Advertisement
Ternyata Kebiasaan Menggunakan Layar Sentuh (Touch screen) Dapat Berdampak Negatif Bagi Kemampuan Menulis Anak - Kemunculan teknologi layar sentuh atau touch screen, mungkin bisa memberikan banyak kemudahan bagi kita dalam menggunakan perangkat smartphone dan tablet. Namun, tahukah Anda bahwa ternyata layar sentuh pada gadget tersebut dapat membawa dampak negatif pada anak-anak kita, khususnya bagi kemampuan menulis anak.
Dampak Menggunakan Layar Sentuh Bagi Kemampuan Menulis Anak
Dampak Menggunakan Layar Sentuh Bagi Kemampuan Menulis Anak
Tak dapat dipungkiri, selain membaca dan berhitung, kemampuan menulis dengan tangan akan sangat penting artinya bagi anak, sayangnya kemampuan ini akan dapat terganggu akibat kebiasaan menggunakan gadget dengan teknologi layar sentuh. 

Hal ini diketahui berdasarkan informasi yang dikutip dari ABC News, yang mengabarkan hasil tes National Assessment Program – Literacy and Numeracy (NAPLAN) terhadap para siswa di seluruh tingkatan sekolah di Australia, berkaitan dengan kebiasaan menggunakan layar sentuh dan keyboard komputer, didapati sebuah fakta mengejutkan, dimana sebagian besar diantara para siswa mengalami penurunan kemampuan dan kesulitan ketika menulis menggunakan pensil. Penurunan kemampuan menulis anak akibat kebiasaan menggunakan layar sentuh, mendapati bahwa secara umum, penurunan hasil tes menulis paling signifikan ditunjukkan pada siswa tahun ketujuh dan kesembilan.

Diungkapkan oleh Katrina Davies selaku ahli terapis okupasi pediatri terkait alasan mengapa hal tersebut bisa terjadi, karena besar kemungkinan anak-anak tersebut mengalami penurunan kekuatan serta ketrampilan motorik, untuk memegang alat tulis, seperti pensil. Bahkan, ditambahkan pula olehnya, dari hasil tes menunjukkan bahwa sebagian besar diantara mereka memegang pensil, seperti layaknya menggenggam pisau, yaitu dengan genggaman penuh.

Disebutkan pula olehnya, cara memegang pensil pada anak-anak usia sekolah seharusnya sudah berubah, menjadi cara memegang pensil yang disebut dengan genggaman tripod, sebagai cara yang benar untuk memegang alat tulis seperti pensil atau pena.
Genggaman Tripod
Contoh Gambar Genggaman Tripod
Selain itu, kebiasaan menggunakan layar sentuh (touch screen) pada gadget, dapat mengakibatkan perubahan pada jari dominan, baik bagi anak maupun orang dewasa. Perubahan jari dominan, juga dianggap sebagai salah satu penyebab terbesar mengapa anak-anak mengalami kesulitan dalam menulis dengan pensil.


Demikianlah informasi singkat tentang dampak negatif kebiasaan menggunakan layar sentuh, bagi kemampuan menulis anak. Semoga bermanfaat bagi sahabat pembaca SpesialTips! sekalian.
Advertisement

Post a Comment Blogger Disqus

  1. bener nih... sebelum nulis dulu aku diajarin dulu orat oret.. cara megangin pensil hi2

    teknologi emang memudahkan..tapi ttp ada kekurangannya..

    ReplyDelete

Jadi Sahabat Spesial Dengan Memberikan komentar Bermanfaat :) Berbagi Itu Indah :)

Kamu Bisa Memilih Salah Satu Jenis Komentar Blogger Atau Disqus :)

Harap tidak menggunakan link aktif ...

 
Top