Advertisement
Empat Indikator Seseorang Sedang Berbohong, Yang Terbukti Secara Ilmiah - Semua orang pastinya tidak akan merasa senang bila dibohongi, dan begitu pula dengan sahabat pembaca SpesialTips! yang budiman. Namun, terkadang dengan berbagai macam dalih, hampir semua orang orang di dunia ini pernah berbohong terhadap orang lain. 
Empat Indikator Seseorang Sedang Berbohong, Yang Terbukti Secara Ilmiah
Empat Indikator Seseorang Sedang Berbohong, Yang Terbukti Secara Ilmiah
Berkaitan dengan masalah berbohong, maka akan sangat penting rasanya untuk mengetahui indikator bahwa seseorang sedang melakukan kebohongan terhadap kita, karena selain untuk menghindari perasaan tak enak akibat dibohongi, kemampuan membaca perilaku orang yang sedang berbohong juga dapat memberikan manfaat dalam kehidupan sehari-hari, yaitu untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap orang-orang yang ingin memanfaatkan diri kita, dengan menggunakan cara berbohong.

Lantas apa saja indikator yang dapat menunjukkan seseorang sedang berbohong? Nah, mengulas tentang masalah ini, redaksi SpesialTips! akan mencoba berbagi informasi yang dikumpulkan dari berbagai sumber, tentang Empat Indikator Seseorang Sedang Berbohong, yang telah terbukti secara ilmiah dapat menjadi petunjuk bagi sahabat sekalian. Apa saja indikator tersebut? Berikut informasi selengkapnya.

1. Mengubah Posisi Kepala Dengan Cepat
Salah satu indikator seseorang sedang berbohong adalah gesture perubahan posisi kepala yang berpindah secara cepat. Misalnya saja ketika seseorang sedang merespon sebuah pertanyaan, dan secara tiba-tiba posisi kepalanya berpindah secara cepat ke kanan (menoleh) ataupun ke arah bawah (menunduk), maka hal ini dapat menjadi salah satu petunjuk bahwa orang tersebut sedang berusaha menghindari kontak mata dengan si penanya. Respon ini merupakan salah satu indikator bahwa seseorang sedang berbohong. Petunjuk ini bukan sekedar rekaan, karena secara ilmiah telah terbukti melalui buku "The Body Languange of Liars" yang ditulis oleh Lillian Glass, seorang ahli perilaku bahasa tubuh yang juga bekerja dengan biro investigasi federal di Amerika Serikat atau yang lebih dikenal sebagai FBI (Federal Bureau of Investigation).

2. Perubahan Pada Pola Napas
Indikator lainnya saat seseorang sedang berbohong adalah, perubahan pola napas. Umumnya saat seseorang melakukan kebohongan maka ia akan menjadi lebih waspada (cenderung tegang) terhadap situasi, yang akhirnya memaksa terjadinya perubahan terhadap detak jantung dan aliran darah, akibat dari rasa tegang yang dialaminya. Nah, hal ini menyebabkan perubahan pada pola napas, menjadi lebih berat dan tidak wajar. Misalnya saja, ketika seorang tiba-tiba mengambil napas dalam saat menjawab atau menanggapi sebuah pembicaraan. Indikator kebohongan ini, terbukti pernah dimuat dalam salah satu jurnal ilmiah pada situs illumin.usc.edu.

3. Postur Tubuh Saat Berdiri Lebih Tegang Dan Menghadap Sepenuhnya Terhadap Lawan Bicara
Selanjutnya salah satu indikator seseorang sedang berbohong adalah, saat berdiri orang yang melakukan kebohongan akan menunjukkan posisi tubuh menghadap sepenuhnya terhadap lawan bicara, dan terlihat lebih tegang (kaku). Hal ini merupakan perilaku yang ditunjukkan oleh tubuh sebagai sikap pertahanan, atau sedang berjaga. Sama dengan indikator yang telah disebutkan pada poin pertama, petunjuk kebohongan ini juga termasuk salah satu petunjuk yang terdapat dalam buku "The Body Languange of Liars".

4. Mengulangi Kata Atau Kalimat
Salah satu petunjuk kebohongan yang tengah dilakukan oleh seseorang adalah selalu mengulangi kata atau kalimat, dalam sebuah pembicaraan. Hal ini umumnya dilakukan karena tiga alasan, pertama karena seseorang yang sedang berbohong tersebut ingin memantapkan (meyakinkan) kepercayaan diri mereka. Kedua, mengulang kata atau kalimat adalah cara orang yang sedang berbohong untuk meyakinkan lawan bicaranya, dengan memperkuat fokus kata atau kalimat yang ingin ditanamkan pada pikiran si lawan bicara. Ketiga, hal ini dilakukan untuk mengulur waktu guna memikirkan hal selanjutnya yang ingin disampaikan kepada orang yang dibohonginya. Nah, petunjuk seseorang sedang berbohong termasuk salah satu indikator yang telah terbukti secara ilmiah dan pernah dimuat pada jurnal ilmiah yang dipublikasikan oleh University of California, di Los Angeles (Amerika Serikat) melalui situs resmi mereka newsroom.ucla.edu.

Demikianah informasi singkat tentang empat indikator seseorang sedang berbohong, yang telah terbukti secara Ilmiah. Semoga dapat menjadi tambahan pengetahuan yang bermanfaat bagi para pembaca SpesialTips! sekalian.
Advertisement

Post a Comment Blogger Disqus

Jadi Sahabat Spesial Dengan Memberikan komentar Bermanfaat :) Berbagi Itu Indah :)

Kamu Bisa Memilih Salah Satu Jenis Komentar Blogger Atau Disqus :) Di Spesial Tips

Harap tidak menggunakan link aktif

 
Top