resmi menamai sistem operasi terbarunya, yaitu Android P menjadi "Android 9 Pie".
'Android 9 Pie' Resmi Dirilis, Apa Saja Fiturnya?
Deretan Fitur Unggulan Android 9 Pie 
Berdasarkan informasi yang dikutip dari halaman resmi Google, diumumkan bahwa versi final Android 9 Pie menghadirkan penyegaran tampilan dan fitur baru yang lebih canggih dibandingkan dengan jenis Android pendahulunya. Diungkapkan pula oleh Google, Android 9 Pie hadir dengan membawa teknologi Artificial Intelligence (AI), sampai dengan peningkatan fitur keamanan.

Ingin tahu lebih lengkap apa saja fitur-fitur unggulan yang ada di sistem operasi Android 9 Pie? Berikut ulasan selengkapnya.

Fitur-fitur Unggulan Android 9 Pie

Fitur Adaptive Battery
Android 9 Pie dirancang dengan fitur Adaptive Battery yang bekerja dengan teknologi machine learning. Kelebihan fitur ini mampu memprioritaskan konsumsi daya baterai pada aplikasi dan layanan yang cenderung lebih sering digunakan.
Fitur Adaptive Battery Android 9 Pie
Fitur Adaptive Battery Android 9 Pie

Fitur Adapative Brightness
Fitur baru lainnya yang hadir di Android 9 Pie adalah Adaptive Brightness, yaitu fitur yang memungkinkan perangkat secara otomatis mengatur dan menyesuaikan kecerahan layar berdasarkan keadaan lingkungan serta aktivitas penggunanya.

Fitur App Actions
Dalam rilisnya, Android 9 Pie disebutkan pula memiliki fitur App Actions. Fitur anyar ini pada dasarnya adalah fitur akses cepat (shortcut) yang bekerja memunculkan prediksi pilihan aplikasi dan layanan berdasarkan kebiasaan pengguna di layar utama.
Fitur App Actions Android 9 Pie
Fitur App Actions Android 9 Pie
Fitur Wind Down
Setelah sebelumnya dihadirkan pada Android P versi Beta, maka fitur canggih berteknologi AI bernama Wind Down juga dibenamkan pada sistem operasi Android 9 Pie. Memiliki cara kerja yang unik, fitur Wind Down akan menyesuaikan tampilan layar ke mode malam secara otomatis saat berada pada keadaan lingkungan yang gelap.

Selain fitur-fitur yang telah disebutkan di atas, masih banyak lagi fitur canggih yang dihadirkan Google pada sistem operasi Android 9 Pie. Misalnya saja fitur yang memungkinkan pengguna untuk melihat informasi waktu penggunaan smartphone, sampai dengan fitur pengingat untuk menetapkan notifikasi batas waktu penggunaan aplikasi.

Masih dari sumber yang sama, diumumkan pula oleh Google bila Android 9 Pie telah dapat dipasang melalui over-the-air (OTA) update. Hanya saja, tak jauh berbeda dengan rilis Android versi terbaru sebelumnya, Android 9 Pie sementara ini hanyat dipasang pada perangkat ponsel Pixel saja.

Tapi tak perlu khawatir, karena nantinya sistem operasi Android 9 Pie juga akan dapat dinikmati oleh pengguna pada jenis perangkat ponsel lain (Sony Xperia XZ2, OnePlus 6, Xiaomi Mi Mix 2S, Nokia 7 Plus, Oppo R15 Pro, Vivo X21) yang sebelumnya telah memasang Android P versi Beta.

Demikianlah informasi tentang rilis Android 9 Pie dan fitur-fitur yang dimilikinya. Semoga sajian tersebut bisa bermanfaat bagi sahabat pembaca Spesial Tips sekalian.

Advertisement

Posting Komentar

Jadi Sahabat Spesial Dengan Memberikan komentar Bermanfaat :) Berbagi Itu Indah :)

Kamu Bisa Memilih Salah Satu Jenis Komentar Blogger Atau Disqus :) Di Spesial Tips

Harap tidak menggunakan link aktif

 
Top