Advertisement
Efek Mengerikan Kecanduan Menggunakan Gadget Pada Anak, Mampu Sebabkan Depresi, Kecemasan, Hingga Gangguan Psikotik - Bukan hal baru lagi bila menyebut kebiasaan menggunakan gadget, seperti smartphone atau tablet, pada anak dapat berdampak membuat anak mengalami efek adiktif (kecanduan) dengan perangkat tersebut. Sayangnya, masih banyak orangtua yang masih mengabaikan kenyataan ini, padahal telah banyak fakta yang menunjukkan dampak negatif anak yang menderita kecanduan menggunakan gadget, dari gangguan tidur, menurunkan kemampuan menulis, hingga masalah lainnya yang berhubungan dengan tumbuh kembang mereka.
Efek Mengerikan Kecanduan Menggunakan Gadget Pada Anak
Efek Mengerikan Kecanduan Menggunakan Gadget Pada Anak
Berhubungan dengan dampak negatif gadget yang menimbulkan efek kecanduan pada anak, ternyata terdapat sebuah fakta menyeramkan lainnya yang perlu untuk kita ketahui. Berdasarkan informasi yang dikutip redaksi SpesialTips! dari New York Post, diketahui bahwa kecanduan menggunakan gadget pada anak, juga mampu mengakibatkan anak lebih berisiko menderita masalah kesehatan otak yang lebih serius.

Dari hasil penelitian terbaru dengan menggunakan metode pencitraan otak anak-anak yang sering menggunakan gadget sehari-hari, menunjukkan bahwa efek kebiasaan menggunakan gadget mampu memengaruhi fungsi frontal cortex (bagian pada otak besar manusia) dan kemampuan kontrol. Bahkan lebih spesifik diungkapkan, dampak gadget bagi otak anak, mampu memicu dopamin  ke tingkat level sangat tinggi. Tidak heran, bila banyak orang tua yang mendapati anak lebih banyak menghabiskan waktu untuk memainkan gadget mereka dan justru menjadi gelisah bahkan menangis sejadi-jadinya ketika waktu menggunakan gadget dikurangi.

Selain penelitian tersebut, terdapat ratusan penelitian lainnya yang juga berhasil membuktikan bahwa efek kecanduan gadget, mengakibatkan masalah depresi, kecemasan, tingkat agresivitas yang lebih tinggi, bahkan juga mengakibatkan gangguan psikotik.


Parahnya lagi, bagi anak-anak yang telah masuk pada batas kecanduan teknologi, seperti pada gadget, maka pengobatan untuk mengatasi masalah tersebut akan menjadi lebih sulit. Bahkan, menurut beberapa para ahli, justru lebih mudah untuk mengobati pecandu yang disebabkan karena zat-zat tertentu, dibanding mengobati mereka yang kecanduan memainkan game atau kecanduan menggunakan Facebook melalui gadget.

Mengerikan bukan? Oleh sebab itu disarankan pula oleh para ilmuwan cara terbaik untuk mengatasi efek kecanduan gagdet adalah dengan melakukan langkah pencegahan, yaitu menjauhkan anak dari kebiasaan menggunakan gadget.

Demikianlah informasi tentang efek mengerikan kecanduan gadget bagi anak. Semoga informasi tersebut dapat menjadi tambahan pengetahuan yang bermanfaat bagi sahabat pembaca SpesialTips! sekalian.
Advertisement

Post a Comment Blogger Disqus

Jadi Sahabat Spesial Dengan Memberikan komentar Bermanfaat :) Berbagi Itu Indah :)

Kamu Bisa Memilih Salah Satu Jenis Komentar Blogger Atau Disqus :)

Harap tidak menggunakan link aktif ...

 
Top