-->

Cara Menggunakan Fitur Google Maps Split Screen

Advertisement
Google Maps Punya Fitur Split Screen, Begini Cara Menggunakannya - Ada yang baru dari layanan Google Maps, setelah sebelumnya menghadirkan fitur Live View berteknologi AR, kini layanan peta buatan Google tersebut merilis fitur baru lainnya, yaitu fitur "split sreen" atau fitur tampilan layar terbagi.
Cara Menggunakan Fitur Google Maps "Split Screen"
Google Maps "Split-Screen"

Apa Fungsi Fitur Google Maps Split Screen?

Mungkin dari namanya kita sudah bisa menebak, apa kegunaan fitur ini. Namun untuk memberikan jelasnya, fitur Split Screen di Google Maps adalah fitur yang memungkinkan penggunanya untuk melihat secara bersamaan tampilan street view atau tampilan jalan lokasi dalam bentuk gambar nyata, dan tampilan peta. Sederhananya, fitur ini bekerja membagi layar menjadi dua, yaitu layar tampilan peta dan tampilan layar street view.

Nah, dengan kemampuan menampilkan tampilan street view yang terlihat nyata dan tampilan peta Google Maps, maka akan sangat bermanfaat bagi pengguna yang baru pertama kali menjelajahi suatu lokasi atau daerah tertentu. Ya, fitur split screen yang unik ini, bisa dikatakan sebagai fitur anti tersesat dimana pengguna bisa membandingkan langsung keadaan di peta dengan tampilan asli jalan. Kerennya lagi, fitur ini bisa digunakan baik di layanan Google Maps versi desktop, maupun di aplikasi Google Maps versi Android (belum muncul di iOS).

Lantas, bagaimana cara menggunakan fitur Split Screen di Google Maps? Sangat mudah, Cukup ikuti tutorial dari Spesial Tips berikut ini.

Cara Menggunakan Fitur Google Maps 'Split Screen'

Sebelum melangkah lebih jauh, disarankan bagi pengguna Android untuk melakukan pembaruan aplikasi Google Maps ke versi terbaru. Sementara itu dari hasil uji coba Spesial Tips di layanan Google Maps versi desktop, pengguna sudah bisa langsung menggunakan fitur Split Screen ini.

Cara Menggunakan Fitur Split Screen Google Maps Di Android

  • Buka aplikasi Google Maps
  • Lakukan tap pada tombol fitur tampilan detail peta atau "Maps detail" dan pilih mode "Street View"
    Cara Menggunakan Fitur Google Maps "Split Screen" Di Android
  • Selanjutnya tap pada gambar lokasi peta yang Anda tuju dalam mode Street View tadi, untuk memperbesar gambar
  • Setelah tampilan peta berubah menjadi tampilan nyata Street View, lakukan tap pada gambar peta kecil di pojok kiri bawah layar untuk mulai masuk ke mode Split Screen
  • Nah, secara otomatis tampilan layar Google Maps akan terbagi dua, dimana bagian atas layar adalah tampilan lokasi dalam mode Street View dan bagian bawah layar adalah tampilan peta konvensional

Cara Menggunakan Fitur Split Screen Google Maps Di Desktop

Tak jauh berbeda seperti pada aplikasi Google Maps di Android, cara menggunakan fitur Split Screen di layanan Google Maps versi desktop juga sama-sama perlu mengubah tampilan peta ke tampilan "Street View". Berikut langkah selengkapnya.
  • Buka layanan Google Maps melalui browser di desktop Anda
  • Akses tombol Menu Google maps yang ditandai tiga garis mendatar disamping kolom pencarian
  • Cari dan pilih pengaturan tampilan ke pilihan "Street View"
  • Selanjutnya, pilih pada bagian jalan yang ingin Anda tuju pada tampilan peta Street View
  • Setelah terbuka tampilan gambar jalan Street View Google Maps, arahkan cursor pada tampilan gambar peta kecil di pojok kiri bawah layar, dan akses tombol memperbesar (expand) peta tersebut
  • Nah, secara otomatis tampilan layar Google Maps akan terbagi menjadi dua, yaitu tampilan street view di bagian atas, dan tampilan peta konvensional di bagian bawah. Untuk lebih jelasnya lihat gambar tutorial berikut
Cara Menggunakan Fitur Split Screen Google Maps Di Desktop

Sebagai informasi tambahan, kemanapun Anda menggerakkan arah dan menjalankan cursor penunjuk navigasi peta, maka secara otomatis kedua tampilan peta akan saling mengikuti. Selain itu Anda bisa mengatur tampilan mana yang lebih besar untuk terlihat di layar.

Demikianlah informasi yang dapat Spesial Tips bagikan tentang kehadiran fitur Google Maps "Split-Screen" dan cara menggunakannya. Semoga bermanfaat, dan selamat mencoba.

Advertisement
LihatTutupKomentar