Advertisement
Empat Masalah Kesehatan Yang Dapat Diketahui Dari Bulu Pada Tubuh - Semua orang di dunia pasti memiliki bulu, namun bila diperhatikan lebih jauh, pertumbuhan bulu pada manusia yang satu dan lainnya memiliki perbedaan baik itu jumlah hingga tempat bulu tersebut tumbuh. 
Empat Masalah Kesehatan Yang Dapat Diketahui Dari Bulu Pada Tubuh
Empat Masalah Kesehatan Yang Dapat Diketahui Dari Bulu Pada Tubuh
Sebelum membahas lebih jauh, ada baiknya kita ketahui terlebih dahulu apa itu bulu, khususnya pada manusia. Bulu yang juga sering disebut dengan rambut merupakan organ seperti benang yang tumbuh di kulit manusia. Rambut atau bulu  muncul dari epidermis (kulit luar), walaupun berasal dari folikel rambut yang berada jauh di bawah dermis (sumber: wikipedia.org). Selain itu, bulu (rambut) dikategorikan menjadi dua kelompok, yaitu: 1. Rambut Terminal : Merupakan rambut yang kasar, tebal, serta panjang, dan banyak mengandung pigmen. Rambut terminal biasanya terdapat pada kepala, mata (alis, bulu mata) hingga pada ketiak dan kemaluan manusia; 2. Vellus : Adalah bulu halus yang menutupi hampir seluruh permukaan tubuh manusia.

Nah, berkaitan dengan bulu yang tumbuh pada tubuh manusia, maka kali ini redaksi SpesialTips! akan mencoba berbagi informasi tentang hubungan bulu terhadap kondisi kesehatan seseorang. Mengutip dari situs kesehatan prevention.com, berikut selengkapnya Empat Masalah Kesehatan Yang Dapat Diketahui Dari Bulu Pada Tubuh.

1. Masalah Autoimun
Walaupun jarang terjadi, namun sistem kekebalan tubuh dapat mengaktifkan folikel rambut Anda, hasilnya bisa jadi berakibat pada kehilangan (kerontokan) bulu/rambut, diantaranya berujung pada beberapa penyakit yaitu: Alopecia areataAlopecia totalis dan Universalis alopecia.

2. Masalah Ketidakseimbangan Hormon
Ketidakseimbangan hormon dapat memberikan dampak terhadap pertumbuhan bulu, salah satu contoh masalah yang timbul akibat dari ketidakseimbangan hormon tersebut pada wanita adalah Hirsutisme, yaitu gejala munculnya rambut pada bagian tubuh perempuan yang biasanya tidak ditumbuhi rambut seperti di bawah dagu atau di atas bibir.

3. Tumor
Salah satu gejala masalah kesehatan yang dapat ditunjukkan oleh bulu pada tubuh adalah tumor. Apabila Hirsutisme yang sebelumnya telah dijelaskan, terjadi secara tiba-tiba bahkan bertahan dalam waktu lama (berbulan-bulan), dan disertai dengan semakin meningkatnya kadar testosteron dan Dehydroepiandrosterone (sejenis hormon steroid yang dibuat oleh kelenjar adrenal pada laki-laki dan perempuan), maka kemungkinan besar keadaan tersebut menunjukkan bahwa seseorang memiliki tumor di tubuhnya.

4. Masalah Kekurangan Zat Besi dan Kurang Aktifnya Tiroid
Semua orang memiliki siklus pertumbuhan rambut (bulu), akan tetapi pada tingkat tertentu dimana kerontokan terjadi berlebihan dan tiba-tiba, maka hal tersebut boleh jadi ditimbulkan akibat dari masalah kekurang zat besi serta kurang aktifnya tiroid.

Nah, demikianlah informasi tentang Empat Masalah Kesehatan Yang Dapat Diketahui Dari Bulu Pada Tubuh. Semoga informasi tersebut dapat bermanfaat bagi sahabat SpesialTips! sekalian.
Advertisement

Post a Comment Blogger Disqus

Jadi Sahabat Spesial Dengan Memberikan komentar Bermanfaat :) Berbagi Itu Indah :)

Kamu Bisa Memilih Salah Satu Jenis Komentar Blogger Atau Disqus :)

Harap tidak menggunakan link aktif ...

 
Top