Advertisement
Alasan Ilmiah Mengapa Kita Tidak Perlu Terobsesi Untuk Punya Ratusan Teman Di Facebook - Apakah Anda termasuk pengguna Facebook yang terobsesi dengan jumlah teman di media sosial online tersebut? Bila ya, maka mungkin mulai kini Anda perlu membuang jauh obsesi Anda tersebut, pasalnya berdasarkan temuan para ilmuwan, hal tersebut tak terlalu banyak membawa manfaat, untuk memperoleh teman sejati, karena otak manusia hanya mampu mengatasi tak lebih dari empat teman saja.
Alasan Ilmiah Mengapa Kita Tidak Perlu Terobsesi Untuk Punya Ratusan Teman Di Facebook
Tidak Perlu Terobsesi Untuk Punya Ratusan Teman Di Facebook
Berdasarkan informasi yang dikutip dari Daily Mail Online, dikemukakan bahwa sebuah hasil penelitian di Universitas Oxford, yang dipimpin oleh  profesor psikologi, Robin Dunbar, mengungkapkan bahwa manusia hanya benar-benar memiliki jumlah teman dekat hanya hingga empat orang saja. Temuan tersebut juga membeberkan, untuk memiliki jumlah teman dekat yang lebih banyak, maka kita membutuhkan otak yang lebih besar pula.

Selain itu, dari analisa yang dilakukan terhadap enam miliar panggilan melalui telepon selular, oleh 35 juta orang, didapati fakta bahwa berdasarkan intensitas komunikasi yang dilakukan, maka secara keseluruhan hanya terdapat empat lapisan lapisan atau tingkatan kedekatan. Disimpulkan dari empat tingkatan kedekatan tersebut, sebanyak 40 persen waktu dihabiskan untuk orang-orang yang paling dekat, selanjutnya pada tingkatan (lapisan) terluar hanya tersisa 20 persen. Uniknya, mereka yang tergolong pada tingkatan paling dalam, merupakan orang-orang yang mau melibatkan dirinya dalam keadaan emosional, seperti saat seseorang mengalami kesedihan dan masalah keuangan. Sementara pada lapisan tingkatan terluar, yang tergolong pada sympathy group (grup simpati) atau mereka yang hanya terlibat perasaan sedih hanya saat mendengar kabar duka saja.

Lantas perlukah kita memiliki ratusan atau bahkan ribuan jumlah teman di Facebook? Melihat dari temuan ilmiah di atas, maka tentu saja jumlah pertemanan yang banyak di Facebook tidak memberi manfaat signifikan untuk mendapatkan teman sejati, karena otak kita memiliki batas kognitif, dan seperti yang kerap dialami oleh pemilik akun Facebook dengan jumlah pertemanan banyak, cenderung hanya memiliki keterlibatan sekilas atau hanya sementara, dan tidak melibatkan emosi yang lebih dalam. Itulah sebabnya, mengapa Anda tak perlu terobsesi memiliki ratusan teman di Facebook.

Nah, demikianlah informasi yang dapat SpesialTips! bagikan kali ini. Semoga informasi tersebut dapat menjadi tambahan pengetahuan yang bermanfaat bagi sahabat pembaca sekalian.

Advertisement

Post a Comment Blogger Disqus

Jadi Sahabat Spesial Dengan Memberikan komentar Bermanfaat :) Berbagi Itu Indah :)

Kamu Bisa Memilih Salah Satu Jenis Komentar Blogger Atau Disqus :)

Harap tidak menggunakan link aktif ...

 
Top