Advertisement
Selain Jadi Galau, Kesepian Juga Berdampak Meningkatkan Risiko Sakit - Anda kerap galau, karena merasa kesepian? Bila ya, Ada baiknya mulai kini Anda berhati-hati dengan perasaan kesepian tersebut, pasalnya selain membuat seseorang jadi 'galau', ternyata rasa kesepian juga dapat berdampak negatif bagi kesehatan, yaitu meningkatkan risiko seseorang untuk menderita sakit. 
Selain Jadi Galau, Kesepian Juga Berdampak Meningkatkan Risiko Sakit
Kesepian Berdampak Meningkatkan Risiko Sakit
Ah, apa iya, hanya karena kesepian seseorang dapat sakit? Nah, menjawab pertanyaan ini, para ilmuwan ternyata telah menemukan alasan mengapa rasa kesepian dapat menjadikan seseorang lebih berpotensi untuk menderita sakit. Berdasarkan informasi yang dikutip dari livescience.com, ternyata terdapat sebuah penelitian, dimana para peneliti mencoba melihat hubungan antara kesepian dan pola ekspresi gen di dalam sel darah putih yang berfungsi untuk melindungi tubuh dari serangan virus dan bakteri. Hasilnya, dari 141 peserta penelitian tersebut, didapati 36 peserta diantaranya masuk dalam klasifikasi perasaan kesepian kronis. Selanjutnya mereka yang termasuk dalam klasifikasi tersebut, menunjukkan keadaan dimana aktivitas sel menandakan ekspresi gen yang tinggi pada keterlibatannya untuk melawan peradangan dan juga melawan infeksi oleh bakteri, akan tetapi keadaan itu akan berbanding terbalik dalam hubungannya melawan serangan infeksi virus.

Penelitian yang juga telah di terbitkan pada jurnal ilmiah Proceedings of the National Academy of Sciences of the United States of America (PNAS) tersebut, menyimpulkan bahwa kesepian dapat memicu perubahan seluler (berkaitan dengan sel), yang dapat menurunkan kemampuan tubuh seseorang, untuk melawan infeksi yang disebabkan oleh virus. 

Dijelaskan oleh penulis sudi ilmiah tersebut, John Cacioppo yang juga merupakan seorang psikolog di University of Chicago bahwa pada orang yang mengalami kesepian, terjadi pergeseran aktivitas sel pada tubuh, yang mengubah sistem perlindungan di dalam tubuh hanya dominan pada serangan bakteri, dan akan lebih kurang terhadap perlindungan tubuh dari serangan infeksi virus. Selain itu, perlindungan terhadap bakteri tersebut akan terus menurun, seiring dengan lamanya perasaan kesepian tersebut.

Nah, demikianlah informasi singkat yang dapat redaksi SpesialTips! bagikan kali ini. Semoga informasi tentang dampak negatif merasa kesepian terhadap kesehatan dapat menjadi tambahan pengetahuan yang bermanfaat bagi pembaca sekalian.

Advertisement

Post a Comment Blogger Disqus

Jadi Sahabat Spesial Dengan Memberikan komentar Bermanfaat :) Berbagi Itu Indah :)

Kamu Bisa Memilih Salah Satu Jenis Komentar Blogger Atau Disqus :) Di Spesial Tips

Harap tidak menggunakan link aktif

 
Top