Advertisement
Telah Dibuktikan Secara Ilmiah, Ternyata 6 Cara Unik Ini Mampu Mengurangi Stres - Apakah selama ini Anda memiliki masalah ketegangan psikis atau emosi? Bila ya, maka hampir dapat dipastikan masalah yang Anda hadapi tersebut, merupakan salah satu bentuk stres. Secara umum, stres sendiri dapat diartikan sebagai tekanan (ketegangan) emosional, akibat dari kondisi lingkungan dan sosial yang tak terkendali atau melebihi kemampuan individu untuk mengatasinya.
Ternyata 6 Cara Unik Ini Mampu Mengurangi Stres
Masalah Stres
Membahas tentang stres, mungkin bukan hal baru lagi bila disebutkan bahwa masalah tekanan (ketegangan) psikis tersebut dapat membawa dampak negatif bagi kesehatan fisik seseorang, bahkan dalam beberapa kasus, stres mampu memicu kemunculan berbagai penyakit, misalnya migrain, sakit perut, hingga sakit yang lebih serius, seperti penyakit jantung.

Nah, guna menghadapi masalah stres dan dampaknya tersebut, maka redaksi SpesialTips! akan mencoba berbagi informasi tentang enam cara unik yang terbukti secara ilmiah mampu mengurangi stres. Diharapkan, informasi ini dapat membantu mengurangi masalah stres yang mungkin dihadapi oleh sahabat pembaca sekalian. Apa dan bagaimana cara unik tersebut? Berikut informasi selengkapnya.

1. Mencuci piring
Dikutip dari jurnal ilmiah Science Daily, menyebutkan bahwa berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan di Florida State University, terungkap bahwa dengan mencuci piring kotor dengan cara  fokus pada kegiatan tersebut, ternyata mampu menurunkan tingkat kegelisahan, bukan itu saja bahkan tingkat inspirasi mental dapat bertambah dengan mencuci piring.

2. Menolong (membantu) orang lain
Jangan pernah menganggap remeh, perkara menolong (membantu) orang lain, karena ternyata bukan hanya dapat bermanfaat bagi orang yang kita bantu, memberikan dukungan dan pertolongan (bantuan) ternyata dapat membawa efek positif bagi orang yang melakukannya. Diketahui dari hasil penelitian para ilmuwan yang tergabung dalam Association for Psychological Science, melalui publikasi pada jurnal Clinical Psychological Science, disebutkan bahwa dengan memberikan dukungan (dorongan) dan menolong orang lain, baik kepada teman maupun orang asing, ternyata dapat bermanfaat untuk mengurangi masalah stres dan beberapa masalah kesehatan mental lainnya.

3. Beramal
Bila selama ini Anda berpendapat bahwa beramal hanya erat berhubungan dengan masalah sosial dan spiritual saja, maka mungkin Anda harus mengkajinya kembali. Pasalnya berdasar informasi yang dikutip dari NY Times, disebutkan bahwa terdapat penelitian yang berhasil mengungkapkan bila ternyata orang yang memberikan uang kepada orang lain dengan tujuan beramal, ternyata dapat berdampak pada salah satu dampak masalah stres, yaitu mampu membuat tekanan darah lebih rendah, bila dibandingkan dengan mereka yang mengeluarkan uang ekstra untuk keperluannya sendiri.

4. Berpelukan dan Saling bergenggaman tangan
Dikutip dari Phsycology Today, terdapat beberapa penelitian terbaru yang berhasil menguak fakta bahwa berpelukan dan juga saling bergenggaman tangan dengan pasangan dapat menjadi cara ampuh untuk mengurangi stres. Hal ini dikarenakan berpelukan dan bergenggaman tangan dengan pasangan, mampu memperlambat pelepasan kortisol (hormon paling berpengaruh terhadap stres) pada tubuh seseorang, dan juga memicu peningkatan hormon kebahagiaan, yaitu endorfin.

5. Dipijat
Dari hasil penelitian yang tercatat di Psychology Today, ternyata hasil sampel darah orang yang dipijat dengan pijatan ringan selama 45 menit, menunjukkan bahwa terjadi penurunan tingkat zat kimia penyebab stres, selain itu disebutkan pijatan tersebut dapat meningkatkan respon imun tubuh.

6. Merajut
Bukan hanya bermanfaat untuk mengisi waktu luang, ternyata merajut juga dapat memberikan dampak untuk mengurangi stres. Fakta yang dikutip dari NY Times, menyebutkan bahwa berdasar pendapat ahli kesehatan ternama, Dr. Herbert Benson, kegiatan pola berulang saat merajut memiliki efek menenangkan yang mirip ketika seseorang melakukan meditasi atau yoga. Dimana manfaat lain merajut juga mampu menurunkan denyut jantung serta tekanan darah.

Nah, demikianlah informasi tentang enam cara unik, yang terbukti secara ilmiah mampu mengurangi stres. Semoga informasi tersebut dapat menjadi tambahan pengetahuan yang berguna dan dapat pula membantu sahabat SpesialTips! sekalian yang memiliki masalah dengan stres.
Advertisement

Post a Comment Blogger Disqus

  1. Nah, benar sekali! Mencuci piring dapat menghilangkan stress atau rasa kesal :d

    ReplyDelete

Jadi Sahabat Spesial Dengan Memberikan komentar Bermanfaat :) Berbagi Itu Indah :)

Kamu Bisa Memilih Salah Satu Jenis Komentar Blogger Atau Disqus :)

Harap tidak menggunakan link aktif ...

 
Top