Advertisement
Ancaman Penularan Penyakit Di Pesawat Terbang Dan Cara Menghindarinya - Memasuki musim liburan, biasanya dimanfaatkan oleh banyak orang untuk bepergian dengan tujuan yang berbeda, dari mudik sampai melakukan perjalanan wisata. Sarana transportasi saat bepergian pun bermacam-macam dari menggunakan sarana transportasi darat seperti kereta api atau bis, sampai dengan menjadikan pesawat terbang sebagai pilihan utama.
Penularan Penyakit Di Pesawat Terbang Dan Cara Menghindarinya
Penularan Penyakit Di Pesawat Terbang Dan Cara Menghindarinya
Nah, membahas salah satu sarana transportasi, khususnya pesawat terbang terbang maka terdapat fakta bahwa saat menumpang pesawat terbang seseorang menjadi lebih berisiko untuk tertular penyakit, hal ini dikarenakan terdapat tempat dan keadaan tertentu di dalam ruangan pesawat yang memengaruhi tingginya potensi terjadinya penularan penyakit.

Berkaitan dengan masalah risiko penularan penyakit saat bepergian menggunakan pesawat terbang, maka redaksi SpesialTips! akan mencoba berbagi informasi yang dikumpulkan dari berbagai sumber, tentang Ancaman Penularan Penyakit Di Pesawat Terbang Dan Cara Menghindarinya.

» Ancaman penularan penyakit dari penumpang pesawat
Salah satu ancaman penularan penyakit terbesar saat bepergian menumpang pesawat terbang adalah dari penumpang lainnya yang duduk berdekatan atau mungkin bersebelahan dengan Anda. Risiko tertular flu dan infeksi pernapasan, seperti tuberkulosis, akan semakin besar. Dijelaskan oleh Kathryn H. Jacobsen. Ph.D, selaku ahli epidemiologi dari George Mason University, ketika wajah Anda berada baik di kiri atau kanan dengan jarak18 inchi, atau sekitar 45.72 cm dari wajah orang lain yang memiliki penyakit infeksi pernapasan maka hampir dapat dipastikan Anda pun akan terinfeksi (tertular) penyakit tersebut.
Cara Menghindarinya: Solusi terbaik untuk menghindari ancaman penularan penyakit dari penumpang lain, yang mungkin saja duduk bersebelahan dengan Anda adalah dengan menggunakan masker pelindung pernapasan, seperti masker N95.

» Ancaman penularan penyakit melalui infeksi kuman di toilet pesawat
Salah satu tempat yang mungkin perlu diwaspadai saat menumpang pesawat terbang adalah toilet, hal ini disebabkan karena sekalipun terlihat bersih, terdapat fakta yang menyebutkan bahwa toilet pesawat terbang merupakan tempat dimana berkumpulnya sejumlah besar kuman, dimana berdasarkan penelitian dari perusahaan pengamat penerbangan travelmath.com, terdapat 265 CFU (colony forming unit) bakteri penyebab berbagai penyakit per in².
Cara Menghindarinya: Saat tertentu mungkin Anda tak bisa menghindari untuk masuk ke dalam toilet pesawat terbang, oleh karena itu cara menghindari ancaman penularan penyakit melakui infeksi kuman di dalam toilet pesawat adalah dengan memanfaatkan kertas tisu toilet saat saat menyentuh flusher, jangan lupa juga untuk selalu mencuci tangan.

» Ancaman penularan penyakit melalui infeksi kuman di meja dan pegangan kursi pesawat
Semua orang yang pernah menggunakan pesawat terbang, pastinya mengetahui bahwa terdapat sebuah meja lipat yang terdapat di bagian belakang tempat duduk, yang akan menghadap langsung dengan kita saat pengaman lipatannya digeser. Nah, ternyata meja lipat di pesawat tersebut menjadi tempat yang paling berisiko menularkan penyakit melalui infeksi kuman, pasalnya berdasarkan hasil penelitian dari travelmath.com, potensi berkumpulnya bakteri di meja lipat tersebut terhitung mencapai 2155 CFU/in², dimana infeksi bakteri salmonella menjadi salah satu kekhawatiran terbesar.
Cara Menghindarinya: Disarankan bagi Anda yang bepergian menggunakan pesawat untuk melengkapi bawaan saat berada di kabin pesawat, yaitu dengan menyiapkan tisu basah anti bakteri dan juga pembersih tangan (hand sanitizer). Gunanya, tentu saja untuk membersihkan meja lipat dan pegangan kursi dengan menggunakan tisu basah tersebut, dan tak lupa pula untuk membersihkan tangan dengan hand sanitizer yang telah disiapkan.

Demikianlah informasi singkat yang dapat SpesialTips! bagikan kali ini, semoga informasi tersebut dapat menjadi tambahan pengetahuan yang bermanfaat bagi sahabat pembaca sekalian.

Advertisement

Post a Comment Blogger Disqus

Jadi Sahabat Spesial Dengan Memberikan komentar Bermanfaat :) Berbagi Itu Indah :)

Kamu Bisa Memilih Salah Satu Jenis Komentar Blogger Atau Disqus :) Di Spesial Tips

Harap tidak menggunakan link aktif

 
Top