Advertisement
Lima Hal Ini Terbukti Dapat Menjadi Cara Untuk Mengetahui Karakter Seseorang - Perlukah kita mencari tahu karakter seseorang, misalnya saja teman, rekan kerja hingga atasan Anda di kantor? Menjawab pertanyaan ini, maka akan sangat penting artinya mengenal atau mengetahui karakter yang dimiliki oleh orang-orang yang terlibat secara langsung dengan diri kita, gunanya adalah sebagai petunjuk bagi kita untuk dapat berinteraksi dan beradaptasi dengan individu lainnya. Selain itu dengan mengetahui karakter orang lain, dapat bermanfaat sebagai bentuk antisipasi bagi kemungkinan-kemungkinan munculnya konflik dalam berinteraksi.
lima cara untuk mengetahui karakter seseorang
Lima Hal Ini Terbukti Dapat Menjadi
Cara Untuk Mengetahui Karakter Seseorang
Setelah mengetahui alasan terkait pentingnya mengetahui karakter seseorang, maka hal penting yang perlu kita ketahui selanjutnya adalah tentang bagaimana cara untuk mengidentifikasi karakter yang dimiliki oleh orang lain. Berkaitan dengan hal ini, redaksi SpesialTips! akan mencoba berbagi informasi yang dirangkum dari berbagai sumber, tentang lima cara untuk mengetahui karakter seseorang, dan telah terbukti secara ilmiah. Apa dan bagaimana cara tersebut? Berikut informasi selengkapnya.

1. Tulisan Tangan
Salah satu cara untuk mengetahui karakter seseorang, adalah dengan melihat tulisan tangan orang tersebut. Berdasarkan studi ilmiah yang dilakukan oleh National Pen Company (Amerika Serikat), tulisan tangan seseorang dapat menjadi petunjuk terhadap bentuk ciri-ciri karakter seseorang. Diantara petunjuk tersebut diungkapkan bahwa, tulisan tangan dengan bentuk yang huruf yang kecil mencirikan karakter yang cenderung pemalu, teliti, dan rajin. Sementara itu, tulisan tangan dengan bentuk huruf besar menunjukkan karakter yang ingin selalu mendapatkan perhatian. Petunjuk lainnya, karakter seseorang yang cenderung serius biasanya memiliki bentuk tulisan tangan yang lebih jelas (tekanan lebih kuat saat menulis), sedangkan seseorang dengan bentuk tulisan tangan lebih tipis, umumnya mempunyai karakter yang lebih besar rasa empatinya, dan lebih sensitif.

2. Warna Kesukaan
Berdasarkan artikel ilmiah pada situs psychologytoday.com, disebutkan pemilihan warna dalam penggunaan benda yang dikenakan, seperti pakaian dapat menjadi petunjuk yang dapat menentukan ciri karakter seseorang. Misalnya saja, orang-orang dengan karakter cenderung artistik dan memperhatikan detail ditunjukkan pada seseorang yang gemar pada warna hitam, sementara orang yang menyukai warna merah, biasanya memiliki karakter yang dinamis, aktif, dan menyukai tantangan. Berbeda dengan lainnya, penyuka warna biru cenderung menunjukkan seseorang dengan karakter yang lebih stabil, sensitif dan memiliki perhatian yang besar terhadap orang lain.

3. Jenis Sepatu
Salah satu cara unik untuk mengetahui karakter seseorang, adalah dengan melihat sepatunya. Bagaimana mungkin? Nah, dijelaskan oleh ahli psikologi Omri Gillath dari University of Kansas, mengungkapkan bahwa hanya dengan mengetahui harga, gaya, warna dan kondisi sepatu, ternyata kita dapat menebak karakteristik pribadi pemilik sepatu tersebut. Dari tingkat pendapatan, hingga pada pandangan politiknya.

4. Warna Mata dan Tatapan
Mata adalah jendela hati, ungkapan ini pastinya telah kita ketahui bersama. Nah, begitu pula dengan karakter, ternyata mata dapat menjadi salah satu petunjuk untuk menentukan karakteristik seseorang. Berdasarkan studi ilmiah yang dilakukan oleh para peneliti di Liverpool John Moores University (Inggris), mengungkapkan bahwa orang yang memiliki warna mata biru, cenderung memiliki karakter yang kurang menyenangkan dan lebih berisiko menjadi pecandu alkohol, bila dibandingkan dengan orang yang memiliki warna mata lebih gelap. Cara lain untuk mengetahui karakter seseorang, adalah melalui tatapan matanya, yaitu orang dengan karakter cenderung lemah dalam kontrol diri dan kemauan, umumnya ditunjukkan dengan tatapan (kontak) mata yang tidak mantap (fokus).

5. Cara Bersalaman atau Berjabat Tangan
Berdasarkan publikasi ilmiah pada situs psychologistworld.com, disebutkan cara bersalaman (jabat tangan) dapat menjadi cara untuk mengetahui karakter seseorang. Misalnya saja untuk orang dengan genggaman yang erat (kuat), cenderung memiliki karakter dengan rasa percaya diri yang tinggi, namun orang dengan cara bersalaman seperti ini juga dapat menunjukkan karakter seorang ekstrovert dan ekspresif terhadap emosi mereka. Selanjutnya, mereka yang memiliki cara bersalaman dengan genggaman yang lemah, biasanya menunjukkan sikap kurang percaya diri, dan cenderung selalu menginginkan jalan keluar yang mudah bila menghadapi sebuah tantangan.

Nah, demikianlah informasi tentang lima cara mengetahui karakter seseorang, yang telah terbukti secara ilmiah. Melalui artikel singkat ini, diharapkan dapat menjadi tambahan pengetahuan yang berguna bagi sahabat SpesialTips! sekalian.
Advertisement

Post a Comment Blogger Disqus

Jadi Sahabat Spesial Dengan Memberikan komentar Bermanfaat :) Berbagi Itu Indah :)

Kamu Bisa Memilih Salah Satu Jenis Komentar Blogger Atau Disqus :)

Harap tidak menggunakan link aktif ...

 
Top