Advertisement
Tingkatkan Kemampuan Search Engine, Aktifkan Fitur Unik Chrome Ini Untuk Smartphone Android - Sering menggunakan Chrome sebagai sarana browsing di smartphone android Anda? Bila ya, mungkin tak akan asing lagi bagi Anda untuk melakukan aktivitas pencarian dengan memanfaatkan Google untuk mencari berbagai macam informasi yang dibutuhkan, entah itu sebuah situs, artikel, aplikasi, atau bahkan gambar dan video menggunakan browser canggih Chrome.
Tingkatkan Kemampuan Search Engine, Aktifkan Fitur Unik Chrome Untuk Smartphone Android Ini
Meningkatkan Kemampuan Search Engine
Browser Chrome Untuk Android
Membahas tentang kemampuan Chrome sebagai peramban alias browser di smartphone android, ternyata terdapat sebuah fitur unik, yang mampu menambah kemampuan dan mempermudah kita saat dalam melakukan pencarian. Adalah contextual search, salah satu fitur pada Chrome yang berguna untuk membantu para pengguna smartphone android agar lebih mudah saat melakukan pencarian dengan hanya menyentuh kata tertentu. 

Misalnya saja, saat Anda sedang menjelajahi sebuah situs, lalu Anda ingin mencari informasi lain dari situs yang berbeda, maka Anda tak perlu membuka tab atau halaman baru serta secara manual menuliskan kata pencarian. Hanya dengan menyentuh dan menahan sesaat sebuah kata yang berhubungan dengan pencarian yang dikehendaki, dan secara otomatis muncul sebuah kotak pencarian di bagian bawah berisikan kata telah ditandai tadi. Bila Anda mengakses kotak tersebut,  maka Chrome akan melakukan pencarian dan memunculkan hasil pencarian sesuai dengan kata  pada tab (halaman) baru.

Baca juga: Cara Mudah Ubah Nada Dering Ponsel Android Menjadi Lebih Bervariasi

Fitur contextual search Chrome pada kebanyakan smartphone android, umumnya diatur dalam keadaan default, dan belum aktif sepenuhnya. Nah, bila Anda merasa belum pernah menikmati manfaat kemampuan fitur ini, maka ada baiknya untuk memeriksa dan mengaktifkan fitur unik tersebut di browser Chrome pada android Anda. Lantas, bagaimana cara mengaktifkan fitur unik melakukan pencarian hanya dengan menyentuh kata tertentu tersebut? Berikut penjelasan singkat langkah yang perlu dilakukan untuk mengaktifkan fitur contextual search.

» Perlu Anda ketahui terlebih dahulu, bahwa mengaktifkan fitur unik contextual search tak dapat dilakukan melalui tab setting Chrome pada android Anda. Hal yang harus dilakukan agar dapat mengaktifkan fitur tersebut adalah melalui tautan khusus pengaturan Chrome pada smarphone android milik Anda, yaitu dengan mengakses tautan: chrome://flags/#contextual-search.

» Setelah terhubung pada akses pengaturan melalui tautan tersebut, akan muncul sebuah halaman yang berisi beberapa daftar pengaturan khusus Chrome. Nah, pengaturan fitur contextual search sendiri akan ditampilkan dengan tanda latar tulisan berwarna kuning, bertuliskan Enable Contextual Search.

» Selanjutnya, Anda akan melihat sebuah kotak dengan gambar panah () bertuliskan keterangan aktif tidaknya fitur Contextual seacrh, dimana umumnya berada dalam keadaan default. Nah, hal yang perlu Anda lakukan untuk mulai mengaktifkan fitur ini adalah dengan mengakses kotak bergambar panah tersebut, dan memilih pilihan Enable pada kotak keterangan baru yang muncul. 

» Langkah terakhir, akan muncul sebuah pemberitahuan untuk melakukan restart (relaunch) aplikasi browser Chrome pada smartphone Android Anda. Seusai melakukannya, maka Anda telah dapat menikmati kemudahan melakukan pencarian dengan hanya menyentuh sebuah kata tertentu. Catatan penting untuk diketahui, bahwa tidak semua jenis android dapat mendukung fitur Chrome ini.

Berikut penjelasan gambar yang dapat Anda lihat dan ikuti, guna memperjelas dan memudahkan Anda mengaktifkan fitur contextual search.
Cara mengaktifkan fitur contextual search
Langkah Mengaktifkan Fitur Contextual Search
Nah, Bagaimana penasaran untuk mencoba fitur unik Chrome untuk smartphone android tersebut? Semoga informasi dari SpesialTips! kali ini, dapat menjadi petunjuk yang membantu, serta memudahkan sahabat sekalian, saat beraktivitas menggunakan smartphone android milik Anda.

Advertisement

Post a Comment Blogger Disqus

Jadi Sahabat Spesial Dengan Memberikan komentar Bermanfaat :) Berbagi Itu Indah :)

Kamu Bisa Memilih Salah Satu Jenis Komentar Blogger Atau Disqus :)

Harap tidak menggunakan link aktif ...

 
Top