Advertisement
Cara Mudah Untuk Membuktikan Berita Foto dan Video 'Hoax' - Apakah sahabat sekalian pernah melihat, atau mendengar sebuah berita dalam bentuk foto atau video yang dinyatakan sebagai berita hoax alias pemberitaan palsu melalui internet? Berhubungan dengan maraknya berita palsu atau hoax yang disebarkan melalui internet ini, maka akan muncul sebuah pertanyaan, yaitu bagaimana cara membuktikan bahwa berita dalam bentuk foto ataupun video tersebut palsu atau tidak?
Cara Mudah Untuk Membuktikan Berita Foto dan Video 'Hoax'
Cara Mudah Untuk Membuktikan Berita Foto dan Video 'Hoax'
Berkaitan dengan masalah membuktikan berita hoax (palsu) tersebut, maka bagi orang yang awam dalam dunia digital forensik, akan sulit rasanya untuk mengecek kebenaran sebuah berita foto atau video. Nah, untuk menjawab masalah tersebut, maka redaksi SpesialTips! akan berbagi cara mudah untuk mencari tahu serta membuktikan sendiri apakah sebuah berita (foto atau video) di ditemui melalui internet, asli atau cuma sekedar hoax.

Cara Mudah Untuk Membuktikan Berita Foto dan Video 'Hoax'


1. Memanfaatkan Mesin Pencari Google Untuk Membuktikan Kebenaran Berita Foto
Salah satu berita foto yang baru-baru ini sedang heboh di dunia adalah sebuah gambar yang menunjukkan bentrokan antara demonstran pengungsi dengan polisi Jerman. Nah, contoh berita foto ini termasuk sebuah berita hoax, karena pemberitaannya yang menyatakan bahwa bentrokan tersebut adalah kejadian yang baru saja terjadi antara pengungsi dengan polisi Jerman, sedangkan faktanya gambar tersebut adalah foto yang diambil pada tahun 2012, terkait dengan demonstrasi beberapa orang penganut paham salafi, yang berujung bentrok dengan polisi. 
Cara Mudah Untuk Membuktikan Berita Foto dan Video 'Hoax'
Contoh Memanfaatkan Mesin Pencari Google
Untuk Membuktikan Kebenaran Berita Foto
Lantas, bagaimana cara mengecek kebenaran foto tersebut? Mudah saja, cukup manfaatkan mesin pencari Google, melalui pencarian gambar, dengan cara mengarahkan sebuah gambar atau foto ke kotak pencarian. Maka selanjutnya akan muncul informasi terkait gambar yang pernah terpublikasi melalui internet. Nah, dengan informasi tersebut Anda dapat memastikan kebenaran sebuah berita foto, terkait waktu, sumber dan keterangan yang memberitakan foto tersebut.

2. Menggunakan YouTube DataViewer Untuk Membuktikan Kebenaran Berita Pada Video YouTube
Pernah menjumpai beberapa video yang sama, namun menunjukkan keterangan atau informasi yang berbeda di situs berbagi video YouTube? Bila ya, mungkin Anda akan bertanya manakah diantara video yang terlihat sama dan dengan waktu pengunggahan yang sama pula, yang menjadi video aslinya? 
Cara Mudah Untuk Membuktikan Berita Foto dan Video 'Hoax'
YouTube DataViewer
Nah, solusi dari masalah tersebut adalah dengan menggunakan YouTube DataViewer, yaitu sebuah perangkat bantuan yang bisa Anda akses melalui situs organisasi Amnesty International. Nah, cara penggunaannya sangat sederhana, yaitu dengan memasukkan URL video yang ingin diperiksa, selanjutnya perangkat ini akan memberi informasi terkait dengan waktu upload (unggah) klip video dan semua gambar thumbnail terkait. Uniknya informasi ini tak akan mudah bila ditemukan, bahkan bila Anda mencarinya melalui YouTube sendiri.

3. Melihat Data EXIF Foto Dan Video
Salah satu cara yang sering digunakan oleh para ahli forensik data digital, untuk memastikan keaslian sebuah foto, gambar maupun rekaman suara adalah dengan melihat data EXIF (Exchangeable Image File) yang mencakup metadata jenis kamera yang digunakan untuk mengambil gambar, tanggal, waktu dan lokasi sebuah media dibuat. 
Cara Mudah Untuk Membuktikan Berita Foto dan Video 'Hoax'
Jeffrey’s Exif Viewer
Lantas bagaimana cara mengetahui data EXIF pada sebuah berita gambar atau video? Akan dijumpai berbagai macam alat untuk melakukannya, namun salah satu cara mudah untuk melihat data Exif pada foto ataupun video, Anda dapat memanfaatkan Jeffrey’s Exif Viewer, yaitu sebuah perangkat pembaca data EXIF sederhana berbasis website.

Demikianlah informasi singkat yang dapat SpesialTips! bagikan tentang Cara Mudah Untuk Membuktikan Berita Foto dan Video 'Hoax'. Semoga informasi ini dapat menjadi tambahan pengetahuan yang bermanfaat bagi sahabat pembaca sekalian.
Advertisement

Post a Comment Blogger Disqus

Jadi Sahabat Spesial Dengan Memberikan komentar Bermanfaat :) Berbagi Itu Indah :)

Kamu Bisa Memilih Salah Satu Jenis Komentar Blogger Atau Disqus :)

Harap tidak menggunakan link aktif ...

 
Top