Advertisement
Empat Masalah yang Paling Sering Dialami Pengguna Sistem Operasi Android Nougat dan Cara Mengatasinya - Mungkin belum banyak pengguna ponsel Android di Indonesia yang telah memperbarui sistem operasi di ponselnya dengan menggunakan sistem operasi Android terbaru, yaitu Android Nougat (7.0 dan 7.1). Namun, belajar melalui pepatah lama "mencegah lebih baik dari pada mengobati," maka tentunya mengenali masalah yang sering muncul saat menggunakan sistem operasi Android Nougat di ponsel tentunya akan menjadi cara terbaik untuk menambah pengetahuan, apalagi bagi Anda yang telah atau berniat menggunakan sistem operasi Android Nougat di ponsel kesayangan.
Empat Masalah Umum di Android Nougat dan Cara Mengatasinya
Empat Masalah Umum di Android Nougat dan Cara Mengatasinya
Nah, berkaitan dengan hal yang telah disebutkan di atas, sekaligus untuk menambah pengetahuan sahabat pembaca sekalian, maka pada kesempatan kali ini redaksi Spesial Tips akan mencoba berbagi informasi, tentang beberapa masalah umum yang paling sering dialami pengguna sistem operasi Android Nougat dan cara untuk mengatasinya. Apa saja masalah tersebut dan bagaimana cara mengatasinya? Berikut ulasan selengkapnya.


1. Masalah pada fitur Ambient Display
Salah satu masalah umum yang paling sering dihadapi oleh pengguna ponsel dengan sistem operasi Android Nougat yaitu fitur Ambient Display, yang terkadang tak bekerja. Perlu diketahui, fitur Ambient Display adalah sebuah fitur yang memungkinkan layar ponsel secara otomatis untuk menyala dan menunjukkan tampilan singkat sebuah pesan.

Cara mengatasinya: Cara yang bisa kita coba untuk mengatasi masalah tak bekerjanya fitur Ambient Display pada ponsel Android Nougat, yaitu dengan melakukan factory reset (mengembalikan seluruh pengaturan kembali ke pengaturan awal/pabrik), yaitu dengan masuk ke Settings → Backup & reset → Factory data reset → Reset phone. Namun, bila cara ini tidak berhasil, Anda juga bisa menggunakan tambahan aplikasi pihak ketiga bernama Ambi-Turner.

2. Masalah pada sambungan Bluetooth
Berdasarkan informasi dari berbagai sumber, disebutkan bahwa pada beberapa jenis ponsel tertentu, seperti Nexus dan Pixel yang tentunya telah menggunakan sistem operasi Android Nougat terkadang mengalami masalah pada sambungan bluetooth, dimana beberapa kasus menunjukkan pengguna kesulitan untuk melakukan sambungan (pairing) dengan ponsel lainnya, sambungan bluetooth yang tiba-tiba terputus.

Cara mengatasinya: Umumnya masalah sambungan bluetooth tersebut dialami oleh pengguna sistem operasi Android Nougat versi 7.0, disarankan untuk melakukan update (pembaruan) versi terbaru Android Nougat, yaitu versi 7.1. Namun, bila belum memungkinkan untuk melakukan pembaruan, maka bisa juga dengan mencoba melakukan factory reset.

3. Masalah saat menggunakan kamera
Kendala lainnya yang juga kerap dialami oleh pengguna ponsel dengan sistem operasi Android Nougat adalah saat menggunakan kamera, dimana aplikasi kamera macet ketika dibuka dan hanya menunjukkan garis vertikal berwarna merah muda dan ungu.

Cara mengatasinya: Ada beberapa cara yang bisa dicoba untuk mengatasi masalah pada kamera tersebut, diantaranya:

  • Melakukan reboot ponsel, yaitu dengan mematikan dan menyalakannya kembali.
  • Kemungkinan masalah pada konektivitas jaringan, sehingga disarankan untuk mencoba menjalankan kamera menggunakan airplane mode atau dengan menonaktifkan fungsi lokasi.
  • Cara lainnya bisa juga dengan menggunakan aplikasi kamera pihak ketiga.
4. Masalah pada daya baterai yang cepat habis
Umumnya setelah melakukan pembaruan dari sistem operasi lama ke sistem operasi Android Nougat, maka pengguna akan menghadapi masalah pada daya baterai yang lebih cepat habis.

Cara mengatasinya: Untuk mengatasi masalah pada daya baterai pada sistem operasi Android Nougat, Anda bisa mencoba melakukan optimasi baterai, yaitu dengan masuk ke Settings Battery → Pilih bagian yang ditandai dengan tiga titik dibagian pojok kanan atas → Pilih Battery optimatizion → Pilih lagi bagian yang ditunjukkan dengan tanda tiga titik → Lalu pilih dan lakukan Reset app preferences.

Demikian informasi tentang empat masalah umum di Android Nougat dan cara mengatasinya, yang bisa Spesial Tips bagikan kali ini. Semoga sajian tersebut bisa menjadi tambahan pengetahuan yang bermanfaat bagi sahabat pembaca sekalian.
Advertisement

Post a Comment Blogger Disqus

Jadi Sahabat Spesial Dengan Memberikan komentar Bermanfaat :) Berbagi Itu Indah :)

Kamu Bisa Memilih Salah Satu Jenis Komentar Blogger Atau Disqus :)

Harap tidak menggunakan link aktif ...

 
Top