Advertisement
Mengenali 10 Gejala Penyakit Fibromyalgia yang Jarang Diketahui - Terus menerus merasakan nyeri pada hampir semua bagian tubuh? Hati-hati, boleh jadi Anda sedang mengalami fibromyalgia. Mungkin terdengar asing, namun penyakit fibromyalgia termasuk penyakit yang dapat dialami oleh siapa saja, termasuk diantaranya adalah anak-anak.
Mengenali 10 Gejala Penyakit Fibromyalgia yang Jarang Diketahui
Mengenali 10 Gejala Penyakit Fibromyalgia yang Jarang Diketahui
Sebelum membahas lebih jauh tentang gejala penyakit fibromyalgia, ada baiknya kita ketahui terlebih dahulu apa itu penyakit fibromyalgia sebenarnya. Berdasarkan informasi yang dikutip dari berbagai sumber, penyakit fibromyalgia adalah kondisi rasa nyeri atau sakit di seluruh bagian tubuh, khususnya pada bagian otot dan sendi yang sifatnya kronis atau telah berjalan dalam jangka panjang.

Telah disebutkan bahwa penyakit fibromyalgia dapat diderita oleh siapa saja, namun secara umum penyakit ini lebih sering diderita oleh mereka yang berusia diantara 30 hingga 50 tahun. Selain itu, wanita merupakan orang yang paling berpotensi untuk menderita penyakit fibromyalgia ini.

Sering disebut juga sebagai sindrom fibromyalgia, penyakit yang ditandai dengan rasa nyeri ini juga memiliki gejala lain yang lebih spesifik dan jarang diketahui oleh banyak orang. Berdasarkan informasi yang dikutip dari prevention.com, setidaknya ada 10 gejala yang dapat dikenali sebagai penanda seseorang sedang menderita penyakit fibromyalgia. Apa saja kesepuluh tanda penyakit tersebut? Berikut ulasan selengkapnya.

1. Rasa nyeri pada otot
Salah satu gejala penyakit fibromyalgia adalah rasa nyeri atau sakit pada otot, khususnya pada kelompok otot yang sering digunakan, seperti nyeri otot paha dan kaki, bahu atas, dan lengan disertai dengan rasa seperti tertusuk-tusuk.

2. Nyeri seperti terbakar
Gejala fibromyalgia lainnya yang membedakan dengan nyeri atau pun pegal-pegal adalah sensasi rasa nyeri seperti terbakar.

3. Kelelahan
Selain rasa nyeri, fibromyalgia juga kerap ditandai dengan rasa lelah yang terasa dalam jangka waktu lama.

4. Sulit tidur
Gejala lain yang menandai seseorang menderita penyakit fibromyalgia adalah masalah sulit tidur, seperti perasaan tidak nyaman saat ingin tidur akibat rasa nyeri, tiba-tiba terbangun dan sulit untuk tidur kembali.

5. Menjadi sensitif terhadap beberapa kondisi
Hal lain yang menjadi gejala penyakit fibromyalgia adalah perubahan kondisi yang membuat si penderita makin sensitif terhadap kondisi tertentu, seperti cahaya yang terlalu terang, sentuhan yang bisa berubah menjadi nyeri, hingga sensitif terhadap suara.

6. Depresi
Tanda lain yang datang dengan gejala nyeri kronis yang dialami oleh penderita penyakit fibromyalgia adalah depresi, seperti tiba-tiba merasa sedih, merasa cemas, hingga rasa senang yang dapat tiba-tiba hilang.

7. Gangguan pada kulit
Tak jarang penyakit fibromyalgia, juga ditandai dengan gangguan pada kulit seperti pembengkakan, jerawat, dan munculnya benjolan merah di kulit.

8. Sulit berkonsentrasi
Salah satu akibat rasa nyeri yang datang terus menerus disekujur tubuh, dapat pula menyebabkan penderita penyakit fibromyalgia menjadi sulit untuk berkonsentrasi dan mengurangi kemampuan mengingat.

9. Sakit kepala
Tanda lain seseorang yang menderita penyakit fibromyalgia adalah ketegangan yang menimbulkan sakit kepala berulang atau bahkan migrain.

10. Masalah keseimbangan
Gejala terakhir yang cenderung dialami pula oleh pengidap fibromyalgia yaitu masalah keseimbangan, dimana pada dalam waktu tertentu penderita akan mengalami kesulitan untuk menyeimbangkan tubuh saat berjalan.

Perlu diketahui pula bahwa hingga kini belum ada satu pun ahli kesehatan yang bisa menentukan secara pasti penyebab dari penyakit fibromyalgia. Namun, secara umum penyakit nyeri kronis di sekujur tubuh ini diduga karena kelelahan, akibat kurang istirahat.


Demikianlah informasi tentang 10 gejala penyakit fibromyalgia yang jarang diketahui. Semoga informasi tersebut dapat menjadi tambahan pengetahuan yang bermanfaat bagi sahabat SpesialTips! sekalian.

Advertisement

Post a Comment Blogger Disqus

Jadi Sahabat Spesial Dengan Memberikan komentar Bermanfaat :) Berbagi Itu Indah :)

Kamu Bisa Memilih Salah Satu Jenis Komentar Blogger Atau Disqus :) Di Spesial Tips

Harap tidak menggunakan link aktif

 
Top