Advertisement
Hati-hati, Duduk Dalam Waktu Lama Dapat Tingkatkan Resiko Gangguan Kecemasan - Apakah aktivitas sepanjang hari Anda, lebih banyak dihabiskan sambil duduk sepanjang hari? Perilaku atau kebiasaan duduk dalam jangka waktu lama serta kurangnya aktivitas fisik, atau yang dikenal dengan istilah sedentarism ini, ternyata dapat berakibat buruk bagi kesehatan seseorang.
Duduk Dalam Waktu Lama Dapat Tingkatkan Resiko Gangguan Kecemasan
Duduk Dalam Waktu Lama
Bila pada beberapa temuan ahli kesehatan sebelumnya mengaitkan kebiasaan duduk dalam waktu lama sebagai pemicu munculnya masalah kesehatan seperti sakit punggung, sampai dengan meningkatkan resiko seseorang untuk menderita penyakit yang lebih serius seperti kanker dan diabetes. Bukan itu saja, dampak buruk lain duduk terlalu lama, bahkan dapat memengaruhi kesehatan mental seseorang, salah satu diantaranya berhubungan dengan risiko menderita depresi.

Berkaitan dengan masalah kesehatan mental yang ditimbulkan karena kebiasaan duduk dalam jangka waktu lama, maka berdasarkan informasi yang dikutip dari situs kesehatan Psychology Today, disebutkan pula temuan lainnya yang mengungkapkan bahwa kebiasaan tersebut dapat pula meningkatkan risiko seseorang untuk mengalami gangguan kecemasan. 

Temuan yang didasari oleh hasil analisis para ilmuwan di Deakin University pada tahun 2015, menyebutkan bahwa total waktu duduk seseorang tiap harinya berhubungan langsung dengan peningkatan risiko seseorang untuk mengalami gangguan kecemasan. Bahkan oleh salah satu ahli kesehatan dan juga penulis buku yang membahas seputar sedentarism, Dr. James Levine, menggambarkan bahwa perilaku duduk dalam waktu lama kini merupakan masalah kebiasaan yang dampaknya tak kalah serius dari pada merokok.

Nah, bagi Anda yang mungkin memiliki kebiasaan serupa disarankan mulai kini untuk mengurangi aktivitas duduk dalam jangka waktu lama, serta lebih banyak melakukan kegiatan fisik, demi terhindar dari masalah kesehatan yang ditimbulkan dari kebiasaan tersebut.

Demikianlah, informasi yang dapat SpesialTips! bagikan, tentang dampak dari duduk dalam waktu terlalu lama, terhadap risiko seseorang untuk mengalami gangguan kecemasan. Semoga informasi tersebut dapat menjadi tambahan pengetahuan yang bermanfaat bagi sahabat pembaca SpesialTips! sekalian.

Advertisement

Post a Comment Blogger Disqus

Jadi Sahabat Spesial Dengan Memberikan komentar Bermanfaat :) Berbagi Itu Indah :)

Kamu Bisa Memilih Salah Satu Jenis Komentar Blogger Atau Disqus :)

Harap tidak menggunakan link aktif ...

 
Top