Advertisement
Tips Diet di Bulan Ramadhan - Halo sahabat SpesialTips! Hari ini saya akan berbagi tips spesial mengenai diet di bulan Ramadhan. Bulan Ramadhan adalah saat yang tepat bagi Anda yang ingin melakukan diet atau sekadar mempertahankan bentuk tubuh ideal Anda.

Diet yang saya sarankan pada bulan Ramadhan bukan berarti tidak makan nasi di saat buka dan sahur. Diet yang dapat Anda lakukan di bulan Ramadhan adalah diet untuk meningkatkan kebugaran tubuh. Berikut tips diet yang dapat Anda lakukan.

Tips diet di bulan Ramadhan

1. Minum air putih.
Sudah kita ketahui bahwa untuk memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh, air yang harus kita konsumsi setiap hari adalah 2,5 liter yang bersumber dari semua cairan yang masuk ke dalam tubuh (termasuk kuah soto, es buah, kuah sayur, minuman, dll.) Akan tetapi, untuk dapat menjaga kebugaran tubuh Anda dalam melaksanakan diet selama bulan Ramadhan, maka saya sarankan untuk minum air putih 2,5 liter atau lebih yang dapat diminum selama waktu berbuka hingga waktu imsak datang. Air putih, selain menjaga kebugaran dan kesegaran tubuh juga berfungsi untuk melancarkan sistem pencernaan Anda, sehingga tidak ada masalah susah buang air kecil atau susah buang air besar yang akan berdampak pada tertimbunnya sisa-sisa makanan tidak perlu di dalam tubuh yang mengakibatkan kegemukan.

2. Mengonsumsi buah sebelum makan.
Buah paling baik dikonsumsi sebelum makan makana berat (misal: nasi). Karena buah memiliki kandungan air dan nutrisi yang melimpah untuk tubuh, usahakan mengonsumsi buah sebelum Anda berbuka atau santap sahur. Nutrisi buah akan terserap dengan baik dalam keadaan segar, itulah mengapa saya menyarankan Anda untuk mengonsumsi buah terlebih dulu. Apabila Anda lakukan sebaliknya (makan nasi kemudian makan buah) maka buah akan berada di bagian paling belakang dalam antrean makan yang kita telan di dalam usus. Selama berada di dalam usus, maka buah akan mengalami pembusukan sebelum bisa dicerna dengan baik oleh usus halus.

3. Lakukan salat Tarawih dan Witir.
Apabila ketika berbuka Anda mengingat bahwa setelah berbuka puasa Anda harus melakukan salat tarawih dan Witir, maka akan saya pastikan Anda tidak akan kalap ketika Anda santap buka. Makan terlalu banyak selain akan membuat lemas tubuh juga akan membuat Anda mengantuk. Dan adalah hal mustahil untuk Anda melaksanakan salat tarawih dan witir berjamaah di masjid apabila Anda merasa mengantuk. Padahal gerakan-gerakan salat yang berulang-ulang Anda lakukan ketika salat Tarwih dan Witir juga bermanfaat seperti halnya olahraga sehingga makanan di dalam tubuh cepat dicerna dengan baik oleh alat pencernaan makanan manusia. Begitu pula setelah sahur, jangan langsung tidur dan lebih baik menunggu fajar dengan membaca Alquran atau melakukan kegiatan lain yang menggerakkan tubuh.

4. Mengonsumsi sayur dan mengurangi minuman dalam kemasan.
Bagi Anda yang ingin melakukan diet di bulan Ramadhan, peranyak mengonsumsi sayur dan mengurangi atau tidak sama sekali mengonsumsi minuman kemasan. Sayur merupakan zat penyeimbang bagi tubuh, oleh karena itu, konsumsi sayur-mayur ketika Anda berbuka dan santap sahur. Baiknya, sayur-mayur tidak dimasak terlalu lama karena memasak sayuran terlalulama akan mengurangi atau bahkan menghilangkan kandungan gizi di dalamnya. Minuman kaleng kebanyakan menggunakan bahan pengawet dan memiliki kadar gula tinggi, kadar gula tinggi ini membahayakan bagi tubuh dan dapat tertimbun di dalam tubuh yang mengakibatkan kegemukan.

Tips diet di bulan Ramadhan ini sudah saya praktikan sendiri, selama sebelas hari berpuasa, meski saya mengonsumsi banyak makanan saat berbuka dan sahur dengan nasi, berat tubuh saya tidak bertambah.

Tips Diet di Bulan Ramadhan
tadarus Alquran sambil menunggu fajar
Demikianlah tips-tips diet di bulan Ramdahan yang dapat saya bagikan kepada sahabat SpesialTips, saya berharap Anda bisa melakukan diet ini.

Advertisement

Post a Comment Blogger Disqus

Jadi Sahabat Spesial Dengan Memberikan komentar Bermanfaat :) Berbagi Itu Indah :)

Kamu Bisa Memilih Salah Satu Jenis Komentar Blogger Atau Disqus :)

Harap tidak menggunakan link aktif ...

 
Top