Advertisement
Tiga Nutrisi Kunci Untuk Menjaga Kemampuan Otak - Membahas salah satu organ tubuh terpenting pada tubuh manusia, yang berfungsi untuk mengatur dan mengkoordinasikan sebagian besar, gerakan, perilaku dan fungsi tubuh homeostasis (keseimbangan yang ideal) seperti detak jantung, tekanan darah, keseimbangan cairan tubuh dan suhu tubuh. Otak manusia bertanggung jawab terhadap pengaturan seluruh badan dan pemikiran manusia (sumber: id.wikipedia.org), maka akan menjadi suatu keharusan bagi seseorang untuk selalu menjaga kesehatan dan kemampuan otak dari perubahan yang mengakibatkan penurunan kemampuan otak tersebut.
Nutrisi Kunci Untuk Menjaga Kemampuan Otak
Nutrisi Kunci Untuk Menjaga Kemampuan Otak
Salah satu faktor yang menyebabkan turunnya kualitas kemampuan otak seseorang umumnya dihubungkan dengan usia yang semakin menua, namun tidak menutup kemungkinan kemampuan otak dapat terdegradasi pada usia lebih muda akibat dari pola hidup tak sehat serta kurangnya mengonsumsi sumber nutrisi bagi otak. Berkaitan dengan hal ini, maka redaksi SpesialTips! akan berbagi informasi tentang Tiga Nutrisi Kunci Untuk Menjaga Kemampuan Otak, apa saja ketiga nutrisi yang seharusnya dipenuhi untuk menjaga fungsi organ paling penting pada manusia ini? Berikut ulasan selengkapnya.

1. Asam Lemak Omega-3
Seiring bertambahnya usia, sel-sel saraf akan semakin menyusut yang akan mempengaruhi kemampuan otak untuk menghasilkan zat kimia pembawa pesan kunci yang disebut neurotransmitter. Berfungsi untuk menutrisi otak dalam kaitannya menjaga volume otak, asam lemak yang bersumber dari Omega-3, yaitu asam docosahexaenoic (DHA) dan asam eicosapentaenoic (EPA) menjadi nutrisi yang dapat mencegah terjadinya penyusutan pada otak, mengurangi peradangan, serta mampu untuk meningkatkan konsentrasi mental dan melawan kehilangan memori. Lantas dari mana kita bisa mendapatkan nutrisi penting ini? Beberapa sumber makanan yang memiliki kandungan Omega-3 yang tinggi bisa kita dapatkan dari: Minyak Ikan (khususnya ikan laut), Sayuran hijau, Minyak kedelai, Telur serta kacang walnuts.

2. Flavonoid
Salah satu senyawa yang dapat mengakibatkan menurunnya kualitas kemampuan otak adalah radikal bebas. Walaupun sebenarnya senyawa radikal bebas tetap diperlukan tubuh dalam jumlah tertentu, untuk fungsinya pada sistem pertahanan tubuh kita. Namun, radikal bebas menjadi berbahaya jika jumlahnya berlebihan, sehingga dapat menjadi senyawa yang berkontribusi untuk penyakit degeneratif yang berkaitan dengan usia, termasuk penurunan mental. Nah, untuk menangkal bahaya tersebut maka dibutuhkan Flavonoid yang berfungsi sebagai antioksidan, dimana zat ini, berfungsi untuk membantu melindungi tubuh dari kerusakan radikal bebas. Selain itu, flavonoid memiliki kelebihan lainnya yaitu mengurangi peradangan, risiko penyakit jantung dan gejala eksim. Sumber makanan yang mengandung Flavonoid adalah: blueberries, strawberries dan blackberries, bayam, alpukat, bawang merah dan kopi.

3. Vitamin E
Nutrisi penting lainnya yang dibutuhkan otak untuk melindungi kemampuannya adalah vitamin E, dimana hampir sama dengan Flavonoid, nutrisi yang baik ini dapat mencegah kerusakan otak akibat dari radikal bebas. Dalam sebuah studi 2014 yang dipublikasikan dalam jurnal American Heart Association, para peneliti menemukan bahwa salah satu jenis vitamin E yaitu tocotrienol (ditemukan secara alami dalam minyak sawit), dapat melindungi otak dari peningkatan risiko stroke, Alzheimer dan penyakit Parkinson. Sumber makanan yang mengandung vitamin E adalah: bayam, kacang almond, kacang tanah, brokoli, dan biji bunga matahari.

(sumber: huffingtonpost.com)

Nah, demikianlah informasi singkat tentang Tiga Nutrisi Kunci Untuk Menjaga Kemampuan Otak, semoga dapat bermanfaat bagi sahabat setia SpesialTips! sekalian.
Advertisement

Post a Comment Blogger Disqus

Jadi Sahabat Spesial Dengan Memberikan komentar Bermanfaat :) Berbagi Itu Indah :)

Kamu Bisa Memilih Salah Satu Jenis Komentar Blogger Atau Disqus :) Di Spesial Tips

Harap tidak menggunakan link aktif

 
Top