Advertisement
Mengapa Game Pokemon Go Bisa 'Booming' di Dunia? Begini Penjelasan Para Ahli Psikologi - Demam game Pokemon Go, mungkin inilah ungkapan yang tepat untuk menyebutkan kesuksesan game yang diadaptasi dari serial animasi Pokemon, menjadi booming di dunia. Bahkan karena kepopulerannya, telah banyak pengguna smartphone di Indonesia yang sedikit 'memaksa' agar dapat memainkan game Pokemon Go, padahal game yang sebelumnya hanya dirilis untuk beberapa negara tertentu, belum tersedia secara resmi di Indonesia.
Mengapa Game Pokemon Go Bisa 'Booming' di Dunia? Begini Penjelasan Para Ahli Psikologi
Mengapa Game Pokemon Go Bisa 'Booming' di Dunia?
Begini Penjelasan Para Ahli Psikologi
Berdasarkan informasi yang dikutip dari Wikipedia, game Pokemon Go adalah game mobile gratis berbasis Augmented Reality (AR) yang dimainkan melalui perangkat iOS dan Android. Game Pokemon Go merupakan sebuah permainan yang mengijinkan para pemainnya untuk mencari, menangkap, dan melatih tokoh monster Pokemon maya yang dimunculkan pada dunia nyata, melalui layar smartphone.

Membahas lebih jauh tentang boomingnya game Pokemon Go, mungkin terdapat diantara pembaca SpesialTips! sekalian yang bertanya-tanya, mengapa game yang dimainkan melalui smartphone tersebut bisa begitu disukai dan membuat pemainnya ketagihan untuk mengumpulkan dan melatih tokoh-tokoh monster Pokemon?

Guna menjawab pertanyaan di atas, dilansir dari Time para ahli Psikologi mengungkapkan alasan di balik boomingnya game Pokemon Go. Adalah dorongan nostalgia atau kenangan manis, khususnya dengan tokoh-tokoh di serial animasi Pokemon. Disebutkan bahwa nostalgia bisa menjadi kekuatan yang mampu memikat secara pemain game tersebut terhadap sebuah pengalaman baru, namun terkesan lebih akrab.

Dijelaskan oleh Dr. Jamie Madigan, selaku psikolog dan juga penulis buku Getting Gamers: The Psychology of Video Games and Their Impact on People Who Play Them, jika kenangan manis atau nostalgia hadir saat memainkan sebuah game, maka keadaan ini akan membangkitkan emosi positif pemainnya.  Senada dengan pendapat tersebut, Dr. Clay Routledge, seorang ahli psikologi dari North Dakota State University, yang juga telah mempelajari tentang efek psikologi dari nostalgia selama 10 tahun mengungkapkan, bahwa fenomena Pokemon Go mampu membuat orang untuk mendapatkan teman baru karena kenangan yang sama.

Selain alasan tersebut, berdasarkan informasi yang dikutip dari LiveScience, teknologi pada game Pokemon Go pula lah yang menjadi latar belakang mengapa game ini bisa menjadi begitu booming. Seperti yang telah disebutkan di atas, game Pokemon Go mengusung teknologi Augmented Reality (AR) yaitu teknologi yang mengombinasikan benda yang bersifat maya dengan lingkungan nyata serta memproyeksikannya dalam satu waktu yang sama. Hal ini, juga dibenarkan oleh seorang ahli psikologi, sekaligus direktur  Media Psychology Research Center, Dr. Pamela Rutledge. Disebutkan olehnya, Bagian dari kesuksesan game tersebut adalah kecanggihan pencampuran dari dunia nyata dan dunia maya, serta perpaduan pengalaman game dengan aktivitas fisik yang nyata dan sosialisasi di dunia yang nyata pula.

Nah, jelas bukan mengapa game Pokemon Go bisa menjadi booming seperti sekarang. Lantas, apakah Anda memiliki pendapat yang sama?

Demikianlah informasi tentang alasan dibalik boomingnya game Pokemon Go di dunia. Semoga informasi tersebut bisa menjadi tambahan pengetahuan yang bermanfaat bagi sahabat pembaca SpesialTips! sekalian.

Advertisement

Post a Comment Blogger Disqus

Jadi Sahabat Spesial Dengan Memberikan komentar Bermanfaat :) Berbagi Itu Indah :)

Kamu Bisa Memilih Salah Satu Jenis Komentar Blogger Atau Disqus :)

Harap tidak menggunakan link aktif ...

 
Top