Advertisement
5 Tips Mengoptimalkan Fitur Browser Chrome Bagi Pengguna Android - Bagi Anda para pengguna ponsel pintar berbasis Android, mungkin tak akan asing rasanya, lagi bila menyebutkan Chrome sebagai browser terpopuler saat ini, yang disebut-sebut memiliki banyak kelebihan. Selain tampilannya yang elegan, browser Chrome di Android juga dilengkapi dengan fitur-fitur canggih, guna memudahkan penggunanya untuk mencari informasi menggunakan internet di dunia maya.
5 Tips Mengoptimalkan Fitur Browser Chrome Bagi Pengguna Android
5 Tips Mengoptimalkan Fitur Browser Chrome
Bagi Pengguna Android
Berkaitan dengan kemampuan serta manfaat beberapa fitur yang dimiliki oleh browser Chrome pada perangkat Android, maka kali ini redaksi SpesialTips! akan mencoba berbagi beberapa tips untuk mengoptimalkan beberapa fitur bermanfaat pada browser Chrome yang mungkin belum Anda ketahui. Hal apa saja yang perlu dilakukan, simak tips selengkapnya berikut ini.

5 Tips Mengoptimalkan Fitur Browser Chrome Bagi Pengguna Android


Tips 1: Menghemat penggunaan kuota data internet
Bagi Anda pengguna browser Chrome pada ponsel pintar Android, tips yang perlu Anda ketahui adalah bagaimana menghemat penggunaan kuota data dengan memanfaatkan fitur Data Saver, dimana fitur unik ini mampu membuat kerja browser semakin lebih cepat dan menghemat konsumsi pertukaran data hingga 30 - 35 persen. Bagaimana caranya? Sangat mudah, Anda hanya perlu mengaktifkan fitur Data Saver, dengan mengakses pengaturan (Settings) melalui menu yang ditandai dengan gambar tiga titik vertikal di bagian pojok kanan atas browser Chrome, selanjutnya pada beberapa pilihan pengaturan cari pilihan Data Saver dan aktifkan dengan mengubah pengaturannya yang sebelumnya dalam posisi Off menjadi On.

Tips 2: Memperbesar tampilan sebuah situs
Pada beberapa kasus, tak jarang beberapa situs memiliki tampilan yang sangat kecil dan sulit untuk memperbesar tampilannya dengan cara biasa. Nah, menghadapi keadaan ini, maka browser Chrome telah menyediakan sebuah fitur canggih yang dinamai Force enable zoom. Cara mengaktifkan fitur tersebut adalah dengan membuka pilihan menu, lalu masuk ke bagian pengaturan (Settings), selanjutnya pilih bagian pengaturan Accesibility, langkah yang perlu dilakukan setelah masuk pada bagian pengaturan tersebut adalah dengan memberikan tanda centang pada kotak pilihan pengaktifan fitur Force enable zoom.

Tips 3: Melakukan browsing tanpa menyimpan jejak data history
Salah satu hal yang perlu Anda pahami adalah saat melakukan browsing, semua data jejak history akan tersimpan di dalam browser, dari sisi keamanan, meninggalkan keadaan tersebut dapat menjadi ancaman karena meningkatkan risiko data pribadi dapat diakses oleh orang lain. Selain itu, semakin banyak data history yang tersimpan, juga dapat memengaruhi kinerja browser. Nah, guna mengatasi keadaan tersebut, maka browser Chrome menyediakan fitur Incognito Mode yang memungkinkan Anda untuk melakukan aktivitas menggunakan browser tanpa meninggalkan jejak data history. Bagaimana cara menggunakan fitur Incognito Mode tersebut? Sederhana saja, Anda hanya perlu mengakses pilihan menu lalu pilihlah bagian yang ditandai dengan tulisan New incognito tab, maka selanjutnya akan muncul sebuah tab baru untuk melakukan browsing tanpa meninggalkan jejak data history pada browser Chrome.

Tips 4: Menghindari situs tertentu menyimpan data tentang aktivitas Anda
Hampir semua situs di dunia internet melakukan pelacakan dan menyimpan data aktivitas terhadap pengunjungnya. Nah, bila Anda termasuk orang yang memperhatikan privasi pada data aktivitas browser saat mengunjungi sebuah situs, maka disarankan untuk menghindari pelacakan dan penyimpanan data pada situs yang dikunjungi. Nah, pada browser Chrome di Android milik Anda dapat melakukannya dengan memanfaatkan fitur Do Not Track. Cara memanfaatkan fitu Do Not Track tersebut adalah dengan masuk ke bagian pengaturan browser Chrome, selanjutnya pilih pada bagian Privacy, setelah masuk pada bagian tersebut Anda dapat mengaktifkan fitur Do Not Track dengan mengubah fitur yang sebelumnya dalam keadaan Off menjadi On dengan menggesernya.

Tips 5: Memainkan permainan unik Chrome saat tak terhubung dengan koneksi internet (Offline)
Kuota internet habis? Jangan dulu galau, karena Anda masih bisa menikmati salah satu fitur unik dari browser Chrome pada ponsel pintar Android milik Anda, yaitu dengan memainkan permainan unik dengan karakter dinosaurus. Permainan yang populer pada versi desktop tersebut, ternyata dapat pula dimainkan pada browser Chrome versi Android. Cara memainkannya, hampir sama dengan versi desktop, yang perlu Anda lakukan hanya dengan melakukan sentuhan (tap) pada layar ponsel saat membuka browser Chrome secara offline.


Nah, demikianlah informasi yang dapat SpesialTips! bagian tentang beberapa tips mengoptimalkan beberapa fitur pada browser Chrome bagi pengguna Android. Diharapkan, informasi tersebut dapat menjadi tambahan pengetahuan yang bermanfaat bagi sahabat pembaca sekalian.

Advertisement

Post a Comment Blogger Disqus

Jadi Sahabat Spesial Dengan Memberikan komentar Bermanfaat :) Berbagi Itu Indah :)

Kamu Bisa Memilih Salah Satu Jenis Komentar Blogger Atau Disqus :)

Harap tidak menggunakan link aktif ...

 
Top