Advertisement
Daftar Fitur Unggulan Dan Cara Upgrade OS Android 10 - Kabar gembira bagi Anda pengguna sistem operasi Android, setelah dikembangkan dalam beberapa bulan terakhir, akhirnya di tanggal 3 September 2019 pihak Google secara resmi merilis Android 10 versi final.
Sempat terjadi perdebatan hangat diantara pengguna Android, perihal penamaan resmi Android Q menjadi Android 10 yang tak lagi melanjutkan tradisi memakai nama-nama makanan manis. Namun, hal ini tak menyurutkan langkah Google untuk merilis sistem operasi Android terbarunya.

Berdasarkan informasi yang dikutip dari halaman resmi Google, disebutkan bahwa Android 10 difokuskan untuk memberikan layanan yang mampu memudahkan aktivitas sehari-hari penggunanya dengan menanamkan fitur canggih berteknologi machine learning, serta dukungan terhadap teknologi baru pada perangkat smartphone seperti teknologi layar lipat (foldables) dan dukungan penggunaan jaringan berteknologi 5G. Tak sampai disitu, dari sisi kemananan dan privasi, Android 10 juga memberikan perlindungan maksimal bagi data penggunanya, dimana setidaknya ada 50 perubahan baru pada sistem keamanan dan privasi.

Membahas lebih jauh tentang kehadiran sistem operasi Android terbaru ini, tentunya Anda pasti bertanya-tanya, dari sekian banyaknya fitur baru yang ditanamkan oleh Google di Android 10, fitur apa saja sih yang membuat Android 10 lebih unggul dibandingkan sistem operasi Android terdahulu? Nah, untuk mengetahuinya, ikuti ulasan lengkap Spesial Tips tentang daftar fitur unggulan Android 10.

Daftar Fitur Unggulan Android 10

1. Fitur Smart Reply
Fitur Android 10 yang pertama adalah fitur Smart Reply. Salah satu fungsi fitur ini adalah kemampuan membuka tautan tertentu pada pesan masuk secara otomatis, seperti tautan lokasi di Google Maps atau link video YouTube tanpa harus melewati proses copas (copy-paste). Hebatnya lagi fitur Smart Reply di Android 10 dapat bekerja pada semua aplikasi perpesanan.
Fitur Smart Reply Android 10

2. Fitur Dark Theme (Tema Gelap)
Guna mendukung tren penggunaan mode gelap, Android 10 juga dibekali dengan fitur Dark Theme (tema gelap) yang mampu bekerja untuk keseluruhan tampilan tema smartphone, hingga aplikasi-aplikasi yang dirancang dengan dukungan dark mode (mode gelap).

3. Fitur Gesture Navigation
Fitur Android 10 lainnya adalah fitur Gesture Navigation, yaitu fitur yang memungkinkan pengguna perangkat untuk lebih bebas bergerak saat melakukan swipe pada layar. Menggunakan fitur unik ini, pengguna bisa menggerakkan layar baik mundur, atau menarik homescreen, dan bergerak dengan lancar dengan hanya melakukan swipe (gesek) sederhana.

4. Fitur Live Caption
Fitur unggulan di Android 10 selanjutnya adalah fitur Live Caption. Fitur Live Caption adalah fitur yang dapat menuliskan secara otomatis subtittle atau keterangan teks pada video, maupun rekaman audio pada pesan suara yang diputar.
Fitur Live Caption Android 10
Disebutkan oleh Google dalam keterangannya dengan satu sentuhan pada fitur Live Caption, maka Android 10 akan secara otomatis menuliskan teks keterangan berdasarkan suara yang diputar baik dari sumber video, rekaman pesan suara, sampai suara yang diputar dari podcast.

5. Fitur Sound Amplifier
Fitur Sound Amplifier di Android 10 dapat difungsikan untuk meningkatkan kualitas suara yang didengar baik dari video ataupun pemutar musik. Selain itu, fitur ini juga dibekali kemampuan menyaring suara latar dari sebuah rekaman.
Fitur Sound Amplifier Android 10

Selain ke lima daftar fitur unggulan di atas Android 10 juga memiliki sejumlah fitur canggih lainnya, seperti fitur focus mode (mode focus) yang mampu membuat pengguna lebih fokus dengan satu aplikasi yang dibuka dengan memblokir aktivitas aplikasi lainnya. Tak sampai disitu, Android 10 juga memberikan fitur yang membuat waktu proses update (pembaruan) sistem keamanan yang dirilis, menjadi lebih cepat.

Cara Update OS Android 10

Lantas, bagaimana cara memasang Android 10 di perangkat Anda? Caranya adalah dengan masuk ke Menu -> Settings -> System -> Advanced -> System Update. Perlu diperhatikan bahwa sementara ini, perangkat yang bisa melakukan update pemasangan sistem operasi Android 10 hanya terbatas untuk ponsel Pixel buatan Google saja. Sementara untuk pengguna perangkat non-Pixel sepertinya perlu sedikit bersabar dalam beberapa minggu atau beberapa bulan ke depan. Informasi lebih lengkap bisa didapatkan di halaman resmi Android 10.

Demikianlah informasi yang dapat Spesial Tips bagikan tentang rilis resmi Android 10 dan fitur unggulan yang dimilikinya. Semoga sajian ini bisa bermanfaat bagi sahabat pembaca sekalian.

Advertisement

Posting Komentar

  1. Ih keren banget loh, tapi harus android 10 dulu ya Mas baru bisa update? Atau yg dari android 9 bisa update ke android 10 secara otomatis?

    BalasHapus

Jadi Sahabat Spesial Dengan Memberikan komentar Bermanfaat :) Berbagi Itu Indah :)

Kamu Bisa Memilih Salah Satu Jenis Komentar Blogger Atau Disqus :) Di Spesial Tips

Harap tidak menggunakan link aktif

 
Top