Advertisement
Dampak Negatif Kurang Tidur Terhadap Otak dan Tubuh - Banyak alasan mengapa seseorang dapat mengalami gangguan kesehatan baik pada otak dan tubuhnya, dari pola makan tak sehat hingga jarang berolahraga, namun bukan itu saja bahkan ternyata tidur pun memberikan andil besar terhadap masalah kesehatan bagi setiap orang, khususnya pada keadaan kurang tidur atau waktu tidur lebih sedikit, dimana keadaan tersebut dapat memberikan dampak negatif bagi kesehatan otak dan tubuh.
Dampak Negatif Kurang Tidur Terhadap Otak dan Tubuh
Dampak Negatif Kurang Tidur Terhadap Otak dan Tubuh
Sebelum membahas lebih jauh terkait dampak negatif kurang tidur, maka perlu kita ketahui terlebih dahulu bahwa sebenarnya waktu tidur ideal seseorang dipengaruhi oleh aktivitas, metabolisme dan usia seseorang. Nah, berdasarkan hasil laporan National Sleep Foundation dikemukakan daftar waktu tidur ideal sesuai dengan golongan usia, diantaranya adalah 9 sampai 11 jam waktu tidur ideal bagi anak dengan usai 6 - 13 tahun, 8 sampai 10 jam bagi para remaja dengan kisaran usia 14 - 17 tahun, dan 7 sampai 9 jam bagi orang dewasa dengan kisaran usia 18 - 64 tahun.

Lantas apa dampaknya bila seseorang terbiasa mengalami kekurangan pada waktu tidurnya? Bila pada artikel sebelumnya redaksi SpesialTips! telah menginformasikan tentang Lima Efek Negatif Kurang Tidur Bagi Kesehatan Remaja, maka pada kesempatan kali ini SpesiaTips! akan mencoba berbagi pengetahuan tentang dampak negatifnya kurang tidur dengan fokus yang berbeda, yaitu terhadap otak dan tubuh manusia. Apa saja dampak negatif tersebut? Berikut informasi selengkapnya, yang bersumber dari independent.co.uk.

1. Meningkatkan Risiko IBD (Inflammatory Bowel Disease)
Diketahui bahwa salah satu dampak negatif kurang tidur adalah gangguan pada usus, adalah meningkatkan risiko seseorang menderita IBD (Inflammatory Bowel Disease), yaitu peradangan yang terjadi pada dinding mukosa usus.

2. Menurunkan Kemampuan Otak
Dampak negatif kurang tidur lainnya adalah menurukan kemampuan otak, berkaitan dengan kemampuan mengingat atau mudah lupa, dan juga menurunkan kemampuan otak untuk menerima dan memproses informasi baru yang diterima.

3. Meningkatkan Risiko Terserang Flu dan Demam
Dari sebuah riset terbaru disebutkan bahwa mereka yang tidur kurang dari 5 jam sehari, cenderung mengalami flu dan demam, bila dibandingkan dengan orang yang tidur lebih dari 7 jam sehari.

4. Menyebabkan Sakit Kepada dan Migrain
Dampak negatif kurang tidur disebutkan pula memiliki kaitan erat sebagai penyebab terjadinya migrain dan juga gangguan pernapasan saat tidur yang berhubungan dengan pemicu sakit kepala.

5. Terganggunya Kemampuan Penglihatan
Dampak negatif lainnya dari kurang tidur adalah terganggunya kemampuan penglihatan, diantaranya adalah tunnel vision yaitu berkurangnya area penglihatan (pandangan) yang menyebabkan mata seolah melihat lorong yang panjang, dan juga mengalami gangguan penglihatan yang hampir sama yaitu double vision dan dimness vision.

6. Meningkatkan Risiko Obesitas
Bagi anak-anak hingga remaja, ternyata kurang tidur dapat berdampak meningkatnya risiko obesitas. Hal ini dikarenakan, kurang tidur dapat memicu kecenderungan untuk makan lebih banyak khususnya memakan makanan yang tinggi jumlah kalori.

Nah, demikianlah informasi seputar dampak negatif kurang tidur terhadap otak dan tubuh. Semoga informasi tersebut dapat menjadi tambahan pengetahuan yang bermanfaat bagi para pembaca SpesialTips! sekalian.
Advertisement

Post a Comment Blogger Disqus

Jadi Sahabat Spesial Dengan Memberikan komentar Bermanfaat :) Berbagi Itu Indah :)

Kamu Bisa Memilih Salah Satu Jenis Komentar Blogger Atau Disqus :) Di Spesial Tips

Harap tidak menggunakan link aktif

 
Top