Advertisement
5 Makanan Sehat Untuk Cegah Inflamasi - Peradangan yang dalam bahasa kesehatannya disebut dengan inflamasi, merupakan respon utama sistem kekebalan tubuh yang dapat berbentuk bengkak kemerahan, panas, dan nyeri pada jaringan karena cedera fisik, kimiawi, infeksi, atau reaksi alergi. Secara umum inflamasi dapat dibedakan menjadi dua, yaitu:
  • Inflamasi akut : Merupakan respon awal tubuh oleh benda berbahaya dan terus meningkat sejalan dengan meningkatnya pergerakkan plasma dan leukosit dari darah ke jaringan luka.
  • Inflamasi kronis : Adalah inflamasi yang berpanjangan, memicu peningkatan pergantian tipe sel yang ada pada tempat inflamasi dan dicirikan dengan kerusakkan dan penutupan jaringan dari proses inflamasi.
Para ahli mempercayai bahwa inflamasi dapat dicegah dan dilawan, namun pada saat tertentu khususnya pada saat seseorang memasuki masa lansia, maka peradangan  alias inflamasi akan menjadi gangguan pada tubuh yang sulit untuk dihindari maupun dicegah.
5 Makanan Sehat Untuk Cegah Inflamasi
Bawang Putih, Salah Satu Makanan Sehat Untuk Cegah Inflamasi
Mengantisipasi Inflamasi kebanyakan orang mengambil jalan pintas untuk mengonsumsi obat-obatan kimiawi, namun pernahkah Anda ketahui bahwa sebenarnya melalui makanan yang kita konsumsi sehari-hari ternyata memiliki khasiat untuk mencegah dan melawan Inflamasi (peradangan). Apa saja makanan bermanfaat tersebut, ikuti informasi selengkapnya berikut ini.
  1. Ikan Salmon - Ikan dengan kandungan lemak yang tinggi ini, kaya akan kandungan DHA (Asam Dokosaheksaenoat) dan EPA (Asam Eikosapentanoat) yang berguna dalam sistem kekebalan tubuh manusia. Oleh karena itu kedua asam lemak tersebut dapat mengurangi peradangan dan meminimalkan risiko terkena kanker , penyakit jantung , asma , dan penyakit autoimun.
  2. Tahu Dan Tempe - Makanan yang berasal dari kacang kedelai ini sangat kaya akan Omega-3, sehingga sangat berguna untuk mencegah dan menurunkan level peradangan.
  3. Tomat - Termasuk dalam jenis buah yang juga biasanya digunakan sebagai sayur, ternyata tomat dapat membantu mencegah sekaligus melawan inflamasi, hal ini disebabkan kandungan lycopene di dalam buah tomat mampu menjadi antioksidan yang tepat untuk melawan peradangan.
  4. Bawang Putih - Salah satu jenis bumbu masakan yang pasti ada di dapur ini tak asing lagi khasiatnya bagi tubuh manusia. Salah satunya adalah sebagai makanan anti inflamasi terbaik karena kandungan zat cytokines-nya yang dipercaya oleh para ahli sangat bermanfaat untuk melawan peradangan.
  5. Kacang Almond - Seperti pada Ikan Salmon, kandungan Omega-3 pada kacang Almond sangat baik untuk membantu tubuh melawan peradangan. Selain itu kacang Almond juga kaya akan vitamin E yang berguna untuk melumasi sendi dan melindungi tubuh dari inflamasi kronis. (sumber: huffingtonpost.com)
Demikianlah informasi tentang 5 Makanan Sehat Untuk Cegah Inflamasi, semoga dapat menjadi bacaan yang bermanfaat bagi sahabat setia SpesialTips! sekalian
Advertisement

Post a Comment Blogger Disqus

Jadi Sahabat Spesial Dengan Memberikan komentar Bermanfaat :) Berbagi Itu Indah :)

Kamu Bisa Memilih Salah Satu Jenis Komentar Blogger Atau Disqus :)

Harap tidak menggunakan link aktif ...

 
Top