Advertisement
Penunjuk Arah Aplikasi Google Maps Mendadak "Ngawur"? Begini Cara Mudah Mengatasinya - Bukan hal baru lagi bila kini aplikasi Google Maps menjadi aplikasi penunjuk arah paling populer dan disukai oleh pengguna smartphone di seluruh dunia. Selain karena kelengkapan fitur dan data peta yang komplit, aplikasi Google Maps disebut-sebut pula memiliki tingkat akurasi tinggi untuk urusan menunjukkan lokasi dan arah penggunanya.
Penunjuk Arah Aplikasi Google Maps Mendadak "Ngawur"? Begini Cara Mudah Mengatasinya
Cara Mudah Mengatasi Masalah Penunjuk Arah Aplikasi Google Maps
Namun, dibalik kecanggihan dan keakuratan aplikasi Google Maps, tak sedikit pengguna smartphone yang justru mengalami masalah dengan penunjuk arah pada layanan tersebut, dimana arah penunjuk arah yang ditandai dengan panah segitiga berwarna biru menunjukkan arah yang tidak sesuai dengan posisi si pengguna. Menyikapi masalah ini, perlu diketahui bila "ngawur-nya" penunjuk arah bersumber pada magnometer smartphone dan bukanlah dikarenakan kesalahan atau gangguan pada aplikasi, ini pula sebabnya melakukan restart aplikasi ataupun smartphone tak banyak membantu untuk mengatasi masalah tersebut.

Lantas, bagaimana cara mengatasi gangguan pada penunjuk arah di aplikasi Google Maps? Mencari tahu pemecahan masalah ini, maka berdasarkan informasi yang dikutip dari halaman bantuan resmi Google, diketahui bila Anda dapat mengatasinya dengan melakukan kalibrasi kompas smartphone. Apa dan bagaimana cara melakukan kalibrasi kompas smartphone tersebut? Berikut ulasan selengkapnya

Sebelum membahas cara kalibrasi kompas smartphone, ada baiknya kita ketahui terlebih dahulu apa itu kalibrasi. Secara umum, kalibrasi adalah upaya atau kegiatan untuk menentukan kebenaran sebuah alat ukur hingga dapat menunjukkan nilai ukur yang sesuai dengan acuan terserifikasi. Tentunya, untuk masalah kalibrasi kompas smartphone, maka upaya penentuan kebenaran nilai ukur yaitu penunjuk arah disesuaikan dengan standar layanan aplikasi Google Maps.

Melangkah ke pembahasan selanjutnya, maka kalibrasi kompas smartphone bisa dilakukan dengan dua cara berikut:

Cara Pertama
  • Buka aplikasi Google Maps
  • Pegang smartphone dalam keadaan normal, yaitu posisi smartphone berdiri tegak dan layar menghadap ke arah Anda.
  • Selanjutnya lakukan langkah memiringkan bagian atas smartphone ke arah depan dan ke belakang.
  • Setelah langkah tersebut, kembalikan posisi smartphone ke keadaan awal.
  • Langkah selanjutnya hadapkan posisi layar smartphone ke arah kanan dan kiri, dalam keadaan smartphone  tetap tegak berdiri, laku kembalikan posisi smartphone kembali ke keadaan awal.
  • Terakhir, gerakkan sisi bagian atas ponsel ke arah kanan dan kiri dengan arah layar masih menghadap ke arah Anda (seperti mengubah ke mode landscape)
Cara Kedua
Perlu diketahui, cara kalibrasi kompas smartphone yang kedua ini merupakan cara yang disarankan oleh Google sendiri bagi pengguna aplikasi Google Maps.
Cara Kalibrasi Kompas Smartphone
Cara Kalibrasi Kompas Smartphone
  • Langkah pertama buka aplikasi Google Maps
  • Selanjutnya Anda perlu menggerakkan smartphone dengan gerakan menyerupai angka 8. 
  • Lakukan langkah ini selama beberapa kali, sampai arah kompas benar-benar telah sesuai dengan arah penunjuk arah di layanan Google Maps.
  • Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar disamping.


Dari beberapa hasil ujicoba, umumnya dengan menggunakan cara pertama dan kedua kalibrasi kompas smartphone perlu dilakukan berkali-kali agar penunjuk arah di aplikasi Google Maps bisa menunjukkan arah yang benar.

Demikianlah informasi dari SpesialTips! tentang cara kalibrasi kompas smartphone untuk mengatasi masalah pada penunjuk arah layanan aplikasi Google Maps. Semoga sajian tersebut bisa bermanfaat bagi sahabat pembaca sekalian.

Advertisement

Post a Comment Blogger Disqus

  1. Klo sy biasanya di closed dulu aplikasinya sebentar. Lalu buka lg dan lakukan seperti petunjuk diatas :D
    dijamin lebih akurat ^^

    ReplyDelete

Jadi Sahabat Spesial Dengan Memberikan komentar Bermanfaat :) Berbagi Itu Indah :)

Kamu Bisa Memilih Salah Satu Jenis Komentar Blogger Atau Disqus :)

Harap tidak menggunakan link aktif ...

 
Top