Advertisement
5 Pesan Bahaya Dari Tidur Mendengkur - Bagi kebanyakan orang di Indonesia, tidur mendengkur mungkin menjadi hal yang lumrah, biasanya kelelahan dijadikan alasan mengapa seseorang mengeluarkan suara dengkuran saat tidur. Namun, pernahkah disadari bahwa mendengkur merupakan sebuah pesan yang ingin disampaikan oleh tubuh, berkaitan dengan adanya gejala gangguan kesehatan?
5 Pesan Bahaya Dari Tidur Mendengkur
Tidur Mendengkur
Membahas tentang sinyal bahaya dari kebiasaan mengeluarkan suara mengganggu saat tidur ini, ada baiknya kita ketahui dulu penyebab mengapa seseorang dapat mengalami tidur mendengkur. Diartikan sebagai suara yang ditimbulkan saat tidur karena adanya getaran jaringan pada saluran udara bagian atas, dengkuran saat tidur merupakan salah satu gejala sindrom obstructive apnea saat tidur. Pasien yang menderita sindrom tersebut akan mendengkur dengan keras secara terus-menerus karena mengalami henti napas saat tidur, akibat dari saluran napas yang tersumbat (id.wikipedia.org).

Dilansir dari situs kesehatan prevention.com, tidur mendengkur ternyata dapat menjadi suatu pesan bahaya perihal gangguan kesehatan yang dialami seseorang. Apa saja hal yang ingin disampaikan dari dengkuran tersebut? Ikuti selengkapnya informasi tentang 5 Pesan Bahaya Dari Tidur Mendengkur, berikut ini.

1. Risiko Stroke - Penelitian dari sebuah organisasi yang bekerja dibidang kesehatan, yaitu  Henry Ford Health System di Detroit, Amerika Serikat, menemukan hubungan antara kebiasaan mendengkur dan kerusakan pada arteri, dimana hal tersebut merupakan salah satu faktor risiko utama stroke dan serangan jantung. Tanda ini ditujukan bagi seseorang yang mengalami kebiasaan tidur mendengkur berat, dimana akibat dari dengkuran tersebut dapat menimbulkan peradangan dan kerusakan pada arteri.

2. Potensi Mengalami Obesitas - Pesan lainnya yang dapat diketahui dari mendengkur yaitu mengakibatkan seseorang dengan kebiasaan tersebut, berpotensi mengalami obesitas. Mengapa mendengkur dapat mempengaruhi berat badan seseorang? Dijelaskan oleh hasil studi peneliti dari University of Chicago, dimana seseorang yang mendengkur saat tidurnya akan mengganggu kestabilan dua hormon dalam tubuh yaitu leptin dan Ghrelin, dimana keduanya memiliki pengaruh besar terhadap selera (nafsu) makan seseorang.

3. Risiko Kanker - Seseorang yang mendengkur saat tidurnya memiliki risiko lima kali lebih besar untuk terkena kanker dibanding dengan orang dengan kebiasaan tidur normal. Hal ini dikemukakan oleh para ahli dari University of Wisconsin, Amerika Serikat, disebutkan bahwa Kesulitan bernapas pada saat seseorang tidur mendengkur, memberikan perubahan pada arteri dan pembuluh darah, yang dapat membantu mempercepat pertumbuhan tumor serta mempermudah penyebaran sel kanker.

4. Masalah Tekanan Darah - Diperkirakan sekitar 70% penderita gangguan hipertensi, juga mengalami kebiasaan tidur mendengkur. Hal ini diperkuat dengan hasil studi yang bersumber dari Journal of American Medical Association yang di dalamnya mengungkapkan seseorang yang mendengkur dalam tidurnya, dapat menjadi sebuah tanda bahwa ia mengalami gangguan darah tinggi pula.

5. Masalah Seks - Mendengkur keras dapat memberikan  efek mengganggu kebiasaan tidur seseorang beserta pasangannya, hal ini dapat berpengaruh bagi kehidupan seks mereka, karena akan menyebabkan berkurangnya energi dan mengurangi pula keinginan (ketertarikan) untuk melakukan seks.

Nah, bagaimana dengan Anda? Apakah selama ini Anda memiliki kebiasaan tidur mendengkur? Bila iya, sebaiknya berkonsultasilah pada dokter Anda berkaitan dengan gangguan tidur tersebut. Demikian informasi singkat tentang 5 Pesan Bahaya Dari Tidur Mendengkur, semoga dapat bermanfaat bagi sahabat SpesialTips! sekalian.
Advertisement

Post a Comment Blogger Disqus

  1. wah ngeri juga ya,,saya juga pernh baca di slah satu blog katanya mendengkur itu tidak baik

    ReplyDelete

Jadi Sahabat Spesial Dengan Memberikan komentar Bermanfaat :) Berbagi Itu Indah :)

Kamu Bisa Memilih Salah Satu Jenis Komentar Blogger Atau Disqus :) Di Spesial Tips

Harap tidak menggunakan link aktif

 
Top