Advertisement
Bernyanyi, Cara Ampuh Tenangkan Bayi Yang Menangis - Apakah Anda adalah pasangan yang baru saja dikaruniai seorang bayi? Bila ya, mungkin Anda pernah atau bahkan sering merasa sedikit 'kerepotan' pada saat bayi Anda menangis dan sulit untuk ditenangkan. Umumnya, cara konvensional yang dilakukan oleh kebanyakan para orang tua yang baru memiliki bayi adalah dengan mengajak bicara si bayi, dengan harapan tangisannya akan reda.
Bernyanyi, Cara Ampuh Tenangkan Bayi Yang Menangis
Bernyanyi, Cara Ampuh Tenangkan Bayi Yang Menangis
Namun tahukah Anda, ternyata berbicara kepada bayi yang sedang menangis merupakan cara yang tidak efektif untuk dapat menenangkan bayi yang menangis. Dibandingkan berbicara, maka cara yang lebih ampuh untuk meredakan tangis si bayi adalah dengan bernyanyi, atau memutar rekaman nyanyian. Anda belum percaya?

Nah, berdasarkan informasi yang dikutip dari dailymail.co.uk, mendapati sebuah temuan penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan di University of Montreal (Kanada), dimana terungkap bahwa dari studi terhadap 30 bayi, dengan usia berkisar antara enam hingga sembilan bulan, yang didengarkan dua jenis rekaman, yaitu suara nyanyian (lagu) dan suara orang berbicara, mendapati hasil yang menarik, dimana dijumpai bayi yang mendengarkan rekaman nyanyian (lagu) akan tetap tenang dengan rata-rata waktu sekitar 9 menit, sedangkan pada saat mendengarkan rekaman suara orang berbicara, si bayi hanya bertahan tetap tenang selama 4 menit. Bahkan pada saat si bayi mendengarkan orang berbicara langsung dengannya, waktu rata-rata si bayi tetap tenang rata-rata kurang dari 4 menit.

Pada penelitian tersebut juga diketahui bahwa, bayi akan tetap santai untuk dua kali lebih lama ketika mendengarkan nyanyian (lagu), bila dibandingkan dengan saat si bayi mendengarkan orang berbicara, bahkan untuk nyanyian (lagu) dengan bahasa asing sekalipun. Studi ini menunjukkan bayi dapat 'terbawa' oleh musik, selain itu juga membuktikan bahwa bayi memiliki kapasitas mental untuk tertarik dan terpesona oleh nyanyian (lagu) seperti layaknya orang dewasa.

Dikemukakan oleh Prof. Isabelle Peretz dari University of Montreal (Kanada), bahkan pada lingkungan yang relatif steril, seperti dinding berwarna hitam, pencahayaan redup, tidak ada mainan, dan tidak ada rangsangan visual, suara seorang wanita sedang bernyanyi dapat memberikan efek menenangkan yang positif bagi bayi. Nah, oleh sebab itu bagi Anda para orang tua yang baru saja memiliki bayi, disarankan agar mau untuk menyanyikan satu atau dua buah lagu, untuk menenangkan bayi Anda yang mulai menangis. 

Demikianlah informasi singkat tentang cara ampuh menenangkan tangisan bayi, dengan bernyanyi. Semoga informasi tersebut dapat menjadi tambahan pengetahuan yang bermanfaat bagi para pembaca SpesialTips! sekalian.
Advertisement

Post a Comment Blogger Disqus

Jadi Sahabat Spesial Dengan Memberikan komentar Bermanfaat :) Berbagi Itu Indah :)

Kamu Bisa Memilih Salah Satu Jenis Komentar Blogger Atau Disqus :)

Harap tidak menggunakan link aktif ...

 
Top