Advertisement
Cara Menggunakan Fitur Baru Facebook Messenger Room - Beberapa bulan terakhir dunia sedang dilanda pandemi virus Corona atau Covid-19. Guna mengantisipasi bahaya tertular virus berbahaya tersebut maka sebagian negara-negara di dunia memberlakukan kebijakan pembatasan aktivitas masyarakat, seperti pemberlakuan social distancing atau physical distancing, sampai dengan pembatasan total atau lockdown.
Begini Cara Menggunakan Fitur Facebook Messenger Room
Menghadapi keadaan terbatasnya interaksi sosial dengan orang lain akibat pandemi Covid-19 ini, maka Facebook Messenger mencoba menawarkan layanan khusus berupa fitur obrolan video secara live bertajuk "Messenger Room".

Apa fungsi fitur Facebook Messenger Room?

Seperti yang telah disebutkan di atas, fitur "Messenger Room" adalah layanan yang memungkinkan para pengguna Facebook Messenger untuk melakukan obrolan video (video chat) secara langsung (Live). Perbedaan fitur "Messenger Room" dengan fitur video call grup di Facebook Messenger adalah kemampuannya untuk melakukan obrolan video secara langsung dengan pengguna Messenger lain walaupun tak terhubung sebagai orang yang terdaftar dalam pertemanan di Facebook atau di Messenger itu sendiri. Hebatnya lagi fitur ini memungkinkan pengguna Messenger melakukan video call secara live hingga 50 orang.

Cara Menggunakan Fitur Facebook Messenger Room

Untuk mengetahui bagaimana cara menggunakan fitur "Messenger Room", ikuti langkah-langkah dalam tutorial berikut ini.
  • Buka aplikasi Facebook Messenger
  • Lakukan tap pada tombol fitur "People"
  • Selanjutnya tap tombol pilihan "Active"
  • Pada daftar teman yang aktif di Facebook Messenger, lakukan tap pada pilihan bertuliskan "Create a Room" untuk memulai melakukan obrolan video live. Setelah masuk ke room yang telah Anda buat, maka secara otomatis kamera di messenger akan menyala
  • Tahap selanjutnya, bagikan tautan (link) untuk mengundang teman untuk bergabung dalam obrolan video di room yang telah Anda buat tersebut. Caranya, tap tombol biru bertuliskan "Share Link" maka secara otomatis akan muncul daftar pilihan layanan aplikasi untuk membagikan tautan berupa undangan obrolan video tersebut.
  • Setelah tautan (link) undangan tersebut di akses oleh orang yang Anda kirimkan, maka secara otomatis video mereka akan masuk dan muncul di dalam room messenger yang Anda buat. Untuk lebih jelasnya, lihat tutorial video berikut.

Sebagai informasi tambahan, Anda juga bisa mengunci "Room" yang telah dibuat agar tidak dapat diakses oleh teman lain tanpa melalui undangan dari Anda. Selain bisa mengundang orang lain dalam obrolan video menggunakan "Messenger Room", berdasarkan hasil uji coba Spesial Tips, ternyata si pengundang atau Admin room juga bisa mengeluarkan orang dari dalam room obrolan video tersebut.

Demikian informasi yang dapat Spesial Tips bagikan tentang kehadiran fitur baru Facebook Messenger Room dan cara menggunakannya. Semoga bermanfaat, dan selamat mencoba.

Advertisement

Posting Komentar

Jadi Sahabat Spesial Dengan Memberikan komentar Bermanfaat :) Berbagi Itu Indah :)

Kamu Bisa Memilih Salah Satu Jenis Komentar Blogger Atau Disqus :) Di Spesial Tips

Harap tidak menggunakan link aktif

 
Top